Rosyadi, Muhammad Anwar (2013) Peran kepala madrasah dalam meningkatkan dan memberdayakan sumber daya manusia (SDM) di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kromengan Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08140022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Kepala madrasah mempunyai peran dan tugas yang sangat penting. Hal ini dikarenakan kepala madrasah sebagai seorang pemimpin merupakan salah satu faktor yang mendorong bagi kemajuan dunia pendidikan. Artinya kepala madrasah dituntut mempunyai kemampuan untuk melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan perkembangan zaman yang terus maju dan berkembang pesat, sehingga tercapainya sumber daya manusia berkualitas sesuai dengan tujuan pembangunan bangsa dan negara.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). bagaimana peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan dan memberdayakan sumber daya manusia (SDM) di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kromengan Malang, 2). apa kendala yang dihadapi Kepala Madrasah Miftahul Huda Kromengan Malang dalam meningkatkan dan memberdayakan sumber daya manusia (SDM) serta bagaimana penyelesaiannya. adapun tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan dan memberdayakan sumber daya manusia (SDM) di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Kromengan Malang, 2). Untuk mengetahui kendala yang dihadapi Kepala Madrasah Miftahul Huda Kromengan Malang dalam meningkatkan dan memberdayakan sumber daya manusia (SDM) serta penyelesaiannya.
Agar dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu adanya rancangan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa: Kepala Madrasah MI Miftahul Huda sebagai seorang pemimpin yang terbuka dan dinamis mau menerima masukan dari bawahannya dalam pengambilan keputusan. Beliau juga mempunyai tanggung jawab seperti mengakui kekurangan dalam segala aktifitasnya sebagai kepala madrasah dengan memberi kesempatan pada guru melanjutkan pendidikannya, mengikutsertakan seminar dan penataran, memiliki kemampuan dan ketrampilan, di antaranya: mempunyai kemampuan dalam mengorganisasi semua staf, membangkitkan dan memupuk kepercayaan diri sendiri maupun pada guru lain, kemampuan mendorong serta membimbing para guru dan staf, serta kemampuan dalam membentuk kerjasama antar sesama tenaga pendidik dan instansi-instansi terkait.
ENGLISH:
Head of madrasah has a role and a very important task. This is because the head of the madrasah as a leader is one of the factors that promote the advancement of education. This means that head of madrasah required with the ability to carry out their duties properly in accordance with the times that continue to progress and develop rapidly, thus achieving quality human resources in accordance with the development goals of the nation.
Formulation of the problem in this study were: 1). how the Principals role in improving and empowering human resources MI Miftahul Huda in Kromengan Malang, 2). What obstacles head of madrasah MI Miftahul Huda Kromengan Malang in improving and empowering human resources, and how the solution. as for the purposes of this study were: 1). To determine the role of Principals in improving and empowering human resources MI Miftahul Huda in Kromengan Malang, 2). To find out the constraints faced Principals Miftahul Huda Kromengan Malang in improving and empowering human resources and its completion.
In order to achieve these objectives it is necessary to study design. This study used a qualitative method with a phenomenological approach. In the process of collecting data the researcher used the method of observation, interviews, and documentation.
From the results of research conducted can be concluded that: Principals MI Miftahul Huda as a dynamic leader who is open and willing to receive feedback from subordinates in decision making. He also had responsibility as acknowledge shortcomings in their activities as head of the madrasah to provide opportunities for teachers to continue their education, to include seminars and refresher courses, have the ability and skills, include: having the ability to organize all of the staff, generate and foster confidence in himself and the other teachers, the ability to encourage and guide the teachers and staff, as well as the ability to establish cooperation among fellow educators, and related agencies.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholeh, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Kepala Madrasah; Sumber Daya Manusia (SDM); Role of Principals; Human Resources | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Desi Latifah Hamzah | ||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2017 16:20 | ||||||
Last Modified: | 12 Apr 2023 13:36 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7278 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |