Rosyidi, Muh. Hasyim (2013) Penerapan metode make a match dalam meningkatkan hafalan mufrodat pada mata pelajaran bahasa arab siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Matholiul Falah Nambi Karangrejo Manyar Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140116.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Bahasa Arab adalah Bahasa yang sudah digariskan oleh Allah SWT untuk menjadi bahasa ritual peribadatan agama Islam dan sebagai alat pemersatu umat muslim di seluruh dunia, agar seseorang memahami bahasa dengan baik maka dibutuhkan penguasaan kosa kata dengan menggunakan bahasa arab kosa kata sangatlah penting untuk dikusai.
Kegiatan menguasai kosa kata tidak luput dari nama hafalan, hal ini menjadi faktor utama peserta lemah dalam menguasai mufrodat. Apalagi ketika pembelajaran memakai metode mufrodatan dan ceramah dari sini siswa akan terasa cepat bosan, momok akan belajar bahasa arab, oleh sebab itulah metode make a match diaplikasikan dalam penelitian ini. Dengan menggunakan metode make a match ini siswa akan berperan langsung dan siswa bisa belajar sambil bermain.
Penelitian ini berlangsung di MI Matholiul Falah Nambi, Karangrejo, Manyar, Gresik dengan obyek penelitian adalah siswa kelas V. Tujuan dari penelitian ini adala : 1. Penerapan metode make a match ini dapat meningkatkan kemampuan menghafal mufrodat pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Matholiul Falah Nambi Manyar Gresik.2. Peningkatan hafalan mufrodat melelui metode make a match pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Matholiul Falah Nambi Manyar Gresik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini memfokuskan pada metode make a match untuk meningkatkan hafalan mufrodat siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil tes individual pada post tes siklus I, dan post tes siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, mulai dari tingkat keberhasilan sebelum dilakukan tindakan 38 %, Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan metode make a match post tes siklus I meningkat sebesar 67 % dan post tes siklus II sebesar 83%.
ENGLISH:
Arabic is a language that has been prescribed by Allah to be the language of Islamic rituals and the means of unifying Muslims in the world, so that someone understands the language well then needed to use the vocabulary mastery of the Arabic language. A vocabulary is very important to hold it all.
Activities controlled vocabulary does not escape from memorization, this is a major factor in mastering mufrodat for weak participants. Especially when learning uses mufrodat method and speech, students will feel bored quickly, the specter will learn Arabic, so why, the method of make a match applied in this study. By using this method of make a match students will contribute directly and students can learn while playing.
This study took place in Matholiul Falah Nambi, Karangrejo, Manyar, Gresik Elementary to the object of research is class V. The purpose of this research is: 1. The application of this method of make a match can increases the ability to memorize mufrodat in Matholiul Falah Nambi Manyar Gresik Elementary class V. 2. Improved method of mufrodat memorization by make a match method in Matholiul Falah Nambi Manyar Gresik Elementary class V.
This study used a qualitative approach and the type of research used in this study is action research (AR) consists of two cycles, each cycle consists of planning, implementation, observation and reflection. This research focuses on a method of make a match to improve students’ mufrodat memorization.
The results showed that based on the results of the individual tests to post test cycle I, and post-test cycle II were significantly increased, ranging from success rate of 38% prior to the action, after action is done by using make a match method, post test cycle I increased by 67% and the post-test cycle II by 83%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Make A Match; Mufrodat; Bahasa Arab;Make A Match Method; Mufrodat; Arabic. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dwi Sri Haryanti | ||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2017 19:00 | ||||||
Last Modified: | 01 Sep 2017 19:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7275 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |