Penggunaan metode STAD dengan bantuan saringan eratosthenes untuk meningkatkan prestasi belajar bilangan prima pada siswa kelas V MI Salafiyah Tugung Sempu Banyuwangi

Rusdiati, Khusna Lailia (2013) Penggunaan metode STAD dengan bantuan saringan eratosthenes untuk meningkatkan prestasi belajar bilangan prima pada siswa kelas V MI Salafiyah Tugung Sempu Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
09140124.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran Matematika dengan metode ceramah dan demonstrasi menjadikan siswa Kelas V MI Salafiyah Tugung Sempu Banyuwangi sebagai subyek belajar yang pasif karena hanya melihat, mendengar dan mencatat. Karena itu nilai siswa masih dibawah KKM, maka dalam penelitian ini mencoba menggunakan metode STAD dengan bantuan Saringan Eratosthenes untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsika perencanaan pembelajaran menggunakan metode STAD dengan bantuan Saringan Eratosthenes untuk meningkatkan prestasi belajar bilangan prima pada siswa kelas V MI Salafiyah Tugung Sempu Banyuwangi, pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode STAD dengan bantuan Saringan Eratosthenes untuk meningkatkan prestasi belajar bilangan prima pada siswa kelas V MI Salafiyah Tugung Sempu Banyuwangi, dan evaluasi pembelajaran bilangan prima menggunakan metode STAD dengan bantuan Saringan Eratosthenes pada siswa kelas V MI Salafiyah Tugung Sempu Banyuwangi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berjenis penelitian tindakan kelas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, tes, wawancara, angket dan dokumentasi. analisis data penelitian ini mengacu pada model analisis miles dan Huberman yang meliputi kegiatan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Tahap-tahap yang dilaksanakan dalam penelitian tindakan ini adalah tahap pra tindakan dan tahap pelaksanaan tindakan. Dalam penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II.

Dari penelitian ini dapat dikemukakan bahwa pelaksanaan pembelajaran bilangan prima menggunakan metode STAD dengan bantuan Saringan Eratosthenes menjadikan siswa lebih aktif dan pembelajarannya efektif. Prestasi belajar bilangan prima menggunakan metode STAD dengan bantuan Saringan Eratosthenes menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata sebelum menggunakan metode STAD engan bantuan Saringan Eratosthenes yaitu 62,4. Jumlah siswa yang tuntas 5 siswa dan yang tidak tuntas mencapai 31 siswa. Dan prosentase klasikal yaitu 13,9%. Siklus I mengalami peningkatan prestasi belajar dari 36 siswa, 10 siswa yang tunta dan 16 siswa belum mencapai ketuntasan secara individu, serta rata-rata pada siklus ini 72,1 dan prosentase klasikal 27,8%. Siklus II mengalami peningkatan dari pada siklus I yaitu dari 36 siswa, ada 4 siswa belun tuntas akan tetapi 32 siswa sudah mencapai ketuntasan individu, serta rata-rata yang diperoleh mencapai 89,4 dan prosentase klasikal 88,9%. Prosentase peningkatan pada siklus I 13,9 dan pada siklus II 61,1%. Dan presentase hasil angket respon siswa setelah pembelajaran yaitu 97, 9 %

ENGLISH:

Mathematic learning with communicative and demonstration method make the V class students of islamic primary school Salafiyah Tugung Sempu Banyuwangi as the pasive learning subject because only see, listen and also write. Because of that reason, the students’ value are under KKM, therefore this study try to use STAD method with the Eratosthenes sieve help to solve that problem. The objective of this study are; to describe the learning plan using STAD method with Eratosthenes sieve help to develop the prima number learning achievement in the V class students of Islamic Primary School Salafiyah Tugung Sempu Banyuwangi, to describe the learning process using STAD method with the Eratosthenes sieve help to develop the prima number learning achievement in V class students of salafiyah tugung sempu banyuwangi, and to describe the prima numberleaning evaluation using STAD method with the Eratosthenes sieve help in V class students of salafiyah tugung sempu banyuwangi.

This study uses qualitative approach with the class action research type. The techniques used in collecting the data are observation, test, interview, questionnaire, and documentation. The data analysis in this study refers to Miles and Huberman analysis model which include to the data reduction activity, data display, and draw the conclusion. The steps which are done in this action research are; the steps before action and the steps of the action process. This study is done with two cycles are first and second cycles.

The research results show that the prima number learning process which use STAD method with the Eratosthenes sieve help makes the students more active and the learning process more effective. The prima number learning achievement which uses STAD method with the Eratosthenes sieve help shows that there is an improvement. It can be seen from the average value before using the STAD method with the Eratosthenes sieve help is 62,4. The students’ number which already completed are 5 students and which are not completed are 31 students. And the classical percentage is 13,9%. First cycles increased the learning achievement from 36 students, 10 students which has completed and 16 students which has not completed yet individually, and also the average of this cycle is 72,1, and the classical percentage is 27,8%. Second cycle increased from first cycle that is 36 students, there are 4 students were not completed yet but 32 students have completed individually, and also the average which are gotten is 89,4 and the classical percentage is 89,4%. The percentage increase in the first cycle is 13, 9% and in the second cycle 61,1%. And the percentage of the questionnaire result respond the students after the learning that is 97,9%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Asmaningtias, Yeni Tri
Keywords: Metode STAD; Saringan Eratosthen; Prestasi; STAD Method; Eratosthenes sieve; Achievement
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Widiyanah
Date Deposited: 25 Jul 2017 04:11
Last Modified: 25 Jul 2017 04:11
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7216

Actions (login required)

View Item View Item