Rihi, Mirwahatul (2013) Pengembangan buku ajar benda dan sifatnya berbasis discovery untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar Insan Amanah Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09140027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Discovery merupakan suatu proses mental dimana siswa mampu menemukan suatu konsep atau prinsip. Proses mental yang dimaksud antara lain: mengamati, mencerna, mengerti, menggolong-golongkan, membuat dugaan, menjelaskan, mengukur, membuat kesimpulan dan sebagainya. Pembelajaran discovery merupakan suatu metode pengajaran yang menitikberatkan pada aktifitas siswa dalam belajar. Dalam proses pembelajaran dengan metode ini, guru hanya bertindak sebagai pembimbing dan fasilitator yang mengarahkan siswa untuk menemukan konsep dan lain-lain.
Penelitian pengembangan buku ajar berbasis discovery bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku ajar IPA kelas IV SD yang berorienasi melalui metode discovery yang valid, efektif, dan dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran. Selain itu tujuan dari penelitian pengembangan buku ajar ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi benda dan sifatnya yang dipelajari selama kegiatan pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Desain yang digunakan dalam pengembangan buku ajar ini adalah mengunakan model desain Dick and Carey. Adapun langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut: mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran,melaksanakan analisis pembelajaran, mengenal tingkah laku masukan dan karakteristik siswa, merumuskan tujuan khusus pembelajaran, mengembangkan butir tes acuan patokan, mengembangkan strategi pembelajaran, menyeleksi dan mengembangkan bahan pembelajaran, merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, dan yaitu merevisi bahan pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan behwa buku ajar benda dan sifatnya berbasis discovery mendapatkan hasil yang baik. hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan 80% menyatakan valid, hasil validasi oleh ahli pembelajaran menunjukkan 90% manyatakan valid, dan hasil validasi oleh ahli desain buku ajar menunjukkan 80% cukup valid. Hasil prosentase tingkat kevalidan pada uji coba perorangan menunjukkan 90% valid, tingkat kevalidan uji coba kelompok kecil menunjukkan 100% valid, dan uji coba lapangan hasil prosentasenya menunjukkan 100% valid. Dari hasil keefektifan terbukti dari buku ajar yang digunakan sebagai panduan siswa dilengkapi dengan CD pembelajaran yang digunakan sebagai panduan guru dalam mengajar. Dari hasil analisis data, menunjukkan bahwa pengembangan buku ajar buku ajar IPA kelas IV pada materi benda dan sifatnya melalui metode discovery ini mampu memotivasi dan meningkatkan pemahaman materi siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Insan Amanah, terbukti prosentase rata-rata perolehan hasil belajar pada tes terakhir mencapai 93,4% dibanding tes awal yang hanya berada pada 72,4% yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan 21% dari hasil belajar siswa setelah belajar menggunakan hasil produk pengembangan buku ajar melalui metode discovery.
ENGLISH:
Discovery is a mental process in which students are able to find a concept or principle. Mental processes are, among others: observe, digging, understand, classify, make allegations, explaining, measuring, make inferences and so on. Discovery learning is a teaching method that focuses on students in learning activities. In the learning process with this method, the teacher is acting as mentors and facilitators who lead students to discover concepts and others.
Research and Development of textbook based discovery aims is to produce a science textbook that oriented for fourth grade through discovery methods are valid, effective, and can motivate students in learning. In addition, the purpose of this research is the development of textbooks to enhance students' understanding of the material objects and its characteristics that learned during the learning activity.
The method used in this research is a method of research and development (Research and Development) which is used to produce a particular product and test the effectiveness of these products. Design used in the development of this textbook is using Dick and Carey design model. The steps of development are as follows: identify the general purpose of learning, carrying out analysis of learning, recognize the behavior and characteristics of students' input, formulate learning objectives, develop points of reference benchmark test, develop learning strategies, selecting and developing teaching materials, designing and implementing formative evaluation, and revise the learning material.
Based on the research results that the Textbook of Objects and Its Characteristics Based Discovery get good results. results of validation by subject matter experts showed 80% stated valid, results validation by learning experts showed 90% valid, and the results of validation by expert design textbook shows 80% is quite valid. Percentage level of validity of results in individual trials showed a 90% valid, validity rate test small group showed 100% valid, and field trial results showed 100% valid percentages. From the results proved the effectiveness of the textbook used as a guide student learning comes with a CD that is used to guide teachers in teaching. From the analysis of the data, shows that the development of textbooks fourth grade science textbook on material objects and nature through discovery method is able to motivate and enhance students' understanding of the material in teaching science of fourth grade Insan Amanah Elementary School, proven average percentage gains in learning outcomes Recent tests reached 93.4% compared to the initial test will be in the 72.4% who indicated that there was an increase of 21% of the learning outcomes of students after learning to use the results of product development textbooks through discovery methods.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abtokhi, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Buku Ajar; Discovery; Textbook | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 15:36 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 15:36 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7277 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |