Setiawati, Ika (2013) Implementasi metode learning together dalam meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Jamiyatut Tholibin Darungan Kademangan Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140142.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Metode Learning Together (Diskusi Kelompok) merupakan suatu cara penyajian bahan belajar di mana guru memberi kesempatan kepada siswa (kelompok-kelompok siswa) untuk mengadakan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan dan menyusun berbagai alternatif pemecahan atas suatu masalah. Dalam pelaksanannya metode ini membantu siswa memahami sebuah bacaan dengan cara berkelompok. Setiap anggota kelompok saling bertukar pikiran dengan teman yang lain, sehingga siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Tahap-tahap dalam pelaksanaan metode Learning Together adalah membentuk kelompok yang anggotanya 3-4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dan lain-lain), guru menyajikan pelajaran kepada setiap kelompok belajar, guru memberikan tugas pada kelompok untuk dikerjakan oleh tiap anggota kelompok anggotanya yang sudah mengerti dapat menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu benar-benar sudah memahaminya, memberikan kuis atau pertanyaan kepada seluruh siswa, guru memberikan evaluasi, kesimpulan hasil belajar secara bersama-sama.
Berdasarkan ulasan di atas, maka permasalah yang muncul yaitu (1) Bagaimana proses perencanaan pembelajaran dengan metode Learning Together dalam meningkatkan kemampuan membaca intensif pada siswa kelas IV Madarasah Ibtidaiyah Jamiyatut Tholibin Darungan Kademangan Blitar? (2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran dengan metode Learning Together dalam meningkatkan kemampuan membaca intensif pada siswa kelas IV Madarasah Ibtidaiyah Jamiyatut Tholibin Darungan Kademangan Blitar? (3) Bagaimana proses evaluasi pembelajaran dengan metode Learning Together dalam meningkatkan kemampuan membaca intensif pada siswa kelas IV Madarasah Ibtidaiyah Jamiyatut Tholibin Darungan Kademangan Blitar?
Untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut, penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan metode yang digunakan adalah metode learning together untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
Dari hasil penelitian yang telah peneliti laksanakan, secara menyeluruh dapat diketahui bahwa penerapan metode Learning Together sangat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca intensif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal itu dapat diketahui dari hasil akhir evaluasi yang menunjukkan peningkatan pada kompetensi membaca siswa serta hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan yaitu pada kegitan pra tindakan peningkatan sebesar 55% dengan rata-rata nilai 65,87, siklus I mengalami peningkatan sebesar 60% dengan rata-rata nilai 71,54, dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 83% dengan rata-rata nilai 81,41.
ENGLISH:
Learning Together method (Group Discussion) is a way of presenting learning materials in which the teacher provides an opportunity for students (student groups) to conduct scientific debate in order to collect opinions, make conclusions and the various alternative solutions to a problem. In practice this method helps students understand a reading by groups. Each member of the group exchanged ideas with someone else, so that students actively in learning activities. The stages in the implementation of the method is the Learning Together Forming a group whose members are heterogeneous 3-4 people (mixed according to achievement, gender, ethnicity, etc.), the teacher presents the lesson to each group to learn, teachers give task for group to be worked by each member of the group, members who already understand can explain to other members until all members of the group really comes to understanding, give quizzes or questions to the students, the teacher evaluation, the conclusion of the study together.
Based on the review, the problems that arise are: (1) How does the planning process of learning with Learning Together method in improving reading skills in grade IV Intensive Elementary School of Jamiyatut Tholibin Darungan Kademangan Blitar? (2) How does the process of implementation of learning with Learning Together method in improving reading skills in grade IV Intensive Elementary School of Jamiyatut Tholibin Darungan Kademangan Blitar? (3) How does the evaluation process of learning with the Learning Together method in improving reading skills in grade IV Intensive Elementary School of Jamiyatut Tholibin Darungan Kademangan Blitar?
To find solutions from these problems, the authors conducted the study using action research design (TOD). This classroom action research using qualitative approaches. With the method used is the method of learning together to improve students' reading skills intensive, especially on the subjects of Indonesian.
From the research that has been implemented, overall it can be seen that the application of Learning Together method greatly assist students in improving reading skills in the subject of intensive Indonesian. It can be seen from the results of the final evaluation showed improvement in students' reading competencies and learning outcomes of students who experienced an increase in the activity of the pre-action increased by 55% with an average value of 65.87, the first cycle increased by 60% with a mean average value of 71.54, and a second cycle increased by 83% with an average value of 81.41.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Widodo, Bintoro | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Learning Together; Membaca; Membaca Intensif; Method of Learning Together; Reading; Intensive Reading | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 16:17 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 16:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7222 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |