Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Ummat Trenggalek

Furi, Eva Ratna (2013) Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Ummat Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
09140119.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA:

Perkembangan zaman yang terus berubah sekolah dihadapkan pada sejumlah persoalan salah satunya fenomena tentang kondisi moral/akhlak generasi muda yang rusak, situasi sosial, kultural masyarakat kita akhir-akhir ini memang semakin mengkhawatirkan. Ada berbagai macam peristiwa dalam pendidikan yang semakin merendahkan harkat dan derajat manusia. Hancurnya nilai-nilai moral, merebaknya ketidakadilan, tipisnya rasa solidaritas telah terjadi dalam lembaga pendidikan kita. Oleh sebab itu dalam suatu sekolah dibutuhkan budaya yang dapat membentuk karakter siswa yang baik.

Penelitian ini dilakukan di SDIT Permata Ummat Trenggalek bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Sedangkan rumusan masalahnya yaitu: (1) Bagaimana implementasi budaya pendidikan karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Ummat Trenggalek? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi budaya pendidikan karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Ummat Trenggalek?

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan (verifikasi), pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan teknik triangulasi dan teknik member check. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru PAI dan siswa.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan karakter di SDIT Permata Ummat Trenggalek telah terlaksana, hal ini dapat dilihat dari nilai-nilai karakter yang melekat pada siswa seperti religius, peduli sosial, tanggung jawab dll (2) faktor pendukung implementasi pendidikan karakter adalah budaya-budaya islami yang dijadikan kebiasaan di sekolah melekat pada setiap siswa SDIT Permata Ummat Trenggalek membentuk siswa menjadi berakhlak mulia, religius serta bertanggung jawab dan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah yaitu latar belakang yang berbeda-beda sehingga jika pendidikan karakter yang dibiasakan di sekolah tidak diterapkan di rumah maka akan kurang maksimal untuk mencapai karakter- karakter islami yang telah dibiasakan di sekolah tersebut, para orang tua terlalu mempercayakan ke pihak sekolah sehingga kurang adanya tindak lanjut pembiasaan yang telah dilaksanakan di sekolah

ENGLISH:

Since the period expansion students’ moral, attitudes, social situation, and social culture begin to decrease. This situation cause apprehension in society because it can damage social moral values, spread injustice, and reduces solidarity among society. Therefore, the need of headmasters’ role in implementing the character education through school culture is very important.

This research is done at SDIT Permata Umat Trenggalek and has the purpose to comprehend headmaster’s efforts to gain character building education. There are two research questions in this research, (1) How does the implementation of character education at SDIT Permata Umat Trenggalek? (2) What are the factors influencing the implementation o character education at SDIT Permata Umat Trenggalek?

Moreover, this research uses descriptive research design and the data collection is interview, observation, and documentation. Furthermore, in data analysis the researcher used some process of analysis, such as data reduction, data analysis, verification, validation, and triangulation by using several sources, theories, methods, carefulness observation, and member check technique. In addition, the informants of this research are headmaster of SDIT Permata Umat, the vice of headmaster in curriculum area, religion teacher, and student.

Finally, the result of this research shows that (1) The implementation of character education at SDIT Permata Umat Trenggalek is well done and it can be seen from the character values at student’s self. (2) Islamic culture is the factor supporting the implementation of character education at SDIT Permata Umat Trenggalek. This culture also applying at home which can figure the students to have good characters and be religious and responsible person. In the other hand, the different student’s background is the factor that can impede the character education implementation. This happens because of the applying of character education only at the school without any support from the students’ environment at home. Besides, student’s parents ignore the implementation of character education at home and only trust to the teacher at school in applying those characters. Therefore, the implementation of character education is not optimal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Walid, Muhammad
Keywords: Implementa; Pendidikan Karakter; Budaya sekolah; Implementation; Character Education; School Culture
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Widiyanah
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:10
Last Modified: 25 Jul 2017 04:10
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7239

Actions (login required)

View Item View Item