Priantina, Erisa Puji (2013) Upaya guru kelas I dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKN di Madrasah Ibtidaiyah al-Hidayah Donohwarih Karangploso Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08140006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan adalah kunci utama terbentuknya SDM yang kompeten dalam membangun bangsa. Melalui pendidikan diharapkan tercipta manusia yang mampu menempatkan diri dalam masyarakat yang dapat bergerak secara luas serta tidak terbawa arus globalisasi,bahkan seharusnya mampu memegang kendali dalam bermasyarakat untuk menghadapi segala macam bentuk lingkungan yang ada.
Berdasarkan permasalahan di tas, maka focus penelitian ini adalah bagaimana upaya guru kelas 1 dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran PKN di MI Al-Hidayah karang ploso Malang dan apa saja hambatan yang telah di temukan pada guru kelas 1 dalam meningkatan prestasi belajar siswa pada pelajaran PKN di MI Al-Hidayah karang ploso Malang.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata- kata,gambar,dan bukan angka- angka. Hal itu disebabkan oleh adanya penerapan metode kualitatif. Selain itu, semua yang dikumpulkan berkemungkinan menjadi kunci terhadap apa yang sudah diteliti, dengan demikian, laporan penelitian akan berisi kutipan- kutipan data untuk member gambaran penyajian laporan tersebut. Data bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru kelas 1 dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKN di madrasah ibtidaiyah Al-Hidayah Donoh warih karang poso Malang , meliputi 1) jumlah siswa dalam kelas terbatas hanya berisi sekitar 30 siswa.2)adannya pengayaan bagi siswa yang sudah mampu.3)ketiga adanya penanganan khusus bagi siswa yang kurang mampu dalam belajar.4)adannya kerjasama antara guru kelas dengan wali murid.5)adannya metode yang diberikan di dalam pembelajaran PKN.Hambatan upaya guru kelas 1 dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKN di MI Al-Hidayah adalah sebagai berikut : 1) tidak semua siswa bisa membaca menulis dan berhitung 2) ada beberapa walimurid yang kurang perhatian terhadap anaknya.3)ada beberapa fasilitas yang kurang dalam meningkatkan prestasi belajar siswanya.
ENGLISH:
Education is the key to the formation of competent human resources in building the nation. Through education is expected to create human beings who are able to put themselves in a society that could stir widespread and not get carried away by globalization, even should be able to take control in the community to deal with all kinds of the existing environment.
Based on the problem above, the focus of this study is how the grade 1 teacher efforts in improving student achievement in the subject PKN in MI Al Hidayah Karang Ploso Malang, and what are the obstacles encountered in grade 1 teacher improve student achievement in the subject PKN in MI Al Hidayah Karang Ploso Malang
This type of research uses a descriptive study that collected data in the form of words, pictures, and not numbers. This was caused by the application of qualitative methods. In addition, all of which are likely to be collected on what has been observed, this the research report will contain the data excerpts to illustrate the presentation of the report. Data sourched from the primary data and secondary data. Data collection technique used observation, interviews, and documentation. Data analysis is done by reducing the data, presenting/ displaying data on diagrams and drawing conclusions. Checking the validity of data is done by triangulation of sources.
The result indicate that the grade 1 teacher efforts in improving student achievement in the subjects PKN include the number of students in a class limited to approximately 30 students, the enrichment for students who are able, any special handling for underprivileged students in learning, the cooperation between the classroom teacher with trustee students, the learning method given in PKN. Barriers grade 1 teacher efforts in improving student achievement in the subjects PKN is as follows: not all students can read and write and count, there are some parents who are less attentive to their children, there are some facilities that are in improving student achievement.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru; Prestasi Belajar; PKn; | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Desi Latifah Hamzah | ||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2017 15:31 | ||||||
Last Modified: | 09 Aug 2017 15:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7259 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |