Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits kelas III di MI Yaspuri Malang

Haq, Muhammad Faishal (2013) Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits kelas III di MI Yaspuri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09140089.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Banyak sekali upaya guru yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini sangat berpengaruh terhadap pribadi siswa dan motivasi yang diterima siswa dari seorang guru yang inspiratif. Sehingga peran aktif guru dapat menentukan hasil belajar siswa, agar semangat siswa untuk mempelajari materi menjadi lebih bersemangat. Sering kali kita mendengar keluhan dari para siswa yang akan mempelajari pelajaran Al-Qur‟an dan Hadits merasa bosan dan menjenuhkan. Dengan melakukan penelitian di MI YASPURI Malang, peneliti berupaya untuk merumuskan beberapa rumusan masalah, yakni 1 Bagaimana upaya guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al- Qur‟an Hadits kelas III; 2) Bagaimana proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar materi Al-Qur‟an Hadits kelas III; 3) Bagaimana proses evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur‟an Hadits kelas III.

Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode dokumentasi, interview, dan observasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan, serta triangulasi data, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara utuh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di sekolah, disini penulis sertakan gambar dan lampiran sebagai pelengkap data.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti menyimpulkan sebagai berikut 1) Upaya guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah guru selalu meningatkan dan mengajak kepada siswa agar mencintai dan mengamalkan Al-Qur‟an dalam kehidupan sehari-hari, serta menggunakan beberapa permainan yang sederhana, yakni permainan tebak gambar, mencocokkan potongan ayat, dan permainan dari metode talking stick, madrasah juga mempunyai program metode Iqra’ untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Al-Qur‟an Hadits. Selain belajar Al-Qur‟an dari sekolah siswa juga belajar Al-Qur‟an di TPQ di rumah masing-masing siswa; 2) Dalam kegiatan pembelajaran guru menggunakan berbagai metode, yakni metode talking stick, metode drill, dan metode diskusi, dengan tujuan agar siswa menyukai materi yang disampaikan guru; 3) Sedangkan bentuk evaluasinya terdiri dari evaluasi harian, ulangan setelah materi selesai, dan ulangan akhir semester (UAS).

ENGLISH:

There are so many teachers who made efforts to improve student learning outcomes. It is very influential on students' personal and motivation of the students received from inspiring teacher. So that the active role of the teacher to determine student learning outcomes, that the spirit of the students to learn the material become more excited. Often we hear complaints from students who will learn the lessons of the Qur'an and Hadith are bored and saturate. By doing research at MI YASPURI Malang, researchers trying to formulate some formulation of the problem, there are 1) What is the process of learning the material Al-Qur'an Hadith; 2) How does the evaluation process of learning the subjects Qur'an Hadith; 3) How the efforts of teachers to improve students' motivation in the subject of Al-Qur'an Hadith.

The type of research is qualitative. Instruments of this study using observation, interview and documentation, checking the validity of the data by using triangulation in order to obtain accurate results.

The results of this study, researchers found three substantive findings. 1) To increase students' motivation, teachers use some simple games, there are match the picture, match the capture of Al-Qur‟an, and the game from talking stick; 2) Teacher in the learning activities using a variety of methods, there are talking stick, drill, and discussion, with the aim that students liked the material presented teacher; 3) Evaluation form consists of daily exams, final exam from materials, and final examination.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ulum, Muhammad Samsul
Keywords: Peran; Guru; Motivasi; Al-Qur’an Hadits; Role; Teacher; Motivation; Al-Qur’an Hadith
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Desi Latifah Hamzah
Date Deposited: 25 Jul 2017 03:31
Last Modified: 25 Jul 2017 03:31
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7229

Actions (login required)

View Item View Item