Armawan, M. Aang (2013) Penerapan pembelajaran metode tutor sebaya dan learning contracts untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV A MI Islamiyah Sukun Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV A MI Islamiyah tergolong rendah. Sedangkan metode yang diterapkan guru masih bersifat konvensional dan remidial. Sehingga perlu dikembangkan metode tutor sebaya dan learning contracts sebagai salah satu metode alternatif yang menjadikan pembelajaran lebih efektif yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan Latar belakang di atas, maka permasalahan yang timbul: (1) Bagaimana proses merencanakan pembelajaran metode tutor sebaya dan learning contracts untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV A MI Islamiyah Sukun Malang? (2) Bagaimana proses melaksanakan pembelajaran metode tutor sebaya dan learning contracts untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV A MI Islamiyah Sukun Malang? (3) Bagaimana proses mengevaluasi pembelajaran metode tutor sebaya dan learning contracts untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV A MI Islamiyah Sukun Malang?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari solusi dari Permasalahan yang timbul di atas dengan tahapan yang mencakup: Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode penelitian yang dilakukan oleh penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan desain yang digunakan adalah desain penelitian tindakan kelas (PTK). Sedangkan untuk menganalisis data penelitian ini dengan analisa deskriptif kuantitatif dan analisa deskriptif kualitatif.
Dari hasil analisa, menunjukkan bahwa penerapan metode tutor sebaya dan learning contracts telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan konsep pembelajaran metode tutor sebaya dan learning contracts. Hal ini dapat dilihat dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran metode tutor sebaya dan learning contracts dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV A MI Islamiyah Sukun Malang. Bukti peningkatan hasil belajar adalah adanya pencapaian indikator keberhasilan tindakan. Prosentase ketuntasan belajar kegiatan pra tindakan 30%, siklus I meningkat sebesar 63%, dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 86%. Berdasarkan pada siklus II, prosentase sudah mencapai lebih dari 75% yang merupakan standar minimal ketuntasan belajar. Sehingga bisa disimpulkan bahwa penerapan metode tutor sebaya dan learning contracts bisa diterapkan oleh para pendidik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika.
ENGLISH:
Student learning achievement in Mathematics classes IV A MI Islamiyah is low. While the methods employed by teachers still conventional and remedial. So, it is necessary to develop methods of peer tutoring and learning contracts as one of the alternative methods that make learning more effective are expected to improve of student learning achievement.
Based on the above background, the problems arise: (1) How does the planning process of learning by using peer tutor method and learning contracts to improve students learning achievement for in Mathematic lesson of Class IV A at the MI Islamiyah Sukun Malang? (2) How does the implementing process of learning by using peer tutor method and learning contracts to improve students learning achievement for in Mathematic lesson of Class IV A at the MI Islamiyah Sukun Malang? (3) How does the evaluating process of learning by using peer tutor method and learning contracts to improve students learning achievement for in Mathematic lesson of Class IV A at the MI Islamiyah Sukun Malang?.
The purpose of this research is to find solutions of the problems that arise in the stages that include: planning, implementation, observation and reflection. The methods of research conducted by the author using a qualitative approach and the design is classroom action research. While analyzing the data for this research with a descriptive analysis of quantitative and qualitative descriptive analysis.
From the analysis, showing that the application of the method of peer tutoring and learning contracts have been conducted properly and in accordance with the concept of peer tutoring learning methods and learning contracts. It can be seen from the planning, implementation and evaluation of teaching and learning by using peer tutor method and learning contracts to improve students learning achievement for in Mathematic lesson of Class IV A at the MI Islamiyah Sukun Malang. The proof of the achievement increasing for in learning is the success indicator of the action. The completeness learn percentage of 30% for pre- action activities, afterwards the first cycle increase equal to 63%, and then the second cycle increase equal to 86%. Based on the second cycle, the percentage has reached more than 75%, which is the minimum standard of mastery learning. So, it can be concluded that the application of the method of peer tutoring and learning contracts can be applied by educators to improve student learning achievement in Mathematics.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Tutor Sebaya; Hasil Belajar; Matematika; Peer Tutor Method; Learning Contracts; learning achievement; Mathematic | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Desi Latifah Hamzah | ||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2017 15:31 | ||||||
Last Modified: | 09 Aug 2017 15:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7255 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |