Lailia, Siti Mi’rotul (2013) Penggunaan media flip book untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MIN Model Kamal Bangkalan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09140011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Media Flip book ini merupakan suatu media buku bergambar dengan satu tema cerita yang dibuat secara menarik dengan menggunakan kertas lain untuk menutupi (flip) cerita yang ada didalamnya dalam bentuk gambar atau tulisan. Selain itu di lengkapi dengan kreasi berbagai macam gambar yang dirancang secara berurutan sehingga memudahkan siswa dalam mendeskripsikan gambar tersebut dan secara langsung dapat menuangkannya ke dalam bentuk tulisan.
Tahap-tahap dalam penggunaan media Flip book adalah mengorganisasikan dalam kelompok kerja (kelompk dibentuk secara heterogen), merencanakan tugas kegiatan kelompok, melaksanakan pembelajaran (mengumpulkan hasil tulisan berupa karangan berdasarkan ide-ide kreativitas mereka), mempersiapkan laporan akhir (menentukan pesan yang terkandung dalam kegiatan pembelajaran), evaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. (1) Bagaimanakah proses perencanaan media Flip book dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MIN Model Kamal?(2) Bagaimanakah proses pelaksanaan media Flip book dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MIN Model Kamal?(3) Bagaimanakah proses hasil evaluasi dari penggunaan media Flip book dalam meningkatkan keterampilan menulis kelas IV MIN Model Kamal?. Untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut, penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Dari hasil penelitian yang telah peneliti laksanakan, secara menyeluruh dapat diketahui bahwa penerapan media Flip book sangat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis. Hal itu dapat diketahui dari hasil akhir evaluasi yang menunjukkan peningkatan pada kompetensi menulis siswa serta hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan yaitu pada kegitan pra tindakan peningkatan sebesar 32% dengan rata-rata nilai 50, siklus I mengalami peningkatan sebesar 65% dengan rata-rata nilai 77, dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 93% dengan rata-rata nilai 80.
ENGLISH:
Flip book is a picture book with a media theme of the story is made interesting by using another paper for cover (flip) stories were included in the form of drawing or writing. In addition it is equipped with the creation of a wide variety of images in a sequence designed to facilitate students in describing the images and can be poured directly into written form .
The stages in the use of media Flip book is organized in working groups (batches formed heterogeneous), task planning group activities, implementing learning (collecting the results of the writing of the essay based on their creative ideas), prepare a final report (specify the message contained in learning activities), evaluation of learning activities that have been implemented. (1) How is the media planning process Flip book in improving students 'writing skills in subjects Indonesian fourth grade MIN Kamal Model? (2) How does the process of implementation of the flip book media in improving students' writing skills in subjects Indonesian Model fourth grade MIN Kamal? (3) How is the process of the evaluation of the use of media in the book Flip improve writing skills class IV MIN Kamal Model?. To find solutions to these problems, the authors conducted the study using action research design (TOD). This classroom action research using qualitative approaches.
From the research that has been carried out research, overall it can be seen that the application of media Flip book greatly assist students in improving writing skills. It can be seen from the results of the final evaluation showed improvement in students' writing competencies and learning outcomes of students who experienced an increase in the activity of the pre-action ie an increase of 32% with an average value of 50, the first cycle increased by 65% with an average value 77, and the second cycle increased by 93% with an average value of 80.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Widodo, Bintoro | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Flip Book; Menulis; Bahasa Indonesia; Flip Book; Writing; Indonesian | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Afib Rif'an Nashruddin | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:55 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7273 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |