Wulandari, Febriana (2013) Pengembangan instrumen tes soal pilihan ganda untuk mengidentifikasi kesalahan konsep siswa kelas V materi pesawat sederhana di MI Perwanida Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09140144.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
INDONESIA:
Kesalahan konsep adalah suatu keadaan dimana konsepsi siswa benar- benar bertentangan dengan konsepsi yang dimiliki para ilmuan atau ahli ilmu pengetahuan alam. Kesalahan konsep dapat mengganggu pemikiran siswa baik ketika siswa mengerjakan soal maupun ketika siswa menerima materi berikutnya. Materi Pesawat sederhana merupakan salah satu materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dimana siswa mengalami kesalahan konsep. Selama ini usaha untuk mengidentifikasi kesalahan konsep IPA jarang dilakukan oleh para guru SD dan MI di Indonesia. Atas dasar tersebut, maka dikembangkan instrumen penilaian soal pilihan ganda sebagai alat identifikasi kesalahan konsep pada materi Pesawat Sederhana. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan produk serta mengetahui karakteristik produk yang dihasilkan.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Langkah-langkah penelitian yang akan dilaksanakan meliputi: studi pendahuluan, perancangan instrumen, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, dan revisi produk akhir pengembangan. Penelitian ini menggunakan teknik perhitungan rata- rata untuk validasi isi, analisis dengan program Analisis Tes (Anates), dan analisis kesalahan konsep secara manual. Validasi isi dilaksanakan oleh dosen dan guru sebagai ahli materi dan penilaian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket soal uraian, dan soal pilihan ganda. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator berdasarkan skala likert dan data kualitatif berupa tanggapan dan saran oleh validator.
Produk akhir penelitian ini adalah instrumen penilaian soal pilihan ganda. Soal pilihan ganda adalah alat identifikasi kesalahan konsep yang dikembangkan berdasarkan soal uraian yang telah diujikan sebelumnya dan berdasarkan deskripsi jawaban soal uraian. Pilihan ganda memiliki empat alernatif jawaban yang masing-masing memiliki deskripsi yang dibuat menggambarkan pemikiran siswa ketika memilih sebuah jawaban. Berdasarkan hasil analisis, produk yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria layak, namun masih perlu ada revisi berdasarkan saran, kritik dan tanggapan validator. Produk yang dihasilkan mampu membedakan siswa yang mengalami kesalahan konsep dan tidak mengalami kesalahan konsep dan mampu mengelompokkan siswa berdasarkan bentuk kesalahan konsepnya dengan melihat kekonsistenan jawaban siswa, sehingga mudah untuk melakukan program remedial teaching.
ENGLISH:
Misconception is a condition in which the students’ conception totally contradicts with the conception of scientists or natural scientists. The misconception can interfere students’ thinking both the students answering the questions and receiving the next lesson materials. A simple machine material is one of Natural Sciences (IPA) materials in which students had misconceptions. All this time, the teacher of elementary school or Islamic elementary school rarely strive for indentifying the misconception of teaching natural sciences materials in Indonesia. Based on this case, the assessment instruments of multiple choice questions in simple machine materials are developed. This research also aimed to describe the feasibility of the result and know the characteristics of the results.
This research uses a research design development. Research measures that will be implemented included: a preliminary study, the design of the instrument, initial product development, limited testing, and revision of the final product development. This research uses the average calculation technique for content validation, analysis with test analysis program (Anates), and manual fault analysis concept. The content of validation is conducted by lecturers and teachers as master of teaching materials and assessment. The data was collected using a questionnaire, description questions, and multiple choice questions. The type of research data includes quantitative data in the form of validation assessment based on a likert scale and qualitative data in the form of comments and suggestions by the validator.
The final result of this research is multiple choice assessment instruments. Multiple choice questions is a tool for indentifying the misconception that was developed based on description question which is has been tested earlier and based on the answers of description question. Multiple choices have four alternative questions which each questions have a description that made describing the students thinking when choosing an answer. Based on this analysis, the result product already eligible decent, but still need to be revised based on suggestions, criticisms and validator responses. The result product is able to distinguish students who has misconceptions and the right conception and grouped the students based on the concept by looking at the mistakes in students’ answers consistency. So it is easy to conduct remedial teaching program.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Soal Pilihan Ganda; Kesalahan Konsep; Pesawat Sederhana; Multiple Choice Question; Misconception; Simple Machine | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 16:18 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 16:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7226 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |