Zainiyah, Isyfi (2024) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur'an melalui metode qiroati di TPQ Ar Rahmah Bangil. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
200101110184.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan kurang mampunya santri dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid, yang terlihat dari kasus-kasus lingkungan luar yang kurang mendukung untuk proses pembelajaran ketika di rumah. Salah satu pendekatan yang digunakan adalah dengan mendaftarkan anak dari usia dini ke lembaga pendidikan non formal, termasuk TPQ Ar Rahmah Bangil. Program ini diharapkan mampu membentuk karakter yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan membaca al-Qur’an dengan metode qiroati pada santri dan mengetahui faktor penyebab kurang mampunya santri dalam membaca al-qur’an dengan metode qira’ati. Penelitian ini dilaksanakan di TPQ Ar Rahmah Bangil yang berada di Jalan Diponegoro Gang V Nomor 164 Kidul Dalem, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian yang dipilih yaitu TPQ Ar Rahmah Bangil. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab kurang mampunya santri dalam membaca al-qur’an adalah santri kurang memperhatikan guru ketika pelajaran dimulai, suka bergurau dengan teman ketika pembelajarandan pengaruh teman bermain yang negatif di lingkungan tempat tinggal. Adapun upaya guru dalam meningkatkan kemampuan baca al-qur’an melalui metode qiroati pada santri TPQ Ar Rahmah Bangil adalah dengan menjaga ketepatan bunyi dari segi makhraj dan sifat-sifat bunyi, menyimak bacaan santri dan mengajukan pertanyaan untuk menguji pemahaman.
ENGLISH:
This research was motivated by the problem of the lack of ability of students to read the Al-Qur'an properly and correctly according to the rules of the science of recitation, which can be seen from cases of an external environment that is less supportive of the learning process at home. One approach used is to register children from an early age in non-formal educational institutions, including TPQ Ar Rahmah Bangil. This program is expected to be able to form strong character through internalizing the values of the Qur’an. This research aims to determine teachers' efforts to improve reading of the Al-Qur'an using the qiroati method among students and to determine the factors causing the students' inability to read the Al-Qur'an using the qira'ati method. This research was carried out at TPQ Ar Rahmah Bangil which is located on Jalan Diponegoro Gang V Number 164 Kidul Dalem, Bangil District, Pasuruan Regency. This researcher uses a qualitative approach with a qualitative descriptive research type. The research object chosen was TPQ Ar Rahmah Bangil. The techniques used in data collection consist of observation, interviews and documentation. The data analysis technique used goes through three stages, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this research show that the factors causing students' inability to read the Koran are students not paying attention to the teacher when lessons begin, liking to joke with friends when learning and the influence of negative playmates in their living environment. The teacher's efforts to improve the ability to read the Koran through the qiroati method for TPQ Ar Rahmah Bangil students are by maintaining sound accuracy in terms of makhraj and sound properties, listening to the students' reading and asking questions to test understanding.
ARABIC:
ةءارق يمركلا نآرقلا ةءارق ىلع بلاطلا ةردق مدع ةلكشم وه ثحبلا اذله عفادلا ناكو لقلأا ةيجرالخا ةئيبلا تلااح نم هتظحلام نكيم ام وهو ،ةولاتلا ملع دعاوق قفو ةحيحصو ةميلس ذنم لافطلأا ليجست وه ةمدختسلما بيلاسلأا دحأ .لزنلما في ملعتلا ةيلمع .يمركلا نآرقلل ًامعد .ةيميلعتلا نآرقلا ليجنب ةحمرلا ةقيدح كلذ في ابم ،ةيسمرلا يغ ةيميلعتلا تاسسؤلما في ةركبم نس نآرقلا ميق باعيتسا للاخ نم ةيوق ةيصخش نيوكت ىلع ارداق جمنابرلا اذه نوكي نأ عقوتلما نمو .يمركلا ىدل تياورق ةقيرطب نآرقلا ةءارق ينستح في ينملعلما دوهج ةفرعم لىإ ةساردلا هذه فدته ءارجإ تم .يئارق ةقيرطب نآرقلا ةءارق ىلع بلاطلا ةردق مدع ببست تيلا لماوعلا ةفرعمو بلاطلا في ثحبلا اذه في ليجنب ةحمرلبا هيميلعتلا نأرقلا ةقيدح في عقي يذلا جناج وروجينوبيد نلااج اميل مقر لماد لوديك نوتسو ةعبرأو ةئام ، ناوروسبا ةعطاقم ،ةيعرفلا لينجبا ةقطنم . راتخلما ثحبلا نم فدلها .يعون يفصو ثبح عونب ايعون اجهنم ثحابلا اذه مدختسي وه في ليجنب ةحمرلبا هيميلعتلا نأرقلا ةقيدح نم تناايبلا عجم في ةمدختسلما تاينقتلا نوكتت . ليلقت يهو ، لحارم ثلاثب ةمدختسلما تناايبلا ليلتح ةينقت رتم .قيثوتلاو تلاباقلماو ةظحلالما .تاجاتنتسلاا صلاختساو تناايبلا ضرعو تناايبلا نآرقلا ةءارق ىلع بلاطلا ةردق مدع ببست تيلا لماوعلا نأ ةساردلا هذه جئاتن ترهظأ يثأتلاو ملعتلا ءانثأ ءاقدصلأا عم حازلما لثم ،سردلا ءدب دنع ملعملل نوهبتني لا بلاطلا نأ يه للاخ نم نآرقلا ةءارق ىلع ةردقلا ينسحتل ملعلما دوهج .ةينكسلا ةئيبلا في بعللا ءلامزل بيلسلا بلاط في تياورق ةقيرط في ليجنب ةحمرلبا هيميلعتلا نأرقلا ةقيدح نم توصلا ةقد ىلع ظافلحا يه .مهمهف رابتخلا ةلئسلأا حرطو بلاطلا تاءارق لىإ عامتسلااو ، توصلا صئاصخو جارخلما ثيح
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Masruri, Hadi |
Keywords: | Upaya Guru; Kemampuan Membaca; Metode Qiroati; Teacher Effort; Reading Al-Qur’an; Qiroati Method; جهد املعلم ; القدرة على القراءة ; طريقة قروايت |
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Isyfi Zainiyah |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 13:50 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 13:50 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/70851 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |