Kumalasari, Evi Eka (2013) Penggunaan media visual untuk peningkatan kemampuan mengarang cerita pendek pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Jatimulyo 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09140072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (28MB) |
Abstract
INDONESIA:
Konsep-konsep mengarang merupakan rekaman dari sebuah keadaan, peristiwa atau hal yang baru terjadi, kemudian mengembangkan karyannya yang bersifat umum mencakup luar daerah, fenomena kejadian alam bahkan masalah yang global. Manfaat tersebut untuk menguasai dalam mengarang dengan baik. Media Visual adalah alat peraga untuk menangkap dan memproses jalannya pembelajaran. Mengarang merupakan kesanggupan seseorang untuk melakukan kegiatan menulis yang sangat bermanfaat. Namun banyak siswa mengalami kesulitan saat ingin melakukannya. Hal itu terjadi karena siswa belum tidak menguasai dalam kemampuan mengarang. Cerita Pendek salah satu karya fiksi berbentuk proses yang selesai dibaca. Penekanan utama dalam pengajaran media visual adalah pada nilai kongret dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah penggunakan media visual dapat mengalami peningkatan kemampuan mengarang cerita pendek pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Jatimulyo 3 Malang. Tahap- tahap dalam penggunaan media visual adalah mengorganisasikan dalam kelompok kerja, merencanakan tugas kegiatan kelompok, melaksanakan pembelajaran, mempersiapkan laporan akhir dan evaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Penelitian yang peneliti lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yakni suatu penelitian yang mengkaji proses pembelajaran dikaitkan dengan pengoptimalan penggunaan metode, media, strategi pembelajaran, dalam kegiatan perbaikan pembelajaran tersebut diharapkan dapat mengalami peningkatkan proses dan hasil pembelajaran siswa. Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Untuk pengecekan keabsahan temuan peneliti menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Sumber penelitiannya yaitu siswa kelas III.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan Media Visual membantu siswa kelas III untuk peningkatan kemampuan mengarang cerita pendek pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat secara kualitatif adalah perbandingan dari pra tindakan 57.14%, siklus I 76.21% dan siklus II 81,85%. Dengan demikian, bahwa penggunaan media visual dapat mengalami peningkatan kemampuan mengarang cerita pendek.
ENGLISH:
The concepts make up a record of an event or circumstance, new things happen, then develop a common karyannya include the outside areas, the phenomenon of natural events even a global problem. The benefits to master in writing. Visual Media are props to capture and process the course of learning. Fabricate a capable person to perform the writing is very rewarding. But many students having trouble wanting to do it. It happened because students have not mastered the ability to fabricate. The short story is a work of fiction one process being completed. The main emphasis in teaching visual media is on the value of kongret in everyday life.
The purpose of this research is to know whether the use of visual media can have an increased ability to write short stories on subjects of Indonesian Language grade III SDN Jatimulyo 3 Malang. The stages in the use of visual media are organised in working groups, plan task group activities, carry out studies, preparing a final report and evaluation of the learning activities that have been implemented.
The researchers do research using qualitative approach with this type of research is research action class (PTK), a study that examines the learning process is associated with the use of optimization methods, media, learning strategies, learning improvement in activity is expected to experience increased process and learning outcomes of students. Order research activities include: (1) planning, (2) implementation, (3) and (4) observation of reflection. In the collection of data using observation, interviews, tests and documentation. For the checking of the validity of the findings of researchers using persistence observation, triangulation and friends through peer review discussions. His sources are grade III.
The results showed that the use of Visual Media helps students to upgrading class III wrote a short story on the Indonesian Language subjects. It can be seen qualitatively is a comparison of the pre action 57.14%, 76.21% cycle I and cycle II 81,85%. With showever, that the use of visual media can have an increased ability to write short stories.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Visual; Mengarang Cerita Pendek; Bahasa Indonesia; Visual Media; Wrote The Short Story; The Indonesian Language | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 16:28 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 16:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7235 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |