Ulfah, Dewi Maria (2013) Penerapan metode problem solving untuk meningkatkan prestasi belajar siswa materi permasalahan sosial mata pelajaran IPS di kelas IV MI Bahrul Ulum Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09140050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Berdasarkan observasi peneliti, ternyata di MI Bahrul Ulum Batu, selama ini metode yang digunakan dalam pembelajaran IPS adalah ceramah dan tanya jawab. Metode ceramah dan tanya jawab menjadi pilihan dalam penyampaian materi, sehingga siswa cenderung bosan dan kurang bersemangat untuk belajar. Metode pembelajaran aktif nampaknya merupakan salah satu jawaban atas permasalahan tentang proses pembelajaran yang ada di MI Bahrul Ulum Batu. Salah satunya yaitu dengan menerapkan metode problem solving pada pembelajaran, diharapkan prestasi belajar siswa terus meningkat. Sebab pada metode ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan.
Tujuan dilakukannya penelitian adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode problem solving dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS di MI Bahrul Ulum Batu, (2) Untuk mendeskripsikan metode problem solving dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS di MI Bahrul Ulum Batu.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan jenis kolaborasi partisipatoris. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi, (2) wawancara (3) dokumentasi (4) test hasil siswa. Teknik analisis data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif dianalisis dengan cara menghitung prosentase dan rata-rata. Uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving diawali dengan: (1) koordinasi dengan guru IPS kelas IV, (2) pembuatan RPP, (3) penyusunan kelompok, (4) pembuatan soal pre test dan post test, (5) menyiapkan sumber belajar. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving dilakukan selama 2 siklus dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menyelesaikan masalah yang diberikan sehingga dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kelas. Dari hasil pelaksanaan metode problem solving dapat diketahui nilai rata-rata siswa pertemuan pre test 58,8, siklus 1 pertemuan pertama 66,7, siklus 1 pertemuan kedua 70,7, siklus 2 pertemuan pertama 76,2, siklus 2 pertemuan kedua 82,8. Hasil evaluasi di atas menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan prestasi siswa.
ENGLISH:
Based on observations of researchers, it turns out that in MI Bahrul Ulum Batu, during this methods used in learning social class is lectures and integration. A method of lectures and question and answer session becomes the choice in the delivery the matter, so the student tend to bored and less eager to learn. The method of active learning it seems to be one of the answer to the problem about the learning process in MI Bahrul Ulum Batu. One of them is by applying the method of problem solving, in learning expected students achievement continue to rise. Because in this method the liveliness of the learners are more preferred.
The purpose of doing research is (1) To describe the application of the method problem solving can improve students learning in achievement in grade IV subjects social studies in MI Bahrul Ulum Batu, (2) To describe of the method of problem solving can improve students learning in achievement in grade IV subjects social studies in MI Bahrul Ulum Batu .
In this study, the research design used was the research action class (Classroom Action Research) with the kind of participatory collaboration. The technique of data collection is:(1) observation, (2)interviews, (3)documentation, (4) student test result. The techniq is a consisting of observation and documentation analyzed in descriptive qualitative, while the data in the form of figure or quantitative data analysis in a calculating manner prosentase and average. The validity test of the writer’s data use is the technique of triangulation.
The result showed planning of learning by using the method the problem solving was preceded by a: (1) the coordination of social class of class iv, with the teachers (2) the manufacture of RPP, (3) the drafting of a group, (4) the manufacture of about pre test and test, post (5) has prepared a source of learning. The implementation of learning by using the method the problem solving done for two cycles and every cycle twice the meeting. In the implementation of the students learning divided into several the group to resolve problems given so as to increase the participation of students in the class. The result of the execution of a method of solving problems can be known student average score meeting pre test 58,8, cycle 1 first meeting 66,7, cycle 1 second meeting 70.7, cycle 2 first meeting 76,2, cycle 2 second meeting 82,8. The evaluation above show that by using a method of solving problems can improve student performance.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode; Problem Solving; Prestasi Belajar; Method Problem Solving; Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2017 21:14 | ||||||
Last Modified: | 17 Jul 2017 21:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7274 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |