Responsive Banner

Tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Lavalette Kota Malang

Fauza, Firda (2024) Tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Lavalette Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
210703110110.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 15 January 2027.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kesehatan merupakan hak asasi manusia, dan setiap orang berhak hidup sehat serta mendapatkan pelayanan kesehatan, termasuk pelayanan kefarmasian di rumah sakit. Pelayanan kefarmasian yang diberikan oleh petugas akan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien. Kepuasan merupakan respons emosional yang muncul ketika seseorang membandingkan harapan dan kenyataan yang mereka alami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Lavalette Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif observasional dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan melalui teknik Non Probability Sampling dan menggunakan metode purposive sampling dengan 100 responden. Analisis pada penelitian ini menggunakan analisis univariat dan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur tingkat kepuasan secara keseluruhan berdasarkan harapan dan kenyataan. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kepuasan tertinggi terdapat pada dimensi empathy (91,6%), diikuti oleh dimensi reliability (88,4%), dimensi assurance (88,3%), dimensi responsiveness (85,3%), dan dimensi tangible sebesar (84,3%). Secara keseluruhan, diperoleh nilai Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 87,6%, artinya pasien rawat jalan merasa sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Lavalette Kota Malang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Syahrir, Ach and Sugihantoro, Hajar and Dianti, Meilina Ratna and Hakim, Abdul
Keywords: Kepuasan pasien; Pelayanan Kefarmasian; Customer Satisfaction Index (CSI)
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1115 Pharmacology and Pharmaceutical Sciences > 111504 Pharmaceutical Sciences
Departement: Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Farmasi
Depositing User: Firda Fauza
Date Deposited: 12 Feb 2025 13:49
Last Modified: 12 Feb 2025 13:49
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/72539

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item