Fithriyah, Musa’adatul (2013) Pengembangan buku ajar IPA kelas IV materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan berbasis inkuiri terbimbing di MI al-Kautsar Sekaran-Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09140063.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
INDONESIA:
IPA adalah salah satu mata pelajaran di sekolah, akan seharusnya IPA disajikan melalui suatu proses belajar yang berkualitas agar terjadi kebermaknaan dalam diri siswa. Proses belajar yang berkualitas yaitu baik dari segi sarana prasarana maupun cara belajarnya. Keterbatasan buku ajar yang berkualitas merupakan salah satu problematika pendidikan yang dapat menghambat keberhasilan proses pendidikan. Selain itu proses pembelajaran IPA tidak hanya memberikan pengetahuan aspek kognifif saja akan tetapi lebih pada aspek afektif dan psikomotorik untuk mengembangkan potensi siswa dalam memahami alam sekitar, menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung terhadap obyek yang dipelajari.
Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pengembangan buku ajar dan metode yang tepat. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Inkuiri Terbimbing yaitu, metode yang mengarahkan siswa untuk melakukan penyelidikan ilmiah terhadap obyek yang dipelajari secara langsung guna menyeimbangkan antara aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa, melalui metode berbasis Inkuiri Terbimbing siswa akan dibimbing guru secara teratur, siswa diajak untuk berinteraksi langsung dengan kehidupan nyata atau lingkungan sekitar.
Penelitian ini dilakukan di MI AL-Kautsar Sekaran Lamongan, dengan obyek penelitian siswa kelas IV. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai secara umum adalah untuk menghasilkan produk berupa buku ajar IPA kelas IV MI/SD yang berorientasi melalui metode berbasis Inkuiri Terbimbing yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Sedangkan secara khusus tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah; 1) menghasilkan produk buku ajar IPA kelas IV MI/SD berbasis Inkuiri Terbimbing khususnya materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan yang valid, efektif, dan dapat memotivasi siswa. 2) menghasilkan buku ajar IPA kelas IV MI/SD yang dapat meningkatkan pemahaman siswa khususnya materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (penelitian dan pengembangan). Model yang digunakan dalam pengembangan buku ajar ini adalah model Walter Dick and Low Carey. Subyek penilaian produk untuk kelayakan buku ajar terbatas pada tiga ahli, yakni ahli isi/materi, ahli media buku ajar, dan ahli pembelajaran serta sasaran uji coba produk yaitu seluruh siswa kelas IV MI AL-Kautsar. Prosedur pengembangan model ini terdiri atas sepuluh langkah, namun dalam pengembangan ini hanya dilakukan Sembilan langkah yang meliputi: (1) mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran, (2) melaksanakan analisis pembelajaran), (3) mengenal tingkah laku masukan dan karakteristik siswa, (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran, (5) mengembangkan butir tes acuan patokan, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) menyeleksi dan mengembangkan bahan pembelajaran), (8) Designing and Conducting Formative Evaluation merancang dan melaksanakan evaluasi formati, (9) merevisis bahan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar IPA berbasis Inkuiri Terbimbing yang dikembangkan ini memiliki tingkat kevalidan, kefektifan dan memotivasi siswa yang sudah sesuai dengan kebutuhan kondisi pengguna. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi ahli isi tingkat kevalidan 95% kualifikasi valid sangat baik, validasi ahli media buku ajar tingkat kevalidan 85% kualifikasi valid sangat baik, validasi ahli pembelajaran tingkat kevalidan 94,2% kualifikasi valid sangat baik. Demikian dari hasil uji lapangan terhadap produk buku ajar yang dilakukan oleh seluruh siswa kelas IV MI AL-Kautsar menunjukkan tingkat kemenarikan mencapai 92,89% berada pada kualifikasi valid sangat baik. Sedangkan hasil penyajian nilai pre-test dan post-test dilakukan dengan menggunakan analisis mean (rerata). Diperoleh mean pre-test menunjukkan hasil 63,42 lebih kecil dibandingkan hasil post-test sebesar 81,31 hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman sebesar 17,89 %. Selain itu untuk memperkuat hasil peningkatan pemahaman siswa dilakukan dengan analisis t-test yang menunjukkan Thitung = 4,153 lebih besar dari Ttabel = 1,734, maka disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pemahaman sebelum dan sesudah menggunakan buku ajar hasil pengembangan, maka dapat disimpulkan buku ajar IPA terbukti secara signifikan efektif meningkatkan pemahaman siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA khususnya materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan.
ENGLISH:
IPA is one of the subjects studied in the school; it should be conveyed through a good quality of learning process in order it will be meaningfulness learning of students’ selves. The process of learning also should be in a good quality in both of infrastructure and ways of learning. Limitation of textbook-quality is one of the education problems that can hinder the success of the educational process. Besides that, learning science (IPA) processes not only provide cognitive aspect but also to the affective and psychomotor aspects. It is functioned to develop the potential of students in understanding the environment, and providing direct experience to the object being studied.
To overcome that problem, it is required textbook development and appropriate methods. Therefore, in this study the researcher used a Guided Inquiry method, which is a method which directs the students to conduct scientific investigation to the objects studied directly in order to balance the cognitive, affective and students psychomotor. Through a Guided Inquiry method the students are guided by the teachers regularly, students are encouraged to interact directly with real life or the environment.
The research was conducted in MI AL-Kauthar Sekaran Lamongan, the object of this study is fourth grade students of elementary school. And the objective of the study is to produce a fourth grade science (IPA) textbook for elementary school (MI / SD) which is oriented on Guided Inquiry method which can improve students' understanding. While the specific objectives in this study are: 1) To produce the fourth grade science (IPA) textbook for elementary school (MI / SD) which based Guided Inquiry especially structure and the function of the parts of the plant, effective, and able to motivate students. 2) To produce the fourth grade science (IPA) textbook for elementary school (MI / SD) that can enhance students' understanding of the structure and function of the parts of the plant.
This study uses Research and Development method. The model used to develop the textbook is Walter Dick and Carey Low model. Subject to the feasibility assessment textbook product is limited to three experts, namely matter experts, media expert textbooks, and learning experts and product trials to all students in fourth grade of elementary school especially in MI AL-Kawthar School. The procedure of the development of this model consists of ten steps, but in this matter only done in nine steps that include: (1) Identify the general purpose of learning, (2) carry out the analysis of learning, (3) recognize the behavior and the characteristics of students, (4) formulate specific goals of learning, (5) develop benchmark reference test items, (6) develop learning strategies, (7) selecting and developing learning materials), (8) Designing and Conducting Formative Evaluation, (9) And revising learning material.
The results showed that the textbook has a high validity, effectiveness and students’ motivation needed. It is proven by the results of the validation the rate is 95%, it is very good qualification, textbooks validation media expert reaching 85%, the validity rate is very good qualification, validation of learning experts validity rate of 94.2% is very good valid qualification. Thus the results of the field test to the textbook shows the attractiveness level reached 92.89% at very good valid qualification. While the results of pre-test and post-test analysis use the mean (average). The mean pre-test results showed 63.42 less than the post-test of 81.31 the result of the analysis shows that there is an increased understanding of 17.89%. In addition to strengthening the students' understanding of the analysis performed by t-test which showed Thitung = 4,153greater than Ttabel = 1,734, then it is inferred H0 = rejected and Ha = accepted, so there are significant differences between the results before and after using the textbooks development results, it can be concluded that the science (IPA) textbook effectively shown could improve the understanding of fourth grade students in the subject of science (IPA) especially the material of structure and function of plant parts.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abtokhi, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Buku Ajar; IPA; Inkuiri Terbimbing; Development; Textbook; IPA; Guided Inquiry | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Desi Latifah Hamzah | ||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2017 16:18 | ||||||
Last Modified: | 09 Aug 2017 16:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7251 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |