Hasanah, Fidziyatul (2013) Pengaruh guru tersertifikasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VI mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Madrasah Ibtidaiyah Mazra’Atul Ulum 02 Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140085.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan merupakan peranan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Berbagai usaha terus diupayakan untuk meningkatkan mutu pendidikan, misalnya pengembangan metode pembelajaran, dan peningkatan kualitas tentang pendidikan. Guru mempunyai peran yang sangat penting pada proses belajar mengajar. Adapun tugas guru yaitu mengajar dan membimbing para muridnya, memberikan penilaian hasil belajar peserta didiknya, mempersiapkan administrasi pembelajaran yang diperlukan, dan kegiatan lain yang berkaitan dengan pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas guru bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam yang tersertifikasi di Madrasah Ibtidaiyah Mazra’atul Ulum 02 Paciran Lamongan, untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VI mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh guru tersertifikasi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Mazra’atul Ulum 02 Paciran Lamongan.
Penelitian ini termasuk penelitian korelasional yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara sertifikasi guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ipa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Mazra’atul Ulum 02 Paciran Lamongan dengan populasi seluruh anak kelas VI tetapi peneliti disini hanya mengambil sebanyak 96 siswa. Alat pengumpulan data berupa kuesioner yang terlebih dahulu di uji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana, yaitu untuk mencari pengaruh guru tersertifikasi terhadap prestasi belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: T Hitung = 5,827 dan dikonsultasikan dengan T Tabel = 1,985 untuk N= 93 pada taraf signifikan 2,5% yaitu T Hitung = 5,827 lebih besar T Tabel = 1,985 sehingga Ho ditolak sedangkan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara guru tersertifikasi terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VI MI Mazra’atul Ulum Paciran Lamongan. Artinya jika kompetensi guru yang tersertifikasi baik, maka prestasi belajar siswa pun hasilnya akan baik juga. Sedangkan nilai Koefisiensi Diterminasi sebesar 0,265 atau sama dengan 26,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kompetensi guru yang tersertifikasi sebesar 26,5%.
ENGLISH:
Education is a very important role in improving human resources in the life of the nation. Various efforts continued effort to improve the quality of education, for example, development of teaching methods and improving the quality of education. Teachers have a very important role in the learning process. The task of the teacher is to teach and guide the students, providing assessment of learning outcomes of the students, learning to prepare the necessary administrative, and other activities related to learning.
The purpose of this study was to determine the quality of the teachers of Natural Science is certified in Elementary School Mazra'atul Ulum Paciran 02 Lamongan, to determine the class VI student achievement subjects of Natural Sciences, to determine how much influence certified teachers on student achievement students of natural science subjects Elementary School sixth grade Mazra'atul Ulum Paciran 02 Lamongan.
This study includes a correlational study is to determine whether there is significant influence of teacher certification on student achievement ipa subjects at Government Elementary School sixth grade Mazra'atul Ulum Paciran 02 Lamongan with the entire population of sixth grade children, but researchers here just take as much as 96 students. Data collection tools such as questionnaires beforehand on test validity and reliability. The data analysis technique used is a simple regression, namely to find a certified teacher influence on student achievement.
The results showed that: Compute T = 5.827 and T consulted with Table = 1.985 for N = 93 at significance level of 2.5% which T Compute larger T = 5.827 = 1.985 Table so Ho is rejected while Ha received, thus it can be concluded that the there is influence between certified teachers on student achievement subjects of natural science class VI MI Mazra'atul Ulum Paciran Lamongan. It means that if competence certified teachers well, then student achievement is also the result would be good too. Coefficient terminated while the value of 0.265 or equal to 26.5%. It can be concluded that student achievement is influenced by the competence of certified teachers at 26.5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Julaihah, Umi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Sertifikasi Guru; Prestasi Belajar Siswa; Teacher Certification; Student Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Desi Latifah Hamzah | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2017 10:35 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2017 10:35 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7217 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |