Implementasi kegiatan shalat dhuha siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gedog di Kota Blitar

Ferdianto, Eri (2013) Implementasi kegiatan shalat dhuha siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gedog di Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
081400028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Sholat dhuha adalah shalat sunnah yang dikerjakan ketika matahari baru naik. Jumlah rakaatnya minimal 2 maksimal 12. Sebagai realisasinya di MIN Gedog Kota Blitar terdapat kegiatan sholat dhuha sebelum jam pelajaran dimulai, sehingga memiliki karakter yang berbeda dari madrasah yang lain. Berangkatdari latar belakang seperti itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dengan mengambil judul “implementasi kegiatan sholat dhuha siswa kelas V MIN Gedog Kota Blitar.”

Yang menjadi persoalaannya adalah apakah lembaga pendidikan telah mengimplementasikan kegiatan sholat dhuha secara maksimal? Dan yang menjadi fokus dalam penelitian adalah:(1) Bagaimana Implementasi kegiatan Sholat Dhuha Siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gedog di Kota Blitar?; (2) Apa faktor pendukung dan penghambat Implementasi kegiatan Sholat Dhuha Siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gedogdi Kota Blitar?

Maka dari itu jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode dokumentasi, observasi, interview. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan mengintrepetasi data-data yang telah didapat, sehingga akan menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan yang terjadi di lapangan.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kegiatan shalat dhuha terimplementasikan dalam proses pembelajaran bagi siswa MIN Gedog,didalam pelaksanaan sholat dhuha dilaksanakan pada saat pembelajaran belum di mulai yakni pukul 06.30 WIB.Dimana semua guru di MIN Gedog berkumpul untuk mengatur dan mengumpulkan seluruh siswa untuk melaksanakan kegiatan sholat dhuha. Disamping itu kegiatan shalat dhuha yang di bimbing langsung oleh guru pembimbing shalat dhuha dalam pelaksanaannya secara berjamaah di masjid Namun, Implementasi kegiatan ibadah sholat dhuha masih perlu ditingkatkan dan disempurnakan. (2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat Implementasi kegiatan ibadah sholat dhuha siswa kelas V MIN Gedog di Kota Blitar; faktor pendukungnya, yaitu adanya pengadaan buku-buku tentang kegiatan shalat dhuha, adanya guru pembimbing shalat dhuhadan adanya sarana masjid untuk melakukan kegiatan sholat dhuha; faktor penghambatnya, yaitu minimnya pendanaan. Pendanaan yang minim ini dapat mempengaruhi ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran, khususnya pembelajaran kegiatan sholat dhuha,kurangnya kemauan siswa untuk melaksanakan kegiatan sholat dhuha, banyak siswa terlambat karena di musim penghujan, serta kurangnya dukungan dari orang tua.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tambahan pengetahuan dan masukan bagi pengelola lembaga pendidikan yang beorientasi terhadap kegiatan sholat dhuha.

ENGLISH:

Duha prayer is a sunnah prayer is done when the new sun rise. Number rakaatnya minimum 2 maximum 12. As the realization in the MIN Gedog Blitar there Duha prayer activities before starting school hours, so it has a different character from the other madrasas. Departing from such a background that the author then want to discuss in this paper by taking the title of "implementation of Duha prayer grade V MIN Gedog Blitar."

The persoalaannya is whether the institution has implemented activities to the fullest Duha prayer? And that became the focus of the study were: (1) how implementation activities Duha prayer Islamic Elementary School fifth grade students Gedog City State Blitar?, (2) What are the factors supporting and inhibiting the implementation of activities Prayer Duha Islamic Elementary School fifth grade students Gedogdi Blitar State?

Thus the types of research that are used by authors is a kind of qualitative research. In the course of collecting data, the researchers used a method of documentation, observation, interview. Being right for the analysis, the researchers used a qualitative descriptive analysis technique, which is described and mengintrepetasi data has been obtained, so that it will represent reality according to what happens on the field.

From the results of this study indicate that: (1)terimplementasikan Duha prayer activities in the learning process for students MIN Gedog, in the implementation of Duha prayer done at the time of the study has not been started at 6:30 pm. Where all the teachers at MIN Gedog gathered to organize and gather all the students to carry out activities Duha prayer. Besides the Duha prayer activities guided directly by the tutor in the implementation Duha prayer in congregation in the mosque, however, implementation of Duha prayer worship activities still need to be improved and perfected. (2) factors that support and hinder the implementation of activities of daily prayers Duha fifth grade students in the City MIN Gedog Blitar supporting factors, namely the provision of books about the activities of Duha prayer, the guidance counselor and the Duha prayer mosque means to conduct Duha prayer; inhibiting factors, the lack of funding. This lack of funding could affect the availability of facilities and infrastructure for learning, especially learning activities Duha prayer, the lack of willingness of students to carry out activities of Duha prayer, many students are late because in the rainy season, and the lack of support from parents.

The results of this research can be used as additional knowledge and input to management- oriented educational institutions for Duha prayer activities.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sulalah, Sulalah
Keywords: Implementasi; Sholat Dhuha; Implementation; Duha Prayer
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:19
Last Modified: 24 Jul 2017 09:19
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7228

Actions (login required)

View Item View Item