Rosidah, Ani (2013) Implemantasi metode TGT (Teams Games Turnament) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V MI Hasyim Asy’ari Wonoanti Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140097.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Metode mengajar merupakan salah satu cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Oleh karena itu metode mengajar memiliki andil yang sangat besar dalam kegiatan belajar mengajar. Penggunaan metode yang tidak sesuai dengan tujuan pengajaran akan menjadi kendala dalam mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Perlu diketahui guru bukan satu-satunya sumber belajar, hanya sebagai motivator, fasilitator dan mediator dalam proses pembelajaran. Masih sedikit siswa yang mau menganggap beragam media yang diterapkan oleh guru sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar di kelas. Karena tidak jarang kegiatan belajar justru berubah rutinitas yang membosankan.
Sesuai hasil informasi yang peneliti dapatkan di salah satu lembaga pendidikan yaitu MI Hasyim Asy’ari Wonoanti Gandusari Trenggalek, bahwasannya motivasi belajar siswa sangat rendah. Ada kemungkinan metode belajar yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan proses belajar tidak sesuai dengan karakter siswa. Banyak siswa yang mengeluh terhadap materi Ilmu Pengetahuan Sosial, sebagian siswa menganggap materi tersebut sulit, sebagian siswa menganggap Ilmu Pengetahuan Sosial bukan pelajaran yang menyenangkan dan sebagian siswa merasa kesulitan dalam penerapan materinya. Salah Satu metode pembelajaran yaitu metode TGT. Pembelajaran dengan metode TGT merupakan pembelajaran yang dapat memotivasi seluruh siswa selama proses pembelajaran dan memberikan kesempatan untuk bekerjasama antar siswa dengan kemampuan. Model pembelajaran TGT menerapkan berbagai ciri pembelajaran dan merupakan metode yang sangat mudah diterapkan dalam pembelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan di MI Hasyim Asy’ari Wonoanti Trenggalek, dengan objek siswa kelas V. Peneliti menggunakan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, interview guru dan siswa, pre test dan post test, serta dokumentasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan temuan penulis menggunakan ketekunan pengamatan serta triangulasi. Sumber penelitiannya yaitu siswa kelas V MI Hasyim Asy’ari Wonoanti Trenggalek khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TGT pada mata pelajaran IPS kelas V MI Hasyim Asy’ari Wonoanti Trenggalek mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat perbandingan dari mulai pre test yang semula rata – rata 68,33 dan observasi motivasi yang rata – rata 1,7 pada siklus pertama nilai rata – rata siswa naik menjadi 75.0 dan tingkat motivasi siswa yang juga naik menjadi 2,6 dan pada siklus kedua nilai siswa naik lagi menjadi 85,0 dan motivasi belajar yang rata – rata 3,2. Sehingga bisa memenuhi standar nilai yang ada pada MI Hasyim Asy’ari. Dengan demikian metode TGT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
ENGLISH:
The method of teaching is one way in which teachers used to make contact with students during the course of teaching. Hence teaching methods have contributed greatly to the teaching and learning activities. Use methods that do not comply with the purpose of teaching would be an obstacle in achieving the goals that have been formulated. Keep in mind the teacher is not the only source of learning, just as a motivator, facilitator and mediator in the learning process. There are still a few students who want to assume a variety of media employed by the teacher as a tool in teaching and learning in the classroom. Because it is not uncommon learning activities begins to turn a boring routine.
Corresponding results in information that researchers get one of the educational institutions that Hasyim MI Wonoanti Gandusari Psychology, bahwasannya very low student motivation. It's possible to learn the methods used by teachers in implementing the learning process does not fit with the character of students. Many students complained to the material of Social Sciences, some students assume the material is difficult, some students think of Social Sciences is not a pleasant subject and some students had difficulty in applying the material. One of the learning method is the method of TGT. TGT is a method of learning with learning that can motivate all students during the learning process and provide the opportunity for collaboration among students by ability. TGT learning model and implement a variety of learning characteristics is very easy to implement method of learning.
The research was conducted at Hasyim MI Wonoanti Psychology, with a grade V objects Researchers use this type of research PTK (Classroom Action Research). Sequence of research activities include: (1) planning, (2) implementation, (3) observation and (4) reflection. In data collection using observation, interview teachers and students, pre-test and post-test, and documentation. While for checking the validity of the findings of the authors using persistence observation and triangulation. Research sources that fifth grade students Wonoanti Terri MI Hasyim particularly on the subjects of Social Sciences.
The results showed that the method of TGT in social studies class V MI Hasyim Wonoanti Terri can increase students' motivation. This can be seen from the comparison of the original start pre test average - average 68.33 and observations motivation average - average 1.7 in the first cycle of value - average students rose to 75.0 and the level of motivation of students who also rose to 2.6 and the second cycle of student scores rose again to 85.0 and motivation to learn the average - average 3.2. So that it can meet the standard of value that existed at Hasyim MI. Thus the TGT method can increase students' motivation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahyuni, Esa Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode TGT; Motivasi Belajar; TGT Method, Motivation to Learn | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Afib Rif'an Nashruddin | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:53 | ||||||
Last Modified: | 05 Jan 2018 14:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7244 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |