Retnowati, Mey Risa (2013) Pengembangan bahan ajar untuk meningkatkan pemahaman konsep fotosintesis pada siswa kelas V MIN Seduri di Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09140125.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (21MB) |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran IPA pada materi fotosintesis berdasarkan observasi mengalami beberapa kesalahan konsep, karena proses fotosintesis tergolong materi yang bersifat abtrak dan sulit untuk dibuktikan secara kasat mata. Kesalahan konsep yang terjadi diantaranya (1) siswa menyatakan tumbuhan berfotosintesis pada pagi hari, (2) klorofil berfungsi untuk menghasilkan zat hijau daun, (3) tumbuhan hanya menghasilkan oksigen dan tidak membutuhkan oksigen untuk bernafas. Hal tersebut membuktikan bahwa siswa mengalami kesalahan konsep tentang pemahaman materi fotosintesis .Upaya mengatasi hal tersebut diperlukan bahan ajar yang dapat memberikan pemahaman konsep.
Tujuan dari penelitian ini menghasilkan bahan ajar untuk meningkatkan pemhaman konsep fotosintesis, mengetahui kemenarikan bahan ajar yang dikembangkan, dan mengetahui adanya perbedaaan pemahaman konsep fotosintesis pada siswa kelas V MIN Seduri.
Penelitian ini menggun akan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R & D), dengan mengadaptasi dari model Dick and Carey yang memiliki sepuluh langkah dalam prosedur pengembangannya. Penelitian dilaksanakan di MIN Seduri Mojokerto dengan subyek penelitian siswa kelas V.
Berdasarkan hasil validasidari ahli isi bahan ajar menunjukkan persentase mencapai 78,6% yang berada pada kriteria layak, ahli desain mencapai persentase 84% yang berada pada kriteria layak, validasi guru mencapai persentase 85% yang berada pada kriteria sangat layak. Kualifikasi kemenarikan bahan ajar diberikan oleh siswa dengan analisis keseluruhan mencapai 80%. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar cukup menarik digunakan oleh siswa.
Untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman siswa dengan bahan ajar, peneliti melakukan pretest dan posttest pada siswa kelas VA dan B MIN Seduri. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yakni, kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil nilai dari posttest kedua kelompok dihitung menggunakan rumus uji T berpasangan. Berdasarkan analisis dengan menggunakan uji T menghasilkan thitung 8,71 dan ttabel2,05 yang artinya thitung lebih besar dari ttabel8,71 > 2,05, sehingga ha diterima dan ho ditolak. Hasilnya membuktikan bahwa ada perbedaan signifikan pemahaman materi fotosintesis pada siswa kelas V kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar materi fotosintesis yang telah dibuat mampu meningkatkan pemahamanan konsep siswa.
ENGLISH:
Development research is motivated by the fact that the science lesson on photosynthesis materials based on observation experience some misconception, because the photosynthesis process classified material is abtrak and difficult to prove by naked eyes. Misconceptions that occur include (1) students stated plant photosynthesis in the morning, (2) functions to produce chlorophyll green substance, (3) plants only produce oxygen and does not require oxygen to breathe. It is proved that the students have misconceptions about the understanding of the material photosynthesis. Efforts to overcome the necessary teaching materials that can provide understanding of the concept.
The purpose of this study produced teaching materials to improve the understanding of the concept of photosynthesis, knowing the attractiveness of teaching materials developed, and knowing the differences in understanding of the concept of photosynthesis in class V MIN Seduri.
This research uses research development Research and Development (R & D), by adapting the model of Dick and Carey who has ten steps in the procedure development. Research conducted at MIN Seduri Mojokerto with research subjects graders V.
Based on the results of the validation of the contents of the teaching materials expert hows the percentage reaches 78.6% on the criteria that are feasible, expert design reaches 84%, which is the percentage of the feasible criteria, validation percentage reaches 85% of teachers who are at very decent criteria. Qualifying the attractiveness of teaching materials provided by the student with the overall analysis reached 80%. This shows that quite interesting teaching materials used by students.
To find an increase students' understanding of the teaching materials, researchers conducted a pretest and posttest in class VA and B MIN Seduri. This study is divided into two groups, control and experimental groups. Posttest results of the two groups of values calculated using paired T test formula. Based on analysis using T test result of ttable 2.05 and thitung 8.71 which means thitung than ttable 8.71> 2.05, so ha accepted and ho rejected. The results prove that there is a
significant difference in students' understanding of the material photosynthesis fifth grade control group and the experimental group. This suggests that photosynthetic material instructional materials that have been made to improve the students' understanding of concept.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wibowo, Agus Mukti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | PA; Pemahaman Konsep Fotosintesis; Bahan Ajar; Science; Photosynthesis Concept Understanding; Teaching Material | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Sri Widiyanah | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2017 11:10 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2017 11:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7230 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |