Muhammad, Zakaria (2013) Peran komite sekolah dalam melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SDN 1 Nglegok Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09140088.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan/sekolah. Melaksanakan KTSP yang secara optimal perlu suatu kerjasama antara kepala sekolah, guru, staf karyawan dan juga Komite Sekolah. Komite Sekolah merupakan suatu wadah/lembaga yang mengikutsertakan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan yang dapat menampung dan menyalurkan pikiran dan gagasan dalam mengupayakan kemajuan pendidikan.
Berdasarkan uraian tersebut, dapat dirumuskan suatu rumusan masalah Pertama Bagaimana Upaya Komite Sekolah dalam mendukung melaksanakan KTSP di SDN 1 Nglegok Kabupaten Blitar. Kedua Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat peran Komite Sekolah dalam melaksanakan KTSP di SDN 1 Nglegok Kabupaten Blitar.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan yang menjadi sumber data adalah kepala sekolah, ketua Komite Sekolah, Wakasek urusan kurikulum. Penulis dalam mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian, Upaya Komite Sekolah dalam melaksanakan KTSP di SDN 1 Nglegok Kab. Blitar diantaranya sebagai berikut: memberikan sosialisasi yang secara maksimal kepada masyarakat, pemilihan atau seleksi anggota Komite Sekolah yang berkompeten dengan masyarakat yang secara musyawarah, memberikan masukan dan pertimbangan dalam rencana pengembangan sekolah, menggali dana dari orang tua/wali murid tidak diambil secara rata, pengadaan sarana dan prasarana, menjalin kerjasama dan hubungan baik dengan pihak sekolah, wali murid dan masyarakat setempat. Faktor penghambat peran Komite Sekolah dalam melaksanakan KTSP di SDN 1 Nglegok Kab. Blitar antara lain yaitu strata ekonomi wali murid kebanyakan masih rendah, sosialisasi terhadap masyarakat terkadang belum efektif, dan beberapa Komite Sekolah yang kurang berkompeten. Sedangkan faktor pendukung peran Komite Sekolah dalam melaksanakan KTSP di SDN 1 Nglegok Kab. Blitar diantara lain yaitu letak sekolah yang strategis, sarana dan prasarana yang memadai, adanya pelaku pendidikan yang terampil, dan adanya kerjasama yang baik dari semua pihak, baik dari (intern) anggota Komite Sekolah maupun dari pihak sekolah, keluarga dan masyarakat.
ENGLISH:
Education Unit Level Curriculum (SBC) is the operational curriculum is developed and implemented by each educational unit/school. Optimally implement the SBC needs a partnership between the principal, teachers, staff and employees of the School Committee. School Committee is a forum/community agencies that engage in education at the level of the educational unit that can accommodate and channel the thoughts and ideas in pursuit of educational advancement.
Based on these descriptions, a formulation of the problem can be formulated First How efforts in support of implementing the School Committee at SDN 1 Nglegok SBC Blitar. How can both Supporting and Inhibiting Factors role in implementing the School Committee at SDN 1 Nglegok SBC Blitar.
This study uses descriptive qualitative research. While the source of the data is the principal, chairman of the School Committee, Wakasek affairs curriculum. The author in collecting data using observation, interview and documentation.
The results, efforts in implementing the School Committee SBC at SDN 1 Nglegok Kab. Blitar including the following : provide maximum outreach to the community, election or selection committee members competent in consultation with the community, provide input and consideration in the school development plan, explore funding from the parents/guardians of the students are not taken flat, procurement facilities and infrastructure, cooperation and good relationship with the school, parents and the local community. Limiting factor in carrying out the role of the School Committee at SDN 1 Nglegok SBC Kab. Blitar, among others, economic strata most parents still low, socialization to the community sometimes not effective, and some School Committee who are less competent. While the factors supporting the role of the School Committee in implementing the SBC at SDN 1 Nglegok Kab. Blitar among others which the schools are located, adequate infrastructure, the education of skilled actors, and the good cooperation of all parties, both of the (internal) members of the School Committee and the school, family and community.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Komite Sekolah; Melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP); School Committee; Implementing Education Unit Level Curriculum (SBC) | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Desi Latifah Hamzah | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2017 10:34 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2017 10:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7223 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |