Kharismayati, Dwi (2013) Penggunaan metode bermain kotak rahasia dalam peningkatan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa kelas I di Sekolah Dasar Negeri Bokor Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140100.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Keterampilan membaca dan menulis merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki setiap siswa untuk memasuki dunia belajar. Penguasaan kosa kata merupakan faktor keberhasilan membaca dan menulis, dimana hal tersebut dapat diperoleh siswa dari kegiatan guru ketika mengajar di kelas. Sulitnya pengajaran membaca dan menulis permulaan pada anak kelas I salah satunya yaitu di SDN Bokor kecamatan Tumpang kabupaten Malang. Rendahnya kemampuan membaca dan menulis permulaan disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain pembelajaran monoton, metode atau pun media yang digunakan guru kurang menarik serta lokasi tempat tinggal siswa yang jauh dari kota, sehingga masih banyak orang tua yang kurang peduli dengan pendidikan anak.
Dengan adanya permasalahan tersebut diperlukan peran aktif seorang guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah penggunaan metode atau pun media yang menarik dan menyenangkan. Metode yang sesuai dengan materi membaca dan menulis permulaan di kelas I, salah satunya yaitu dengan menggunakan metode bermain dengan bantuan media Kotak Rahasia, kotak rahasia adalah media pembelajaran tentang permainan kata yang ditujukan untuk anak yang sudah dapat mengeja sebagai latihan membaca. Kotak ini dihias secara menarik, kemudian bagian dalam kotak diisi dengan gambar/ miniatur objek yang akan dibaca siswa.
Berdasarkan pada latar belakang di atas maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pembelajaran bahasa Indonesia melalui metode bermain Kotak Rahasia di SDN Bokor Tumpang kabupaten Malang. (2) Mengetahui hasil pencapaian kemampuan membaca dan menulis permulaan menggunakan metode bermain Kotak Rahasia di SDN Bokor Tumpang kabupaten Malang.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang dilakukan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain kotak rahasia pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa kelas I semester 01 di SDN Bokor kecamatan Tumpang kabupaten Malang tahun pelajaran 2012-2013. Hal ini dapat ditunjukkan bahwa nilai rata-rata akhir siswa mengalami peningkatan, yaitu dari 65,16 sebelum perbaikan, menjadi 71,0 pada siklus 1, dan menjadi 74,28 pada siklus 2. Dan prosentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sampai dengan siklus 2, hal ini dibuktikan dengan ketuntasan siswa meningkat dari prosentase ketuntasan evaluasi belajar siswa sebesar 52% sebelum perbaikan, menjadi 68% pada siklus 1 dan menjadi 84% pada siklus 2. Penelitian sudah cukup, karena prosentase ketuntasan kelas siswa telah mencapai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah, yaitu 75% dengan KKM individu 65.
ENGLISH:
Reading and writing skills is one of the basic skills that must be owned by every student to enter the world of learning. Vocabulary is a factor of the success of reading and writing, where it can be obtained from the student teachers' activities while teaching in the classroom. The difficulty of teaching reading and writing in children beginning first grade one of them is on the SDN Bokor sub Tumpang Malang regency. Lack of ability to read and write the beginning due to several factors, such as learning monotonous, the method or media used less attractive teacher and student residence location away from the city, so there are many parents who are less concerned with the education of children.
Problems required the active role of a teacher in improving reading and writing skills beginning. One alternative that can be used is the use of methods or media are exciting and fun. The method according to reading and writing materials beginning in first grade, one of which is by using a method of playing with the secret help of the media box, media box is the secret of learning about word games are intended for children who can spell a reading exercise. This box is decorated in an interesting, then the inside of the box is filled with pictures / miniature objects that will read the students.
Based on the background above, the purpose of this study are: (1) Determine Indonesian learning through play method in SDN Bokor Secret Box Overlapping Malang regency. (2) Knowing the results of the achievement of the ability to read and write the beginning of the play using The Secret Box SDN Bokor Tumpang Malang regency.
The study design used in this study was Classroom Action Research (CAR) or Classroom Action Research is done collaboratively between teachers and subjects.
Based on the research that has been done, it can be concluded that the use of methods of playing a secret box on learning Indonesian can improve the ability to read and write the beginning of the first semester of grade 01 students at SDN Bokor Overlapping sub-district Malang academic year 2012-2013. It can be shown that the average value of final students has increased, from 65.16 before the repair, to 71.0 in cycle 1, and a 74.28 in cycle 2. And completeness percentage of students has increased from pre-cycle to cycle 2, this is evidenced by increased student mastery of the percentage of completeness evaluation of student learning by 52% before the improvement, to 68% in cycle 1 and to 84% in cycle 2. Research is enough, because the percentage of students have achieved mastery class KKM set by the school, which is 75% with individual KKM 65.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Bermain Kotak Rahasia; Kemampuan; Membaca Menulis Permulaan; Method Play Secret Box; Ability; Reading Writing Starters | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Afib Rif'an Nashruddin | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:53 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7246 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |