Kartikasari, Galuh (2013) Pengembangan media pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction) untuk meningkatkan hasil belajar materi alat pencernaan manusia siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Agama Islam Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
IPA merupakan kumpulan hasil kegiatan empirik dan kegiatan analitik yang meliputi penemuan fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip dan teori-teori. IPA juga merupakan suatu proses untuk memahami bagaimana mengumpulkan fakta-fakta dan memahami bagaimana menghubungkan fakta-fakta untuk menginterpretasikannya. Materi alat pencernaan manusia merupakan materi yang dekat dengan diri siswa, akan tetapi siswa mengalami kesulitan selama proses pembelajaran berlangsung karena tidak adanya wujud konkrit dari materi itu sendiri. Berdasarkan alasan tersebut maka pembelajaran alat pencernaan manusia membutuhkan media, dalam hal ini adalah media pembelajaran CAI. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) menjelaskan pengembangan media pembelajaran CAI pada materi alat pencernaan manusia, 2) menjelaskan hasil penilaian pengembangan media pembelajaran CAI pada materi alat pencernaan manusia, 3) mengetahui apakah media pembelajaran CAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 pada materi alat pencernaan manusia.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R & D, dengan model Dick and Carey yang memiliki sepuluh langkah dalam prosedur pengembangannya. Penelitian ini dilaksanakan di MI Agama Islam Ngronggot Kabupaten Nganjuk dengan mengambil kelas 5 yang berjumlah 27 siswa.
Media pembelajaran CAI terdiri dari enam bagian, yaitu halaman depan, halaman SK, KD, dan tujuan pembelajaran, halaman pengantar, halaman materi, halaman kuis, serta halaman penutup. Komponen media audio yang digunakan meliputi suara manusia sebagai narator, musik, serta sound effect. Komponen media visual yang digunakan adalah teks, gambar, dan animasi. Berdasarkan hasil penilaian ahli mata pelajaran IPA sebesar 88% yang artinya media pembelajaran CAI sangat layak. Hasil penilaian ahli desain sebesar 80% yang artinya media pembelajaran CAI layak. Hasil penilaian guru mata pelajaran IPA sebesar 88% yang berarti media pembelajaran sangat layak. Hasil penilaian uji coba lapangan sebesar 94% yang artinya media pembelajaran CAI mendapat kualifikasi sangat layak. Terdapat peningkatan nilai pre-test dan post-test yaitu 64,074 < 81,841. Berdasarkan perhitungan manual dengan menggunakan uji t-test berpasangan didapat hasil thitung > ttabel atau 8,850 > 1,706 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, kesimpulanya media pembelajaran CAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 MI Agama Islam Ngronggot pada materi alat pencernaan manusia.
ENGLISH:
Natural science is the colecting of empirical and analytical activities outcome covering the invention of facts, concepts, principles, and theories. Natural science is also a process of comprehending how to submit the facts and connecting them to be interpreted. The material of human digestion organ is familiar for student, but the student is still having difficulties through the learning process because of non-concrete material. Based from that reason, the learning of human digenstion organ needs the media such as CAI learning media. The objectives of this research are 1) to discribe the development of CAI learning media of human digestion organ material, 2) to discribe the assesment outcome of the CAI learning media development in human digestion organ material, 3) to find out if the CAI learning media can increase the learning outcome of fifth grade student regarding human digestion organ material.
This research uses the R & D method, specifically Dick and Carey model which has ten steps in the developing procedures. This research was done in MI Agama Islam Ngronggot of Nganjuk regency by taking sampling from 27 fifth grade students.
CAI learning media consist of six parts; front of page, sk page, kd, learning objective, introduction page, material page, quiz page, and closing page. The used audio media components include human voice as narrator, music, and also sound effect. The used visual media components are text, picture, and animation. Based on the assesment of the natural science subject expert is about 88% which means that CAI learning media is very qualified. The assesment of design expert is about 80% which means that CAI learning media is qualified. The assesment of natural science teacher is about 88% which means that learning media is very qualified. The result of the field testing is about 94% which means that CAI learning education gets the very qualified assesment. The score is also upgrading from the pre-test to the post-test by 64,074 < 81,841. The manual calculation by using paired sample t-test is gained the result of tcalculate > ttable or 8,850 > 1,706 which means that Ho is objected and Ha is accepted, the result is that CAI learning media can increase the fifth grade student learning outcome of MI Agama Islam Ngronggot regarding the human digestion organ material.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Minarno, Eko Budi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | IPA; Media Pembelajaran CAI; Natural Science; CAI Learning Media | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Afib Rif'an Nashruddin | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:55 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7266 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |