Keterampilan manajerial kepala madrasah dalam menerapkan pendidikan karakter di MI Mambaul Ulum Gondanglegi Malang

Hikmah, Ima Nuzulul (2013) Keterampilan manajerial kepala madrasah dalam menerapkan pendidikan karakter di MI Mambaul Ulum Gondanglegi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09140102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Kepala madrasah merupakan pemimpin yang berada di madrasah, kepala madrasah yang harus menjadi teladan bagi seluruh warga madrasah. Oleh karena itu untuk mewujudkan visi dan misi sekolah serta mencapai tujuan yang diharapkan kepala madrasah yang memiliki keterampilan manajerial dalam mengelola sekolah serta mampu memahami berbagai teknik, konsep dan mampu berhubungan dengan orang yang ada di sekitarnya. Untuk menghasilkan madrasah yang unggul dan memiliki karakter, terutama dalam pembentukan karakter pada diri siswa agar menjadi siswa yang berprestasi dan memiliki karakter yang baik.Penelitian ini dilakukan di MI Mambaul Ulum Gondanglegi Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan dari kepala madrasah dalam menerapkan pendidikan karakter di madrasah tersebut dan implementasi penerapan pendidikan karakter berdasarkan keterampilan dari kepala madrasah.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yaitu data yang disajikan berupa kata-kata kata atau lisan dari responden dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dan sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakakurikulum, guru, dan siswa. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif.

Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa keterampilan manajerial kepala madrasah dalam menerapkan pendidikan karakter terdapat dalam kemampuan kepala madrasah memberikan gagasan untuk menerapkan pendidikan karakter seperti meletakkan penerapan pendidikan karakter dalam kegiatan pra proses belajar mengajar, kegiatan ekstrakurikuler dan pemberdayaan madrasah. Untuk kemampuan komunikasi kepala madrasah selalu mengadakan rapat dengan guru untuk membahas masalah penanaman karakter pada siswa. Sedangkan untuk kemampuan teknis kepala madrasah terlihat dalam membuat laporan dan membagi tugas di lembaga tersebut saat melakukan kegiatan.

Implementasi pendidikan karakter terdapat pada kegiatan pembelajaran yaitu mensisipkan nilai-nilai karakter dan penggunaan strategi pembelajaran PAKEM, kegiatan pengembangan budaya madrasah yaitu kegiatan rutin sebelum pembelajaran, sholat dhuhur berjamaah, bakti sosial, membersihkan lingkungan madrasah, dan kesopanan saat bertemu guru. Kegiatan ekstrakurikuler yang terdapat di lembaga ini yang dilaksanakan setiap hari Sabtu.

ENGLISH:

Headmaster is a leader who is at the school, the headmaster should be an example to the whole school community. Therefore, to realize the vision and mission of the school and achieve the expected principal who has the managerial skills to manage school and be able to understand a variety of techniques, concepts and be able to relate to the people around him. To produce a superior school and has character, especially in the formation of character in students to become student achievement and good character. The research was conducted in MI Mambaul Ulum Gondanglegi Malang. This study aims to determine the skills of a headmaster in implementing character education in the schools and implementation of character education is based on the application of skills of school principals.

This research uses qualitative research, the data presented in the form of words or spoken of respondents and observable behavior. This research used a descriptive approach. Collecting data in this research using observation, interviews, and documentation and data sources in this research is the headmaster, wakakurikulum, teachers, and students. While data analysis using descriptive analysis.

Results of research conducted showed that the headmaster managerial skills in implementing character education contained in the headmaster capabilities provide ideas for implementing character education character education as putting the application in the teaching and learning activities pre, extracurricular activities and school culture development activities. For the headmaster communication skills have always held a meeting with the teacher to discuss the growing problem of character in students. As for the headmaster technical ability is seen in a report and shared duties at the agency while doing activities.

Implementation of character education contained in the learning activities that apply the values and character of the use PAKEM instructional strategies, school culture development activities before learning the routine, dhuhur congregation, social work, cleaning the school environment, and courtesy when meeting teachers. Extracurricular activities contained in this institution are held every Saturday.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Yaqien, Nurul
Keywords: Keterampilan Manajerial; Kepala Madrasah; Pendidikan Karakter; Managerial Skills; Headmaster; Character Education
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afib Rif'an Nashruddin
Date Deposited: 28 Jul 2017 01:56
Last Modified: 28 Jul 2017 01:56
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7249

Actions (login required)

View Item View Item