Pengembangan buku ajar sains berbasis website offline (HTML) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada materi sifat-sifat cahaya di SD Negeri Sukoharjo 1 Malang

Aryshanty, Prima (2013) Pengembangan buku ajar sains berbasis website offline (HTML) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada materi sifat-sifat cahaya di SD Negeri Sukoharjo 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09140096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Sains memiliki empat unsur utama, yaitu sikap, proses, produk dan aplikasi, sehingga proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara alamiah. Untuk mewujudkan pembelajaran tersebut maka dibutuhkan pengembangan bahan ajar berupa buku ajar dan media pembelajaran yang menjelaskan konsep melalui percobaan sehingga mampu meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada materi Sifat-Sifat Cahaya.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R & D), dengan model Dick and Carey yang memiliki sepuluh langkah dalam prosedur pengembangannya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukoharjo 1 Kota Malang dengan mengambil kelas V yang berjumlah 21 siswa. Hasil wawancara dengan guru bidang studi sains, didapatkan bahwa dalam pembelajaran sains masih terdapat banyak permasalahan, khususnya pada materi Sifat-sifat Cahaya. Diantaranya: 1) Buku ajar yang digunakan adalah buku BSE; 2) Kurangnya media yang mendukung pada pembelajaran sains materi Sifat-sifat Cahaya; 3) Siswa tidak pernah melakukan percobaan; 4) Banyaknya materi yang disampaikan sehingga tidak ada jam untuk melaksanakan kegiatan percobaan.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa buku ajar sains berbasis website offline mendapat penilaian kualifikasi yang baik, karena berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai dari guru mata pelajaran sebesar 94% yang berarti buku ajar sains berbasis website offline sangat valid dan tidak revisi, dari uji coba lapangan buku ajar sains berbasis website offline diperoleh nilai 89% yang berarti mendapat kualifikasi sangat valid dari semua subyek validasi uji coba lapangan. Dari ahli isi mendapat nilai 88% dan berada pada kualifikasi sangat valid sehingga tidak revisi, dari ahli desain media mendapat nilai 83% dan berada pada kualifikasi valid, sehingga buku tidak revisi, sedangkan dari ahli bahasa mendapat nilai 100% dan berada pada kualifikasi sangat valid, sehingga buku tidak revisi. Dengan perhitungan menggunakan uji t dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil thitung2 ≥ t2 tabel yaitu 6,438768 ≥ 1,725 artinya Ho ditolak dan Ha diterima.

Jadi, buku ajar berbasis website offline terbukti secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Sukoharjo 1 Malang. Dengan melihat rerata diketahui X2 lebih dari X1 (90,24 > 72,85) juga menunjukkan bahwa post tes lebih tinggi dari pada pre test. Kesimpulannya terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar sains siswa kelas V sesudah menggunakan buku ajar sains berbasis website offline dengan prestasi belajar sains sebelum menggunakan buku ajar sains berbasis website offline di SDN Sukoharjo 1 Malang.

ENGLISH:

Science has four main elements, namely attitude, process, product, and application, so that the learning process emphasizes on providing direct experience to develop competence in order to explore and naturally understand the universe around them. Hence, it needs the improvement of learning materials, such as textbooks and instructional media, that explain concepts through experiment in order to improve students’ achievement especially in the subject of Light Properties.

This research uses Research and Development (R & D) method, Dick and Carey’s model, that has ten steps in the development procedure. The research was conducted in SDN Sukoharjo 1 Malang, by taking 21 students grade five. The result of with Science teacher is that the researcher found many learning problems, especially on the subject Properties of Light. Those are: 1) the textbook used is the BSE; 2) the lack of media that supports science learning on subject Properties of Light; 3) Students have never done the experiment; 4) the learnt theoryes are too much so there is not specific time for experiment.

Based on the results, the science offline-website-based textbook got good qualifications, because based on the validation results, the researcher obtained 94% from the responsible teacher which means the the science offline-website-based textbook is very feasible and practical guide and no revision is needed, from field trials the science offline-website-based textbook obtained 89% which means getting a decent qualification of all field-research validation subject. From content expert’s point of view, the textbook scored 88% and was in decent qualifications so no revision is needed, media design expert scored 83% and is at a decent qualification, so the book does not need to be revised, while the language experts scored 100% and is in excellent qualification, so the book does not need to be revised.

With calculations using the t test with significance level of 0.05, the researcher obtained tcount2 ≥ t2table that is 6,438768 ≥ 1,725. It means that Ho is rejected and Ha is accepted. Thus, the science offline-website-based textbook can significantly improve students grade five’s achievement in SDN Sukoharjo 1 Malang. By looking at the mean, it is known that X2 is greater than X1 (90.24> 72.85) also showed that post test is better than the pre-test. In conclusion, there is a significant difference in learning achievement after the use of the science offline-website-based textbook with the treatment before applying the science offline-website-based textbook in SDN Sukoharjo 1 Malang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wibowo, Agus Mukti
Keywords: Buku Ajar; Website Offline; Prestasi Belajar; Textbooks Academic; Offline Website; Achievement
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afib Rif'an Nashruddin
Date Deposited: 28 Jul 2017 01:56
Last Modified: 28 Jul 2017 01:56
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7240

Actions (login required)

View Item View Item