Sholah, Nafilatus (2010) Implementasi contextual teaching learning dalam meningkatkan prestasi pembelajaran fikih siswa kelas VIII A MTsN Pohjentrek-Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110223.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan Agama Islam di sekolah, dalam pelaksanaannya masih menunjukkan berbagai permasalahan, seperti halnya proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah saat ini masih sebatas sebagai proses penyampaian ”pengetahuan tentang Agama Islam.” Mayoritas metode Pembelajaran Agama Islam yang selama ini lebih ditekankan pada hafalan, akibatnya siswa kurang memahami kegunaan dan manfaat dari apa yang telah dipelajari dalam materi fikih yang menyebabkan tidak adanya motivasi siswa untuk belajar materi fikih. Melihat kenyataan yang ada dilapangan, sebagian besar teknik dan suasana pengajaran disekolah-sekolah yang digunakan para guru kita cenderung monoton dan membosankan, sehingga menurunkan Prestasi belajar siswa. Untuk menjawab persoalan-persoalan tersebut perlu diterapkan suatu cara alternatif mempelajari fikih yang kondusif dengan suasana yang cenderung rekreatif sehingga memotivasi siswa untuk mengembangkan potensi kreativitasnya. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Dengan penggunaan CTL ini diharapkan agar materi pelajaran fikih dapat mudah dipahami dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Berangkat dari permasalahan di atas maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu a) Bagaimana Perencanaan Contextual Teaching Learning dalam Meningkatkan Prestasi Pembelajaran Fikih Siswa Kelas VIII A di MTsN Pohjentrek-Pasuruan? b) Bagaimana Pelaksanaan Contextual Teaching Learning dalam Meningkatkan Prestasi Pembelajaran Fikih Siswa Kelas VIII A di MTsN Pohjentrek-Pasuruan? c) Bagaimana Penilaian Contextual Teaching Learning dalam Meningkatkan Prestasi Pembelajaran Fikih Siswa Kelas VIII A di MTsN Pohjentrek-Pasuruan?
Penelitian ini dilaksanakan di kota Pasuruan, tepatnya di MTsN Pohjentrek Pasuruan. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1. Observasi, 2. wawancara, dan 3. Dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan kemudian dianalisis. Data bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa Imlementasi Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi pembelajaran fikih siswa kelas VIII A MTsN Pohjentrek Pasuruan.
Terdapat peningkatan pada prestasi belajar siswa yang semula nilai rata-rata siswa pada pre test 64, pada siklus I meningkat menjadi 75 atau 11%, siklus II meningkat menjadi 78 atau 14%, pada siklus III sebesar 85 atau meningkat menjadi 21%.
Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan bagi beberapa pihak, antara lain bagi guru, pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) perlu diterapkan pada bidang studi PAI, agar guru senantiasa melakukan upaya-upaya perbaikan dalam tindakan pengajarannya guna meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Contextual Teaching Learning; Prestasi Belajar; Pembelajaran Fikih | ||||||
Departement: | Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 15:59 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 15:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7116 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |