Sa’diyah, Zumrotus (2013) Pengembangan bahan ajar Bahasa Arab dengan permainan bahasa kelas III di MI Nurul Huda Mulyorejo Sukun Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140127.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan bahan ajar bahasa Arab dengan permainan bahasa didasarkan pada kenyataan bahwasanya belum tersedia bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas III yaitu cara berfikir kongrit dan masih dalam dunia bermain, oleh karena itu dikembangkan bahan ajar yang dilengkapi dengan permainan bahasa atau permainan-permainan yang menunjang pembelajaran bahasa, sehingga pembelajaran dapat lebih efektif dan tidak monoton. Dengan demikian akan berdampak baik terhadap peningkatan pemahaman materi bahasa Arab pada siswa kelas III MI Nurul Huda Mulyorejo Sukun Malang.
Berdasarkan pada latar belakang di atas maka permasalahan yang timbul adalah: (1) Bagaimana penerapan pengembangan bahan ajar bahasa Arab dengan permainan bahasa kelas III di MI Nurul Huda Mulyorejo Sukun Malang? (2) Bagaimana pengaruh efektifitas penggunaan bahan ajar bahasa Arab dengan permainan bahasa kelas III di MI Nurul Huda Mulyorejo Sukun Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut, sehingga peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan pengembangan bahan ajar bahasa Arab dengan permainan bahasa.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) atau yang sering dikenal dengan R&D yaitu suatu proses atau langkah-langkah untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada yang dapat dipertanggung jawabkan. Dalam pengembangan bahan ajar ini, pengembangan menggunakan model Dick & Carey. Prosesur pengembangan model ini terdiri atas sepuluh langkah, namun dalam pengembangan ini hanya melakukan sembilang langkah diantaranya: (1) mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran, (2) melaksanakan analisis pembelajaran, (3) mengenal tingkah laku dan masukan dan karakteristik siswa, (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran, (5) mengembangkan butir tes acuan patokan, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) menyeleksi dan mengembangkan bahan pembelajaran, (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, dan (9) merevisi bahan pembelajaran.
Dari hasil analisis data, menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar bahasa Arab dengan permainan bahasa ini mampu meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Arab di kelas III MI Nurul huda sukun Malang, terbukti prosentase rata-rata perolehan hasil belajar pada tes terakhir mencapai 83,2 dibanding tes awal yang hanya berada pada 69,5 yang menunjukkan bahwa ada peningkatan perolehan belajar hasil belajar siswa sebesar 13,7 setelah belajar menggunakan hasil produk pengembangan.
INGGRIS:
The development of Arabic teaching material by using language games in reality is not available yet. The teaching material which is available is not match with the characteristic of 3rd grade students. Therefore, the researcher develops the teaching material which is equipped with language games and other games which is support with learning language until the learning is effective. Thus, it will impact to the understanding of Arabic language for 3rd grade of MI Nurul Huda Mulyorejo Sukun Malang.
According to the background above, the problems which are appears in this research are: (1) How to implement the development of Arabic teaching material by using language games for 3rd grade in MI Nurul Huda Mulyorejo Sukun Malang? (2) How influence effectiveness of the use of Arabic language teaching materials in language games for 3rd grade in MI Nurul Huda Mulyorejo Sukun Malang? The aim of this research is finding solution from those problems until the researcher conduct research with the development of teaching materials with the game Arabic language.
The type of this research is R&D (Research and Development) research. This research is known as process to develop or complete product which can be liable. This development use Dick & Carey model. The procedures to develop this model are (1) identification the aim of learning (2) analyze the learning (3) knowing the demeanour and input the characteristic of students (4) conclude the particular aim of learning (5) develop the reference test (6) develop the learning strategy (7) select and develop teaching material (8) plan and implement formative evaluation (9) revise the teaching material.
The result of analyzing the data show that the development of Arabic teaching material is able to increase the understanding of student in Arabic for 3rd grade in MI Nurul Huda mulyorejo Sukun Malang. It is prove that the average of the last test is come to 83,2 than the first test that is 69,5. The thing which is show that the student’s value is increase is 13,7 higher than the first test after using the development product.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Bahan Ajar; Bahasa Arab; Permainan Bahasa; Development, Teaching Material, Arabic, Language Games | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dellavia Azzahra Permata Putri | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 16:44 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 16:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7267 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |