Mahmuda, Ayu Kurnia (2013) Pengembangan bahan ajar membaca cerita anak berbasis cerita rakyat Jawa Timur untuk siswa kelas V MI Nurul Huda Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140094.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Membaca cerita anak merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa kelas V MI. cerpen anak-anak sebagai bentuk karya sastra di dalamnya akan membuat nilai-nilai luhur yang berguna bagi pengalaman hidup anak-anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar membaca cerita anak berbasis cerita rakyat Jawa Timur yang sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2013 di MI Nurul Huda Malang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan teknis analisis deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa skor angket berkaitan dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan, selain itu juga data tidak terstuktur yang berupa masukan atau komentar validator. Data yang diperoleh dari angket dianalisis dengan menggunakan teknik kuantitatif sedrhana dengan menghitung persentase masing-masing pertanyaan yang diberikan kepada responden. Sedangkan data kalitatif yang berupa data tidak terstruktur hasil saran dan masukan dari validator digunakan setelah diseleksi sesuai dengan kebutuhan.
Dari kegiatan validasi bahan ajar oleh ahli materi, ahli media, guru bidang studi bahasa indonesia sebagai ahli pembelajaran diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar membaca cerita anak berbasis cerita rakyat Jawa Timur termasuk kategori valid dan layak untuk digunakan. Adapun persentasenya sebagai berikut. Menurut ahli materi bahan ajar memiliki persentase tingkat kevalidan 88,5 % dengan kategori Valid, menurut ahli media bahan ajar memiliki persentase tingkat kevalidan 80% dengan kategori Valid, menurut ahli pembelajaran yakni guru bidang studi bahasa indonesia bahan ajar memiliki persentase tingkat kevalidan 83,7 % dengan kategori valid.
Berdasarkan hasil penelitian menurut siswa kelas V MI Nurul Huda sebagai pengguna, bahan ajar ini sangat memudahkan siswa dalam memahami tentang unsur-unsur cerita anak hal ini dapat dilihat dari hasil pengisian angket tentang respon siswa kelas V terhadap bahan ajar hasil pengembangan yang memiliki persentase kevalidan 91,5 %.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, bahan ajar ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi siswa dan guru. Dengan menggunakan bahan ajar yang berfungsi sebagai alternatif bahan pembelajaran bahasa indonesia, diharapkan pembelajaran sastra lebih bermakna dan menarik bagi siswa.
ENGLISH:
Reading child story is one of the language skill that must mastered by student grades V MI. Children short story as form of art masterpiece that can make good value that have many benefit for life experience of student. The target of this research to provide teaching material of reading child story based on Jawa Timur folklore that according to student requirement so can give learn experience that fun for student.
This research is hold on May 2013 in MI Nurul Huda Malang. This research including of research and development with description analiysis. The data ini this research ia enquette score connected with criterions that is determined, and then data that do not structure from input and coment validators. The data is obtained from enquette is analysed use modesty qualitative technics with counting percentage of each question that is given to responder. While qualitative data from data that do not structured from input and coment validators used after is selecter according to requirement.
From validation teaching material activity by master of content, master of media, and teacher of Indonesian language as a master of learning is obtained a conclution that teaching material of reading child story based on Jawa Timur folklore including on a valid category and competent to use. As for that percentage like this. According to master of content teaching material have percentage valid level 88,5% with valid category, according to master of media teaching material have percentage valid level 80% with valid category, according to master of learning is Indonesian language teacher, teaching material have percentage valid level 83,7 % with valid category.
Based on result of research according to student grades V MI Nurul Huda as a user, this teaching material very helped student to understand about elements of child story. This matter can we see from result of filling enquette about respon student grades V to teaching material as the result of development that have percentage valid level 91,5 %.
Based on result of research and development, this teaching material is expected can give benefit for student and teacher. With use teaching material that have function as a material alternative in Indonesian language learning, is expected art learning more meaningful and drawful to students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar; Membaca Cerita Anak; Berbasis Cerita Rakyat Jawa Timur; Development Teaching Material; Reading of Child Story; Based on Jawa Timur Folklor | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Afib Rif'an Nashruddin | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:54 | ||||||
Last Modified: | 13 Jul 2023 11:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7233 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |