Wahyuni, Lilik Dwi (2013) Penerapan pembelajaran tematik dengan model jaring laba-laba (webbed model) pada Siswa Kelas 2B MIN Seduri Kecamatan Mojosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilakukan dengan judul Penerapan Pembelajaran Tematik dengan Model Jaring Laba-laba (Webbed Model) pada Siswa Kelas 2B MIN Seduri Kecamatan Mojosari, dengan tujuan: 1. Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran tematik dengan model jarring laba-laba (webbed model) pada siswa kelas 2b MIN Seduri Kecamatan Mojosari. 2. Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik dengan model jarring laba-laba (webbed model) pada siswa kelas 2b MIN Seduri Kecamatan Mojosari. 3. Mendeskripsikan penilaian pembelajaran tematik dengan model jarring laba-laba (webbed model) pada siswa kelas 2b MIN Seduri Kecamatan Mojosari.
Penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan datanya dengan observasi partisipatif, interview dan dokumentasi. Teknik analisa datanya adalah pengolahan, klasifikasi atau pengorganisasian data, dan penerikan kesimpulan atau temuan. Proses pengecekan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan mengumpulkan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini diketahui langkah-langkah dalam membuat perencanaan dalam pembelajaran tematik, antara lain: 1. Menentukan tema. 2. Pemetaan Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator. 3. Membuat jaring tema. 4. Membuat silabus. 5. Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pelaksanaan pembelajaran tematik terdiri dari kegiatan pembuka, kegiatan inti yang terdiri dari ekplorasi, elaborasi, konfirmasi. Dan kegiatan yang terakhir adalah kegiatan penutup. Pelaksanaan pembelajaran tematik model jaring laba-laba (webbed model) terdiri dari beberapa indikator dari beberapa mata pelajaran yang dipadukan dalam satu tema dalam tiap pertemuan. Penilaian dalam pembelajaran tematik dilakukan secara terpisah di masing-masing indikator mata pelajaran. Penilaian dalam pembelajaran tematik tidak hanya melihat hasil saja tetapi juga proses pembelajarannya. Alat penilaian yang dapat digunakan dalam pembelajaran tematik dapat berupa tes tulis, tes lisan, tes perbuatan, dan portofolio.
ENGLISH:
This research was conducted under the title of Thematic Learning Application with Nets Model Spiders (Webbed Model) in Class 2B District MIN Seduri Mojosari, with the aim of: 1. Describing planning thematic learning model with spider nets (webbed models) in grade 2b MIN Seduri Mojosari District. 2. Describing the implementation of thematic learning model with spider nets (webbed models) in grade 2b MIN Seduri Mojosari District. 3. Describing the thematic learning assessment model with spider nets (webbed models) in grade 2b MIN Seduri Mojosari District.
The study, conducted by researchers is using a qualitative research approach with a qualitative descriptive type. The data collection method with participatory observation, interview and documentation. Data analysis technique is to record and analyze the data, classification, and penerikan conclusions or findings. Data checking process carried out in this study to collect triangulation.
The results of this research note the steps in planning the thematic learning, among others: 1. Determine the theme. 2. Mapping Competency Standards, and Indicators Basic Competence. 3. Make a web theme. 4. Making syllabus. 5. Making learning implementation plan (RPP). Implementation of thematic learning activities consist of an opening, core activities consist of exploration, elaboration, confirmation. And activities of the latter is the closing. Implementation of thematic learning model of spider webs (webbed models) consists of several indicators of some subjects integrated into a single theme in each meeting. Assessments in thematic learning is carried out separately on each indicator subjects. Assessments in thematic learning not only see the results but also the process of learning. Assessment tool that can be used in thematic learning can be a written test, an oral test, test actions, and portfolios.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penerapan Pembelajaran Tematik; Thematic Learning Application | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 15:35 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 15:35 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7280 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |