Naja, Arina Ulin (2013) Problematika guru dalam pembelajaran membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar Negeri Bacem 03 Sutojayan Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140143.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Begitu pentingnya penekanan pembelajaran membaca sehingga dalam SNP (Standar Nasional Pendidikan), pasal 6 dikemukakan pentingnya penekanan kemampuan dan kegemaran membaca dan menulis pada sekolah dasar. Hal ini tentu terkait dengan kenyataan dewasa ini bahwa penyakit malas membaca telah menjangkiti hampir semua lapisan masyarakat Indonesia. Padahal, pada kenyataannya pula sebagian besar ilmu pengetahuan dan informasi penting yang lain disampaikan lewat sarana tertulis. Hal ini juga membawa konsekuensi bahwa pembelajaran membaca harus mendapat perhatian yang intensif.
Dengan demikian, adalah tugas guru untuk meyakinkan bahwa proses pembelajaran membaca menjadi pengalaman menyenangkan bagi siswa.
Berdasarkan latar belakang tersebut timbul suatu masalah: 1) Apa saja problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Bacem 03 Sutojayan Blitar, 2) Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam menghadapi problematika pembelajaran membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Bacem 03 Sutojayan Blitar. Tujuannya adalah untuk mengetahui problematika guru dalam pembelajaran membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Bacem 03 Sutojayan Blitar, serta upaya yang dilakukan guru dalam menghadapi problematika pembelajaran membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Bacem 03 Sutojayan Blitar.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi, wawncara, dan dokumentasi. Data analisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah, Guru kelas III memiliki problematika dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pembelajaran membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas III. Adapun terkait dengan tugas guru profesional, guru memiliki upaya dalam menghadapi problematika pembelajaran membaca.
Problematika guru dalam pembelajaran membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yaitu dalam hal perencanaan pembelajaran, guru tidak membuat sendiri perencanaan pembelajaran melainkan mendapat dari KKG, dalam pelaksanaan pembelajaran guru masih kesulitan saat membuka pelajaran, menyampaikan materi, peran guru dalam interaksi belajar mengajar, dan saat menutup pelajaran. Problematika guru kelas III dalam evaluasi pembelajaran terkait dengan kurangnya pemahaman terhadap tiga aspek penilaian (kognitif, afektif, dan psikomotor)
Upaya yang dilakukan guru untuk menghadapi problematika dalam pembelajaran membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III yaitu dalam hal perencanaan pembelajaran menyadari arti pentingnya perencanaan dan
menyesuaikan perencanaan pembelajaran dengan karakteristik siswa, dalam hal pelaksanaan pembelajaran yaitu sosialisasi guru se gugus dalam menyelesaikan setiap permasalahan baik individu maupun permasalahan siswa untuk menciptakan pembelajaran yang menarik. Kebijakan sekolah terkait dengan evaluasi dalam pembelajaran membaca kelas III yaitu penilaian berupa portofolio anak tentang penilaian lisan, pengamatan selama pembelajaran berlangsung, kerja kelompok, dan tugas individu siswayang wajib diisi oleh guru.
ENGLISH:
So the importance of learning to read so that the emphasis in the SNP (National Education), article 6 set forth the importance of suppression ability and penchant for reading and writing at primary school. This is certainly related to the fact that this disease has infected almost reluctant to read all layers of society Indonesia. Whereas, in fact did the majority of science and other important information is conveyed through written means. It also brings consequences that learning to read must have intensive attention.
Thus, it is the duty of the teacher to make sure that the process of learning to read becomes a pleasant experience for students.
Based on the background of a problem has occurred: 1) what are the problems facing teachers in learning to read the Indonesian Language Subjects Class III SDN Bacem 03 Sutojayan Blitar, 2) What efforts are being made to deal with its problem of teacher learning, read the Indonesian Language Subjects Class III SDN Bacem 03 Sutojayan Blitar. The aim is to know the problems of teachers in learning to read the Indonesian Language Subjects Class III SDN Bacem 03 Sutojayan Blitar, as well as the efforts made to deal with its problem of teacher learning, read the Indonesian Language subjects class III SDN Bacem 03 Sutojayan Blitar.
This research included a qualitative descriptive study. The Data in this study were collected through observational methods, interview, and documentation. Data analysis using qualitative, descriptive techniques.
The results obtained in this study are, master class III have problems in planning, implementation and evaluation in learning to read the Indonesian Language Subjects Class III. As for the tasks related to the professional teachers, teachers have an effort in dealing with problems of learning to read.
Problems of teachers in learning to read the Indonesian Language Subjects, namely in terms of learning, teachers are not planning to make my own learning but gets planning of KKG, in the implementation of a learning teacher still difficulty while opening the lesson, delivering, the role of teachers in the teaching and learning interactions, and then close the lesson. Its master class III in the evaluation of the learning associated with the lack of understanding of the three aspects of the assessment (cognitive, affective, and psychomotor)
Efforts are being made to deal with its teachers in learning to read the Indonesian Language subjects class III, in terms of planning learning realized the meaning of the importance of planning and the planning of learning with the student characteristics, in terms of implementation of the learning teacher socialization se cluster in resolving any problems of both individuals as well as problem students to create an interesting learning. School policies related to evaluation in learning reading class III is an assessment of a child's portfolio of oral assessments, observations for learning to take place, group work, and individual work, and tasks required by the teacher.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqin, M. Zubad Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Problematika Guru; Pembelajaran Membaca; Problem of teacher; learning to read | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 16:18 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 16:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7224 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |