Sari, Saida Ratna (2013) Pengembangan bahan ajar berbasis macromedia flash pada materi bangun ruang untuk siswa kelas V SDN Krebet 01 Bululawang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140091.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pada observasi awal diperoleh data bahwa pada saat pembelajaran, guru masih menggunakan metode yang konvensional yaitu strategi ekspositori dengan metode ceramah, pemberian tugas tanpa diimbangi dengan penggunaan media. Selain itu,dari data hasil belajar matematika menunjukkan bahwa siswa belum memahami pelajaran yang berkenaan dengan materi bangun ruang. Kemampuan siswa yang tidak paham dengan soal latihan bangun ruang membuat siswa bingung. Selain materi yang rumit, metode yang digunakan oleh guru juga turut andil dalam realitas tersebut. Hal ini mengakibatkan 17 dari 26 siswa atau 65% siswa tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian dan pengembangan ini antara lain; 1) Untuk mengetahui desain macromedia flash sebagai media pembelajaran pada materi bangun ruang 2) Untuk mengetahui produk macromedia flash yang dihasilkan dilihat dari fungsinya sebagai media pembelajaran matematika pada materi bangun ruang 3) Untuk mengetahui adanya perbedaan dalam menggunakan macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V materi bangun ruang di SDN Krebet 01.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Krebet 01 Kecamatan Bululawang Kota Malang. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 5 A sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas 5 B sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Sedangkan model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model prosedural yang dikenalkan oleh Sugiyono. Terdapat sepuluh tahapan pelaksanaan, antara lain; 1) Potensi dan masalah, 2) Mengumpulkan informasi, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Perbaikan desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi produk, 8) Uji pemakaian, 9) Revisi produk, 10) Pembuatan produk.
Untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan, peneliti mengujinya dengan melakukan penilaian. Penilaian tersebut terdiri dari validasi ahli isi dengan hasil persentase sebesar 84%, validasi ahli desain dengan hasil persentase 84%, penilaian guru mata pelajaran Matematika dengan hasil persentase 88,3 %, penilaian guru mata pelajaran komputer dengan hasil 86% dan angket siswa dengan hasil persentase rata-rata sejumlah 85,57 %. Dari keempat penilaian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa media macromedia flash berkualitas dan layak digunakan sebagai media pembelajaran tanpa revisi.
ENGLISH:
The first observation the teacher it self still applied conventional learning strategies; they are expository strategy, lecturing strategy, and assignation. None of learning media is used. In addition, the results of the data shows that students learn mathematics not understand the lessons regarding the matter up space. Ability students who are not familiar with geometrical exercises make students confused. But the matter is complicated, the methods used by teachers also took part in the reality. It is proved by students’ mark in formative test, that is 17 of 26 students or about 65 % has not attain the minimum attainability criteria (KKM) which already determined that is 70.
The objectives of this research and development are: 1) to recognize design of the macromedia flash as mathematics learning media, 2) to recognize quality of the macromedia flash as mathematics learning media, 3) to recognize effectiveness of the macromedia flash in boosting the 3rd graders’ learning achievement in SDN Krebet 01.
This research is conducted in SDN Krebet 01, sub district of Bululawang, Malang. The subject of the study is the students of 5-A as the experimental class and the students of 5-B as the controlled class. The design of the study is research and development. The objective of the study is to produce a learning media. Model which applied in this research is procedural model which declared by Sugiyono. There are ten stages to be implemented, they are: 1) potency and problem, 2) collecting information, 3) product design, 4) design validation, 5) design emendation, 6) product trial-run, 7) product revision, 8) usage test, 9) product revision, 10) production
In order to recognize the quality of the product, the researcher tested it by conducting assessment. The assessment consists of validation from the content expert; the result is 84%, validation from the design expert; the result is 84%, the assessment of mathematics teacher; the result is 88.3%, and the assessment of computer teacher the results of 86% and student’s questionnaires with results is 85.57 From those various assessments, it can be concluded that the macromedia flash which developed by the researcher is qualified and proper to be implemented as learning media without any revision.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asmaningtias, Yeni Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Macromedia Flash; Bangun Ruang | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Desi Latifah Hamzah | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2017 10:31 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2017 10:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7241 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |