Pengaruh kreativitas mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Batu

Fajarwati, Inda (2013) Pengaruh kreativitas mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09140107.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Berbagai macam hal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dapat dilihat faktor pendorong dari luar siswa maupun faktor dari diri siswa itu sendiri. Untuk mendapatkan hasil belajar yang memuaskan, tentu guru memiliki banyak ide bagaimana cara agar siswanya mendapat nilai yang memuaskan dan siswa berusaha mendapat nilai yang memuaskan dengan gaya belajar mereka yang berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk mendapatkan nilai yang memuaskan perlu adanya guru yang kreatif dan juga diimbangi dengan gaya belajar siswa yang berbeda-beda. Sehingga guru yang kreatif dan gaya siswa yang berbeda-beda tersebut dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kreativitas mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Batu.

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Batu. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kreativitas mengajar guru dan gaya belajar siswa, sedangkan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum sebanyak 48 siswa. Dalam pengumpulan data digunakan metode kuesioner/angket untuk mengukur pengaruh kreativitas mengajar guru dan gaya belajar siswa dengan prestasi belajar siswa, sedangkan prestasi belajar siswa menggunakan nilai raport.

Hasil analisis validitas instrumen dengan rumus korelasi Product Moment dari Pearson berdasarkan pada taraf signifikan 0,05 diperoleh 20 item valid. Nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh 0,752 untuk variabel kreativitas mengajar guru, 0,688 untuk variabel gaya belajar siswa, dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil Hipotesis dengan menggunakan uji regresi berganda variabel kreativitas mengajar guru dengan prestasi belajar siswa sebesar T Hitung = 2.147 dan T Tabel = 2.012, karena nilai T Hitung > T Tabel maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang sangat erat positif antar kreativitas mengajar guru dengan prestasi belajar siswa dan hasil hipotesis variabel gaya mengajar siswa dengan prestasi belajar siswa sebesar T Hitung = 2.568 dan T Tabel = 2.012, oleh karena T Hitung > T Tabel maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang sangat erat positif antara gaya belajar siswa dengan prestasi belajar siswa. Sedangkan variabel krestivitas mengajar guru (X1) dan gaya belajar (X2) dengan prestasi belajar siswa (Y) sebesar F Hitung = 8.733 dan F Tabel = 3.204 oleh karena F Hitung > F Tabel maka H0 ditolak, artinya ada pengaruh antara kreativitas mengajar guru dengan gaya belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Batu.

ENGLISH:

A wide variety of things that affect student learning achievements can be seen driving factor as well as students from outside factors from the student themselves. To obtain a satisfactory learning results, teachers have many ideas how to make their students got satisfactory grades and students trying to get a satisfactory rating with their learning style. Therefore, to get a value that satisfies the need for teachers who are creative and well balanced with the learning styles of students. So teachers are creative and different styles of students that may affect the achievement of student learning.

As for the goals to be achieved in this research is to know how much influence the creativity of teachers teaching and students learning style of learning achievements of students in Social Science subjects at the Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Batu.

This research was conducted at the Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Batu. Free variables in this study is the creativity of teachers teaching and students learning style and learning achievements as a variable. Populations and samples in this study are grade IV and V Madrasah Ibtidaiyah Bahrul Ulum Batu as much as 48 students. Data collection methods used in questionnaires/question form to measure the effects of creativity teaching teachers and learning styles of students with learning achievements of students, while the learning achievements of students using the value of report cards.

Results of the analysis of the validity of the instrument with the formula Product Moment correlation of Pearson is based on level of significance of 0.05 retrieved 20 items. The value of the coefficient of reliability gained 0,690 to the variable of creativity teaching teachers, 0,684 for the variable learning styles of students, calculated by Cronbach Alpha formula. Results of the Hypothesis by using multiple variable regression test the creativity of teachers teaching with learning achievement of students of T Calculate = 2.147 and T = 2.012 Table because the value T Calculate < T the table then, meaning there were rejected Ho influence very closely between positive creativity teaching teacher learning achievements of students. While the results of the hypothesis variable style of teaching students with learning achievements of students T Calculate = 2.568 and T = 2.012 due to Table T Count < T Table then there is Ho, meaning denied the influence of positive very closely between students learning style and learning achievements of students. While the results of the the creativity of teachers teaching and style of teaching students with learning achievements of students F Calculate = 8.733 and F = 3.204 due to Table F Count < F Table then there is Ho, meaning denied the influence of positive very closely between creativity of teachers teaching and students learning style with learning achievements of students.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zuhroh, Ni’matuz
Keywords: Kreativitas Mengajar Guru; Gaya Belajar Siswa; Prestasi Belajar Siswa; Creativity Teaching Teachers; Student Learning Styles; Learning Achievements Of Students
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dwi Sri Haryanti
Date Deposited: 01 Sep 2017 12:00
Last Modified: 01 Sep 2017 12:00
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7265

Actions (login required)

View Item View Item