Jannah,, Latifatul (2013) Pengembangan bahan ajar IPA untuk meningkatkan pemahaman konsep materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan siswa kelas IV berbasis multimedia interaktif di SD Negeri Ponggok 04 Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140051.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa menjelajahi dan memahami alam sekitar secara alamiah.
Adapun tujuan penelitian ini adalah pertama mengembangkan buku ajar IPA SD berbasis CD multimedia interaktif sehingga mampu meningkatkan pemahaman konsep Materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan siswa kelas IV. Kedua mengetahui tingkat efektif, efisien, dan kemenarikan buku ajar IPA SD kelas IV melalui penambahan CD multimedia interaktif.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R & D), dengan model Dick and Carey yang memiliki sepuluh langkah dalam prosedur pengembangannya. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa buku ajar IPA berbasis CD multimedia interaktif. Penelitian dilaksanakan di SDN Ponggok 04 Blitar kelas 4A dan B. Jumlah siswa pada masing-masing kelas adalah 20 orang, kelas 4A sebagai kelas eksperimen dan kelas 4B sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh dari ahli isi mendapat nilai 85,3% dan berada pada kualifikasi baik sehingga buku ajar layak tidak perlu revisi. Sedangkan dari ahli desain buku ajar buku ajar mendapat nilai 78% dan berada pada kualifikasi baik, sehingga buku ajar layak tidak perlu revisi. Dari hasil validasi guru mata pelajaran sebesar 87% berada pada kualifikasi baik sehingga buku ajar layak tidak perlu revisi, dari uji coba lapangan buku ajar mendapat nilai 89% pada kualifikasi baik sehingga buku ajar layak, tidak perlu revisi.
Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata (mean) kelas kontrol lebih kecil dibanding kelas eksperimen yaitu 51,05 < 61,65, maka dapat dikatakan bahwa ada perbedaan tentang pemahaman konsep diantara kedua kelas tersebut. Sedangkan pada perhitungan uji t secara manual diperoleh t hitung = 5,26 dan hasil ttabel = 2,03. Dari hasil tersebut diketahui = 5,26. Jika artinya ditolak diterima artinya ada perbedaan yang signifikan. Hal ini menunjukkah bahwa produk yang dihasilkan mampu menjadikan pembelajaran di kelas lebih hidup, menarik, peserta didik berperan aktif dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran, selain itu peserta didik juga lebih mudah memahami konsep IPA melalui tampilan gambar-gambar yang ada di dalam buku ajar dan CD multimedia interaktif.
ENGLISH:
Natural Sciences (IPA) is related to the finding out about a nature in a systematic way, so that science is not only a mastery of knowledge in the form of facts, concepts, or principles, but also a process of discovery. The learning process emphasizes on providing direct experiences to develop student competence exploring and understanding the natural environment.
There are two objectives of this study such as First, to develop elementary science textbook-based interactive multimedia CD in order to enhance students' understanding of the concept Materials Structure and Function of Plants of class IV. Second, to knowing the level of effective, efficient, and attractiveness elementary science textbook grade IV with the addition of interactive multimedia CD .
Methodologically, this study is kind of development study Research and Development (R & D), uses Dick and Carey model which has ten steps in the development procedure. The results from this development study is science textbooks interactive multimedia CD. This study was conducted in State Elementary School Ponggok 4 Blitar grade 4 A and B. The number of students in each class is 20 people, which 4A as the experimental class and 4B as the control class.
Based on the validation results which is obtained from the expert the book content get scored 85.3% and good qualification so it does not need to be a decent textbook revision. Meanwhile, from the expert design textbook, the textbook scored 78% and it was in good qualification, so it does not need to be a decent textbook revision. From the results of validation teacher, by 87% at the qualifying good so do not need decent textbook revision, from field trials textbook scored 89% on qualifying well that decent textbook, so do not need to be revised.
From the result showed the average (mean) grade control is smaller than the experimental class 51.05 <61.65, it can be said that there are differences in the understanding of concepts between these two classes. While the calculations manually t test t = 5.26 is obtained and the results TTable = 2.03. From these results unknown = 5.26. If rejected acceptable means no significant difference. It is show that the resulting product is capable to make classroom learning more lively, interesting, active learners and engaged in the learning process, but it's also easier students understand science concepts through a display of images that exist in the textbooks and interactive multimedia CD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wibowo, Agus Mukti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | IPA; Pemahaman Konsep; Bahan Ajar; Science; Understanding Of Concepts; Instructional Materials | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2017 21:14 | ||||||
Last Modified: | 17 Jul 2017 21:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7279 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |