Pengembangan bahan ajar ilmu pengetahuan alam materi cahaya dengan pendekatan keterampilan proses siswa kelas V MI Miftahul Huda Kedung Bunder

Fitriani, Ammalia (2013) Pengembangan bahan ajar ilmu pengetahuan alam materi cahaya dengan pendekatan keterampilan proses siswa kelas V MI Miftahul Huda Kedung Bunder. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
08140008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah pendekatan untuk mengerti kejadian-kejadian yang berlangsung di alam semesta. Mengubah kejadian yang sangat kompleks menjadi lebih sederhana, contohnya mengetahui keseluruhan dengan jalan mempelajari sebagian kecil dari keseluruhan tersebut kemudian bagian-bagian tersebut dipelajari melalui kegiatan percobaan dengan tujuan untuk mengetahui keseluruhan.

Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara alamiah. Untuk mewujudkannya maka dibutuhkan pengembangan bahan ajar berdasarkan pendekatan keterampilan proses pada materi cahaya karena melalui pendekatan ini siswa akan lebih mudah memahami konsep-konsep rumit dan abstrak serta untuk menanamkan sikap ilmiah pada diri siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R & D), dengan model Dick and Carey yang memiliki sepuluh langkah dalam prosedur pengembangannya. Penelitian ini dilaksanakan di MI Miftahul Huda Kedung Bunder Sutojayan Blitar dengan mengambil kelas 5 A dan 5 B yang masing-masing berjumlah 21 siswa, dan masing-masing kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa bahan ajar IPA yang dikembangkan mendapat penilaian kualifikasi yang baik, karena berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai dari guru matapelajaran sebesar 78,5% yang berarti bahan ajar IPA sangat layak dan tidak perlu revisi, dari uji coba lapangan bahan ajar IPA mendapat kualifikasi layak dari semua subyek validasi uji coba lapangan. Dari ahli isi mendapat nilai 89,3% dan berada pada kualifikasi layak sehingga tidak perlu revisi, sedangkan dari ahli desain buku ajar buku panduan praktikum mendapat nilai 74% dan berada pada kualifikasi layak, sehingga buku tidak perlu revisi.

Dengan melihat rata-rata (mean) kelas kontrol lebih kecil dibanding kelas eksperimen yaitu 52,88 < 76,44, maka dapat dikatakan bahwa bahan ajar IPA terbukti secara signifikan efektif untuk meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar mata pelajaran IPA pada materi Cahaya siswa kelas V MI Miftahul Huda Kedung Bunder Sutojayan Blitar.

Dari perhitungan manual dengan menggunakan uji t-test berkorelasi (related) didapat hasil – ttabel ≤thitung ≤+ ttabel atau – 2, 029 ≤ 3,643≤ + 2,029 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, kesimpulannya terdapat perbedaan signifikan pada pemahaman dan prestasi belajar IPA siswa kelas V yang menggunakan bahan ajar IPA berdasarkan Pendekatan Keterampilan Proses dengan pemahaman dan prestasi IPA siswa kelas V yang tidak menggunakan bahan ajar IPA berdasarkan Pendekatan Keterampilan Proses.

ENGLISH:

Science (IPA) is an approach to understand events that happens in universe. Changing complex incidence to be simpler, for example, to know by studying a small part of the whole and then the parts are studied through experiments in order to determine the overall

Sciences learning process emphasis on direct experience to develop competence in order to explore and understand the universe around them naturally. For this to happen it is necessary to the development of teaching materials based on the material process skills approach light because through this approach students can easily understand complicated concepts and abstract as well as to inculcate scientific attitude on students

This research use Research and Development (R & D ) method , Dick and Carey model that has ten steps in the procedure development. The research was implemented in MI Miftahul Huda Kedung Bunder Sutojayan Blitar taking the Grade 5 A and 5 B, each of which has 21 students, and each class as the control class and the experimental class

Based on the results, that teaching materials developed Sciences obtain a good assessment of qualifications, because based on the results obtained validate the value of teachers' lesson by 78,5% which means the science of teaching materials is feasible and does not need revisio n, from field trials materials science get a decent qualifying of all subjects validation field trials. Of content experts scored 89.3% and was in decent qualifications so no need revision, while the expert design textbook lab manual gets 74% and the value of the qualification is worth, so the book does not need to be revised.

Looking by average (mean) grade control is smaller than the experimental class is 52.88 <76.44, it can be said that the instructional materials science proven significantly effective for improving the understanding and achievement of learning science subjects at grade V material Light MI Miftahul Huda Kedung Bunder Sutojayan Blitar

From manual calculations using correlated t-test (related) got the result – ttable ≤ taccount ≤ + ttable or - 2, 029 ≤ 3, 643 ≤ + 2.029 means that Ho is rejected and Ha is accepted, the conclusion there are significant differences in the understanding and achievement of fifth grade students learn science that uses materials science based approach to understanding and process skills science achievement fifth grade students who do not use the materials science process skills based approach.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Walid, Muhammad
Keywords: Bahan ajar; Ilmu Pengetahuan Alam; Cahaya; Pendekatan Keterampilan Proses; Teaching Materials; Sciences; Light; Process Skills Approach
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Desi Latifah Hamzah
Date Deposited: 09 Aug 2017 09:20
Last Modified: 09 Aug 2017 09:20
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7268

Actions (login required)

View Item View Item