Surury, Albin Badrus (2013) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an tingkat pemula kelas II Sekolah Dasar Negeri Lesanpuro 3 Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140106.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Upaya guru sangatlah penting dalam meningkatkan kualitas baca tulis Al Qur’an peserta didik disekolah, dikarenakan banyak sekali peserta didik yang masih belum bisa membaca dan menulis huruf Al Qur’an. Bukan hanya tidak bisa membaca dan menulis, akan tetapi ada sebagian peserta didik yang masih belum mengenal huruf arab. Demikian pula dalam pola mengajarkannya guru hendaknya menyampaikan materi dari beberapa aspek, baik itu dari aspek kognitif, psikomotorik, ataupun afektif. Aspek ini harus berjalan bersamaan untuk menunjang pencapaian materi ajar agar dapat dengan mudah diterima oleh setiap masing-masing individu. Kurangnya jam mata pelajaran juga dapat menjadi sebab sulitnya menyampaikan materi, di sekolah dasar hanya dua jam pelajaran dalam seminggu. Sehingga menjadikannya sebagai salah satu faktor dalam kurang tercapainya tingkat keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam mencapai tarket kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan upaya pemberian contoh kepada peserta didik atau dengan kata lain dengan aspeh afektif yang dibangkitkan dari dalam diri peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana upaya-upaya yang guru lakukan dalam meningkatkan baca tulis Al Qur’an melalui semua aspek, khususnya aspek afektif dalam menyampaikan materi pendidikan dan faktor- faktor yang mempengaruhi peserta didik dalam menerima materi Pendidikan Agama Islam khususnya dalam materi baca tulis Al Qur’an.
Dalam mencari data di lapangan, peneliti menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Sumber data yang digunakan oleh penelititi adalah data interview, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Lesanpuro 3 dengan alasan banyak kasus siswa yang masih belum bisa membaca dan menulis Al Qur’an.
Kesimpulan yang dapat ditarik oleh peneliti adalah upaya yang dilakukan guru dalam pembelajaran Baca Tulis Al Quran meliputi: (1) pemanfaatan jam istirahat selama kurang lebih 15 menit, (2) melakukan pembelajaran yang berkesinambungan, (3) melakukan kerjasama dengan orang tua peserta didik, dan (4)melakukan kerjasama dengan lingkungan sekolah. Dengan demikian guru lebih menekankan aspek afektif siswa, agar aspek kognitif dan psikomotorik akan ikut bangkit seiring dengan tercapainya aspek afektif siswa dalam pembelajaran baca tulis Al Qur’an. Sehingga peserta didik dapat dengan mudah menangkap materi tentang baca tulis Al Qur’an dan menerapkannya dalam kehidupan sehari- hari. Sedangkan faktor yang mempengaruhi yaitu: (1) faktor pendorong meliputi siswa, prasarana yang memadai, kegiatan rutin, media pembelajaran yang menarik. (2) faktor penghambat meliputi: orang tua, kurangnya sarana pembelajaran, dan terbatasnya waktu.Dari faktor penghambat tersebut maka guru memberikan solusi sebagai berikut: (1) pembiasaan belajar BTA di rumah serta memotivasi baik dari materi dan psikologis, (2) melengkapi sarana yang dibutuhkan, (3) memberikan jam tambahan yang dilakukan di sekolah.
ENGLISH:
Efforts of teachers is crucial in improving the quality of literacy learners Qur'an school , because a lot of students who still can not read and write the letters of the Qur'an . Not only can not read and write , but there are some students who still do not know the Arabic alphabet . Similarly, the teachers should teach patterns convey material from several aspects , be it from the cognitive, psychomotor , or affective . This aspect should run concurrently to support the achievement of teaching materials that can easily be accepted by any individual . Lack hour subjects can also be difficult because the present material , in elementary school only two hours of lessons a week . So that it is now one less factor in achieving the level of success in teaching and learning activities . In reaching tarket learning activities can be carried out efforts to provide an example to the students or in other words with affective aspeh generated from the self- learners.
The purpose of this study was to determine how the efforts that teachers do in improving literacy through all aspects of the Qur'an , particularly in the affective aspects of delivering educational materials and the factors that influence the learners receive materials in Islamic education , especially in reading material wrote the Qur'an.
In searching for data in the field , researchers used a qualitative descriptive approach to the type of case study (case study ) . Source of data is the data used by penelititi interview , documentation and observation . This study was conducted in primary school Lesanpuro 3 citing many cases of students who still can not read and write the Qur'an.
The conclusion that can be drawn by the researchers was an attempt by the teacher in the learning of Quran Literacy includes : (1) the utilization hours of rest for approximately 15 minutes , (2) undertake continuous learning , (3) to cooperate with parents of learners, and (4) to cooperate with the school environment . Thus teachers emphasize aspects of students' affective , cognitive and psychomotor aspects that will come up along with the affective aspects of student achievement in literacy learning Quran . So that learners can easily capture literacy materials on the Qur'an and apply them in everyday life . While the factors that influence , namely: (1) the driving factors include students , adequate infrastructure , regular activities , exciting learning media . (2) inhibiting factors include : the elderly , the lack of means of learning , and limited time . Of the factors inhibiting the teacher gives the following solutions : (1) habituation study BTA at home and motivate both material and psychological , (2) complete the necessary facilities , (3) provide additional hour at school.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Upaya guru; Baca Tulis Al Qur’an; Teacher Effort ; Read Write Qur'an | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dwi Sri Haryanti | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2017 11:01 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2017 11:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7213 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |