Noor, Nafi’ah Yassinta (2013) Implementasi metode eksperimen untuk meningkatkan motivasi belajar tentang fotosintesis dan respirasi tumbuhan pada siswa kelas V SDN Jatimulyo 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140117.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Proses transformasi nilai pada siswa akan berjalan dengan optimal dengan adanya motivasi, dan sains adalah pelajaran yang tepat untuk menumbuhkan pemikiran ilmiah anak guna membentuk sumberdaya manusia yang kreatif dan terampil, kerena di dalamnya terdapat keterampilan proses. Namun kenyataan yang ada, motivasi anak pada usia dasar dalam mengikuti pembelajaran sains cenderung rendah. Pemilihan metode yang sesuai adalah salah satu solusi dalam menghadapi persoalan tersebut. Metode eksperimen adalah metode yang sesuai untuk mengatasi persoalan ini, karena metode ini akan membantu untuk menumbuhkan keinginan atau motivasi siswa menemukan hal-hal baru serta alasan mengapa terjadi demikian dengan pengalaman yang mereka lakukan sendiri.
Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain;(1) Untuk mendeskripsikan proses perencanaan penerapan metode eksperimen sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar tentang fotosintesis dan respirasi tumbuhan pada siswa kelas V SDN Jatimulyo 3 Malang; (2) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan penerapan metode eksperimen sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar tentang fotosintesis dan respirasi tumbuhan pada siswa kelas V SDN Jatimulyo 3 Malang; (3) Untuk mendeskripsikan hasil penilaian dari penerapan metode eksperimen sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar tentang fotosintesis dan respirasi tumbuhan pada siswa kelas V SDN Jatimulyo 3 Malang.
Untuk tercapainya tujuan diatas maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan datanya menggunakan metodem(1) observasi (pengamatan);(2) wawancara; dan (3) dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah kepala madrasah, guru kelas dan siswa kelas kelas V di SDN Jatimulyo 3 Malang. Sedangkan untuk menganalisanya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Dari penelitian yang telah dilaksanakan ini, dapat disimpulkan sebagai berikut; (1) Perencanaan yang dilakukan antara lain menyiapkan perangkat pembelajaran, materi sains yang akan disampaikan, sumber-sumber dan media belajar, serta soal pre test yang akan digunakan sebagai evaluasi awal; (2) Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua pertemuan tiap siklusnya; (3) Dengan adanya penelitian ini, membuktikan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan motivasi belajar, khususnya materi fotosintesis dan respirasi tumbuhan siswa kelas V SDN Jatimulyo 3 Malang
ENGLISH:
The process of transformation of values in the students will run optimally with the motivation, and science is the suitable lesson to cultivate a child's scientific thought in order to form a creative human resources and skilled, because therein lies the skill process. But the fact is, the motivation of a child on the basis of age in the following science tends to be low. The selection of the appropriate method is one of the solutions in the face of such problems. The experimental method is the appropriate method to resolve this problem, because this method will help to cultivate students' motivation or desire to find new things as well as the reasons why it happened so with the experience that they do themselves.
The purpose of this research, among others; (1) to describe the process of planning the application of the experimental method in an effort to boost motivation to learn about photosynthesis and respiration of plants in the fifth grade class Elementary School of Jatimulyo 3 Malang; (2) to describe the process of the application of the experimental method in an effort to boost motivation to learn about photosynthesis and respiration of plants in the fifth grade class Elementary School of Jatimulyo 3 Malang; (3) to describe the results of the assessment of the application of experimental methods in an effort to boost motivation to learn about photosynthesis and respiration of plants in the fifth grade class Elementary School of Jatimulyo 3 Malang.
For achievement of the purpose of this study is above, so using a qualitative approach to the type of classroom action research. The data collection method using the method (1) observation (monitoring); (2) interviews; and (3) documentation. As for the respondents is the headmaster, class teacher and students in the fifth grade class at Elementary School of Jatimulyo 3 Malang. Whereas in order to analyse it the author uses descriptive qualitative analysis.
Of this research has been done inconclusive as follows; (1) the planning that is done among others prepared a device of learning, material science that is to be delivered learning, and media sources as well as about pre test will be used as the evaluation of the beginning; (2) the implementation of this research consists of two cycles with two meetings each cycle; (3) the existence of this research, proving that the experimental method can increase the motivation for learning, especially for plant photosynthesis and respiration material fifth grade class Elementary School of Jatimulyo 3 Malang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Eksperimen; Motivasi Belajar; Fotosintesis dan Respirasi; Experimental Methods; Learning Motivation; Photosynthesis and respiration | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Sri Widiyanah | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2017 11:06 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2017 11:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7212 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |