Indahwati, Amaliyah Noor (2013) Penggunaan pendekatan realistik untuk meningkatkan motivasi belajar pecahan pada siswa kelas III D di MIN Rejoso Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140140.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. Kenyataan yang masih sering ditemui adalah masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika. Beberapa penyebab kesulitan tersebut antara lain pelajaran matematika tidak tampak kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, cara penyajian pelajaran matematika yang selalu diberikan secara langsung (metode ceramah) dari konsep abstrak menuju ke kongkrit, tidak membuat anak senang belajar, dan juga kurangnya motivasi belajar siswa.
Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pendekatan yang tepat, pendekatan yang mampu mengkontruksikan pikiran siswa agar mampu berpikir secara matematis. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan realistik. Pendekatan pembelajaran realistik menekankan pada penggunaan masalah kontekstual sebagai titik awal pembelajaran matematika. Pendekatan ini mengupayakan agar siswa secara mandiri mampu memecahkan suatu masalah matematika dengan difasilitasi dan dimotivasi oleh guru.
Penelitian ini dilaksanakan di MIN Rejoso Peterongan Jombang, dengan objek penelitian siswa kelas III D. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan realistik untuk peningkatan motivasi belajar pecahan pada siswa kelas III D di MIN Rejoso Peterongan Jombang, dan 2) Mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa kelas III D di MIN Rejoso Peterongan Jombang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini terbatas pada penggunaan pendekatan realistik pada pembelajaran matematika materi pecahan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III D MIN Rejoso Peterongan Jombang. Pada akhirnya penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang penerapan pendekatan realistik pada pembelajaran matematika khususnya materi pecahan. Penelitian ini dibagi menjadi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan penggunaan pendekatan realistik pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Peneliti melakukan pengamatan proses pengamatan ketika proses pembelajaran pada siswa kelas III D MIN Rejoso Peterongan Jombang yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dalam empat kali pertemuan. Hasil pengamatan proses pembelajaran matematika dengan penggunaan pendekatan realistik menunjukkan siswa mengalami peningkatan belajar pecahan dari rata-rata 67% menjadi 90%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa sudah aktif dalam pembelajaran, dan telah cukup berhasil dalam menghilangkan dominasi guru. Hasil angket motivasi siswa menunjukkan respon yang cukup baik dengan prosentase 3,19%, dengan tidak muncul adanya respon negatif.
Berdasarkan hasil pengamatan, wawancara dan dokumentasi, maka penerapan pendekatan realistik, mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Pendekatan realistik sangat cocok digunakan dalam pembelajaran matematika. Sedangkan bukti yang lain adalah pernyataan siswa yang mengatakan senang terhadap pendekatan yang diterapkan, sehingga kelas lebih hidup dan telah mampu menghilangkan dominasi guru dalam pembelajaran.
ENGLISH:
Mathematics is a universal science that underlies the development of modern technology, has an important role in various disciplines and advance the human intellect. The rapid development in information technology and communicat ion today is based on the development of mathematics in the field of number theory, algebra, analysis, discrete mathematics and theoretical opportunities. To master and create the future of technology in mathematics mastery needed strong early on. The fact that they often encountered is still a lot of students who have difficulties in learning mathematics. Some causes of these difficulties include math does not seem to do with everyday life, the way of presenting math always given directly (a lecture) from abstract concepts to concrete heading, not to make children love to learn, and also the lack of student motivation.
To overcome this need the right approach, the approach is able construct student's mind to be able to think mathematically. Therefore, in this study researchers used a realistic approach. Realistic learning approach emphasizes the use of contextual issues as a starting point for learning math. This approach to make students capable of independently solving a mathematical problem with facilitated and motivated by the teacher.
The research was implemented at MIN Rejoso Peterongan Jombang, with the object of research grade III D. The objectives of this research were 1) to describe the application of a realistic approach to increase motivation to learn fractions in grade III D in MIN Rejoso Peterongan Jombang, and 2) to describe the increase in students' motivation in grade III D MIN Rejoso Peterongan Jombang.
The approach used in this study is a qualitative descriptive approach to classroom action research (classroom action research). This study is limited to the use of a realistic approach to mathematics learning material fraction to increase students' motivation grade III D MIN Rejoso Peterongan Jombang. At the end of this study is hoped to give a better understanding about the implementation of a realistic approach to learning mathematical fractions in particular material This study is divided into four stages: planning, implementation, observation, and reflection.
To know an increase in students' motivation to use realistic approach to mathematics material fractions. Researchers making observation the process of observation when the learning process in grade III D MIN Rejoso Peterongan Jombang amounting to 33 students. The study consisted of two cycles of the four meetings. The observation process of learning mathematics with the use of a realistic approach to show students learn fractions increased from an average of 67% to 90%. This shows that students are active in teaching, and has been quite successful in eliminating the dominance of the teacher. Student motivation questionnaire results showed good enough response with the percentage of 3.19%, with a negative response does not appear.
Based on observations, interviews and documentation, the application of realistic approach, to increase students' motivation. Realistic approach is very suitable for use in teaching mathematics. While other evidence is a statement that said the students happy the approach is applied, so the class more lively and have been able to eliminate the dominance of the teacher in the learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kusumastuti, Ari | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendekatan Realistik; Peningkatan Motivasi Belajar; Realistic Approach; Improve Students Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 16:16 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 16:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7220 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |