Miftachunisa, Anas (2013) Meningkatkan keaktifan siswa melalui pembelajaran kooperatif metode index card match pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV D Madrasah Ibtidaiyah Negeri Doko Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140118.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
Bahasa merupakan alat komunikasi untuk menyampaikan pesan antar sesame manusia termasuk bahasa Indonesia. Tidak hanya siswa dan guru di sekolah saja yang menggunakan bahasa Indonesia ini, tetapi juga oleh semua kalangan masyarakat Indonesia khusunya dalam Negeri sendiri. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya, dan lain- lain. Jadi seorang siswa harus memiliki kemampuan-kemampuan tersebut melalui pembelajaran di kelasnya.
Pembelajaran yang dibutuhkansiswa agar memiliki kemampuan-kemampuan tersebut adalah pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa, bukan pembelajaran yang hanya membuat siswa pasif. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan metode yang tepat. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti mengggunakan pembelajaran kooperatif dengan metode index card match. Yakni pembelajaran yang memacu siswa untuk aktif bekerjasama dalam mencari pasangan kartu jawaban dan kartu pertanyaan.
Penelitian ini dilaksanakan di MIN Doko Kediri, dengan objek penelitian siswa kelas IVD. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah; 1) Mendeskripsikan perencanaan peningkatan keaktifan siswa kelas IVD pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MIN Doko Kediri melalui pembelajaran kooperatif dengan metode Index Card Match, 2). Mendeskripsikan pelaksanaan peningkatan keaktifan iswa kelas IVD pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MIN Doko Kediri melalui pembelajaran kooperatif dengan metode Index Card Match, dan 3) Mendeskripsikan evaluasi peningkatan keaktifan siswa kelas IVD pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MIN Doko Kediri melalui pembelajaran kooperatif dengan metode Index Card Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian inia dalah sebagai berikut: dari hasil pre-tes yaitu 37% siswa yang tuntas, siklus I yaitu 67.5 %, dansiklus II 100% siswa telah mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil tersebut maka penerapan pembelajaran Kooperatif dengan metode index card match ini dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Widodo, Bintoro | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | PembelajaranKooperatif; Index Card Match; KeaktifanSiswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Sri Widiyanah | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2017 11:10 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2017 11:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7221 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |