Siwi, Indah Ayu Ratna (2013) Pengembangan perangkat pembelajaran IPA materi pokok gerak benda menggunakan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Al–Huda Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08140013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Ilmu Pengetahuan Alam merupakan pembelajaran yang berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga ilmu pengetahuan alam bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta–fakta, konsep–konsep saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan.
Untuk mewujudkan pembelajaran tersebut maka dibutuhkan pengembangan perangkat pembelajaran berupa buku ajar dan lembar kerja siswa yang menjelaskan konsep melalui percobaan sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi Gerak Benda.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R & D), dengan model plomp yang memiliki lima langkah dalam prosedur pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al–Huda Blitar dengan mengambil siswa kelas III yang berjumlah 25 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa perangkat pembelajaran mendapat penilaian kualifikasi yang baik, karena berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai dari guru mata pelajaran IPA sebesar 78% yang berarti perangkat pembelajaran layak dan tidak perlu revisi, dari uji coba lapangan perangkat pembelajaran diperoleh nilai 78% yang berarti mendapat kualifikasi layak dari semua subjek uji lapangan. Dari ahli isi mendapat nilai 88% dan berada pada kualifikasi layak sehingga tidak perlu revisi, dari ahli desain mendapat nilai 75% dan berada pada kualifikasi layak sehingga buku tidak perlu revisi.
Dengan melihat hasil nilai rata–rata pre-test dan post-test diketahui X2 lebih dari X1 (90 > 64,6) menunjukkan bahwa post-test lebih bagus dari pada pre-test. Kesimpulannya terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA siswa kelas III sesudah menggunakan perangkat pembelajaran IPA metode penemuan terbimbing dengan prestasi belajar siswa sebelum menggunakan perangkat pembelajaran IPA metode penemuan terbimbing di MI Al–Huda Blitar.
ENGLISH:
Science is away of learning that related to a way of finding out about nature in systematic, so that science is not just about a mastery of knowledge in the form of a collection of facts, concepts, but also a process of discovery.
To achieve its learning so needed the development of education tools such as textbooks and student worksheets that explain the concepts through experiment in order to improve the student’s learning outcomes specifically to the material Object Motion. This study use Research and Development (R & D), with a model of Plomp who have five steps in the procedure development. The research was conducted in MI Al Huda Blitar by taking third grade students who are 25 students.
Based on the result of the study showed that the assessment of learning got good qualification, because based on the validation result obtained the score from science teachers in the amount of 78% it means the device is good learning and do not need revision, from the field trial study obtained score in the amount 78% it means got good qualification from all field test subject. From expert contents scored 88 % and was in good qualification so do not need revision, from expert designs scored 75 % and was in good qualification so this book do not need to be revised.
By looking at the average of the pre-test and post-test’s score is known X2 bigger than X1 (90 > 64.6) shows that the post-test better than the pre-test. In the conclusion, there are significant differences in the result of the science learning in third-grade students after using a guided discovery science teaching methods with student achievement before using a guided discovery method of learning science in MI Al Huda Blitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abtokhi, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | IPA; Hasil Belajar; Buku Ajar; Lembar Kerja Siswa; Science; Achievement; Textbooks Academic; Student Worksheets | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Desi Latifah Hamzah | ||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2017 16:20 | ||||||
Last Modified: | 09 Aug 2017 16:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7276 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |