Dewi, Eka Mustika (2013) Pengembangan media CD interaktif pada operasi bilangan bulat kelas IV semester 2 MIN Model Kamal. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Matematika adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang penting dan semakin dirasakan kegunaannya dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini. Proses belajar mengajar (PBM) terutama ilmu matematika sering kali dihadapkan pada materi yang abstrak dan diluar pengalaman siswa sehari-hari, sehingga materi menjadi sulit diajarkan guru dan sulit dipahami siswa. Visualisasi adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengkonkritkan sesuatu yang abstrak. Gambar dua dimensi atau model tiga dimensi informatika visualisasi berkembang dalam bentuk gambar bergerak (animasi) yang dapat ditambahkan suara (audio).
Untuk mewujudkan pembelajaran tersebut maka dibutuhkan media CD Interaktif Matematika. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran CD Interaktif dan meningkatkan hasil belajar siswapada materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Penelitian Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Sadiman. Penelitian dilaksanakan di kelas IV MIN Model Kamal. Hasil analisis penilaian dari validator diperoleh media pembelajaran CD Interaktif layak, hasil pengelolaan pembelajaran tergolong positif atau baik, serta memenuhi kriteria keefektifan yaitu hasil belajar meningkat dari sebelum dan sesudah menggunakan CD Interaktif. Dengan program SPPS 16.0 didapatkan bahwa hasil uji t berpasangan, pada signifikansi (2-tailed) tertulis 0.000. Dari perhitungan manual dengan menggunakan uji t-test berkorelasi (related) didapat thitung≥ ttabel, artinya Ho ditolak dan Ha diterima, kesimpulanya terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar Matematika siswa kelas IV sebelum dan sesudah menggunakan media CD Interaktif di MIN Model Kamal.]Media ini mendapat penilaian kualifikasi yang baik, karena berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai dari guru matapelajaran matematika sebesar 80%, dari uji coba lapangan media CD Interaktif mendapat kualifikasi layak dari semua subyek validasi uji coba lapangan. Dari ahli isi mendapat nilai 83,33% dan, sedangkan dari ahli desain media CD Interaktifmendapat nilai 72%.
Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media CD Interaktif pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat kelas IV layak, praktis, menarik, dan efektif.
ENGLISH:
Mathematics is one of the important branches of science and the perceived usefulness in science and technology today. Teaching and learning (PBM) especially mathematics often faced with material that is abstract and beyond the day-to-day experiences of students, so that the material becomes difficult and elusive teacher taught students. Visualization is one way that can be done to mengkonkritkan something abstract. Two-dimensional drawings or models of three-dimensional visualization informatics developed in the form of moving images (animation) that you can add sound (audio).
To achieve the required learning Mathematics Interactive CD media. The study objective was to determine the development of instructional media interactive CD and improve learning outcomes siswapada material Integer Addition and Reduction. The Development Research Sadiman development model. The experiment was conducted in the fourth grade MIN Kamal Model. The experiment was conducted in the fourth grade MIN Kamal Model. Analysis of assessment results obtained validator Interactive CDs worth of instructional media, learning management outcomes classified as positive or good, as well as meet the effectiveness criteria of increased learning outcomes before and after using the Interactive CD. With the program SPPS 16.0 was found that the results of paired t-test, the significance (2-tailed) 0.000 written. From manual calculations using correlated t-test (related) t ≥ ttabel obtained, meaning that Ho is rejected and Ha accepted, kesimpulanya significant differences in the results of the fourth grade students learn math before and after using the Interactive CD media at MIN Model Kamal. The media got a good qualification assessment, because based on the results obtained validate the value of teachers' math lesson by 80%, from field trials Interactive CD media got decent qualifications of all subjects validation field trials. Of content experts and scored 83.33%, while from CD media design experts Interaktifmendapat value 72%.
Based on this it can be concluded that the development of an Interactive CD media on the material Integer Addition and Reduction of class IV feasible, practical, interesting, and effective.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Julaihah, Umi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | CD Interaktif; Hasil Belajar; Matematika; Interactive CD; Learning Uutcomes; Mathematic | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 15:37 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 15:37 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7269 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |