Husnayeni, Naili (2013) Penerapan strategi kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan prestasi belajar keragaman suku dan budaya pada siswa kelas V SDN Denanyar I Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140113.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di SD yang mengkaji seperangkat peristiwa yang berkaitan dengan isu sosial. Memperhatikan tujuan dan esensi pendidikan IPS, sebaiknya penyelenggaraan pembelajaran IPS mampu mempersiapkan, membina, dan membentuk kemampuan siswa yang menguasai pengetahuan, sikap, nilai, dan kecakapan dasar yang diperlukan bagi kehidupan di masyarakat dengan menggunakan keragaman metode belajar.
Berdasarkan dari latar belakang masalah di atas, maka dalam penelitian ini yang menjadi titik fokus penelitian adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran strategi kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dalam meningkatkan pembelajaran keragaman suku dan budaya pada siswa kelas V SDN Denanyar I Jombang; (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tersebut; (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan strategi kooperatif tipe Team Game Tournamen (TGT) dalam proses pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Denanyar I Jombang.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemis dan Taggart. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif karena pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Denanyar I Jombang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pelajaran keragaman suku dan budaya ada 2 tahap yang di dalamnya mencakup penyajan kelas, kerja kelompok, game, turnamen, dan penghargaan kelompok. Penerapannya sangatlah bagus meskipun banyak hambatan yang didapat pada pelaksanaannya, hal ini sesuai dengan respon siswa yang menyatakan bahwa siswa sangat senang mengikuti pelajaran dengan cara berkelompok dengan tipe TGT dengan teman-temannya. (2) penerapan belajar kooperatif dapat meningkatkan prestasi siswa, hal ini dibuktikan pada hasil tes pada sebelum diadakannya penelitian, siklus I dan siklus II yang porsentasenya mulai 40%, 46,67%, dan 90%
ENGLISH:
Social Sciences is one of the subjects given in Elementary School that examines a set of events related to social issues. Attention to the purpose and essence of education social sciences, social studies learning organization should be able to prepare, develop, and establish a student's ability to master the knowledge, attitudes, values, and basic skills necessary for life in the community using a variety of learning methods.
Based on the background of this problem, so in this study, the focal point of the research are: (1) What strategy of cooperative learning plan type Team Games Tournament (TGT) in increasing ethnic and cultural diversity of learning in the fifth grade students of SDN Denanyar I Jombang; (2) How does the implementation of learning, (3) How does the learning evaluation. The purpose of this research is to describe the application of cooperative strategy Team Game tournament (TGT) in the process of learning social studies in the fifth grade students of SDN Denanyar I Jombang.
This research uses classroom action research design following the model developed by Kemis and Taggart. Data was collected using observation, documentation, interviews, and achievement test. Data analysis was performed by descriptive qualitative because the approach used was qualitative research. Source data from this study were fifth grade students of SDN Denanyar I Jombang.
The results showed that: (1) the application of cooperative learning in lessons TGT ethnic and cultural diversity there are 2 phases in which includes penyajan class, group work, games, tournaments, and awards groups. Its application is very good despite the many obstacles that come in the implementation, which is in line with the student's response stated that the students were very happy to attend classes grouped by the type of TGT with his friends. (2) the application of cooperative learning can improve student achievement, this is evidenced in the results of the test prior to the study, the first cycle and second cycle that began porsentasenya 40%, 46.67%, and 90%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Kooperatif Tipe TGT; Peningkatan Prestasi; Cooperative Strategy Type TGT; Improved Performance | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dwi Sri Haryanti | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2017 10:54 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2017 10:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7253 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |