تحليل الأخطاء الإملائية: دراسة وصفية تقديمية لدي طلبة المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكمية أجونج تنجونج روكن هيلير رياو سومطرة

Sukri, Sukri (2011) تحليل الأخطاء الإملائية: دراسة وصفية تقديمية لدي طلبة المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكمية أجونج تنجونج روكن هيلير رياو سومطرة. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Keterampilan menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa, di mana dia mempunyai peranan yang penting dalam belajar bahasa Arab.

Meskipun tujuan dari kemahiran menulis di MTs adalah agar siswa dapat menulis dengan baik dan benar, namun kenyataannya masih banyak siswa yang salah dalam menulis, khususnya dalam imla’. Pada penelitian ini, peneliti memfokuskan pada kesalahan siswa-siswi dalam imla’ dan faktor-faktor pendukung terjadinya kesalahan itu.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:” apa saja kesalahan imla’ siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri Ujung Tanjung Rokan Hilir Riau dan faktor-faktor penyebabnya, Apa sebenarnya tujuan pengajaran Imla di sekolah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan imla’ bagi siswa- siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri Ujung Tanjung Rokan Hilir Riau dan faktor- factor penyebabnya.

Hipotesa penelitian ini adalah bahwa terdapat kesalahan imla’ bagi siswa- siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri Ujung Tanjung Rokan Hilir Riau, adapun faktor-faktor pendukung kesalahan itu disebabkan oleh guru dan siswa. Populasi penelitian ini adalah para siswa dan guru bahasa Arab di MTs Negeri Ujung Tanjung Rokan Hilir Riau tahun Pelajaran ٢٠١٠ / ٢٠١١. Adapun instrument penelitian adalah peneliti sendiri, tes dan wawancara.

Dan hasil dari penelitian ini adalah: (١) Kesalahan imla’ pada imla’ manqul yaitu kesalahan pada tanda baca (٤٨ %), tanwin (٣٥ %) dan pertukaran huruf (١٧ %). (٢) Kesalahan imla’ pada imla’ mandzur yaitu kesalahan pada pemisahan huruf (٧ %), penyambungan huruf (٢٥ %), penggantian huruf (٣٩ %), penambahan huruf (١٥ %) dan pembuangan huruf (١٤ %). (٣) adapun faktor-faktor pendukung terjadinya kesalahan itu antara lain:
١. Adanya diantara siswa-siswi yang belum pernah belajar Bahasa Arab sebelum masuk ke MTsN.
٢. Asumsi siswa-siswi bahwa bahasa Arab itu sulit.
٣. Kurangnya latihan yang diberikan guru
٤. Sedikitnya jam pelajaran bahasa Arab.

ABSTRACT

Writing skills is one of the four language skills, where he has an important role in learning Arabic.

Although the purpose of writing proficiency in MTs is for students to write well and correctly, but in reality there are many students who are either in writing, especially in dictation '. In this study, researchers focused on students 'mistakes in dictation' and the factors supporting the occurrence of the error.

Problem statement of this research is: "What is dictation error 'for students High State Islamic School in Ujung Tanjung Rokan Hilir Riau, and the factors supporting the occurrence of the error..

Hypothesis of this research is that there is a dictation error 'for the students High State Islamic School in Ujung Tanjung Rokan Hilir Riau while the factors supporting the error was caused by teachers and students. Subject of this research was students and Arabic grammar of MTsN Ujung Tanjung, Rokan Hilir Riau in academic year ٢٠١٠/٢٠١١. Instruments for this research were researcher himself, tests and interviews.

Research finding : (١) Errors dictation 'in dictation' manqul that errors in punctuation (٤٨%), tanwin (٣٥%) and the exchange of letters (١٧%). (٢) Errors dictation 'in dictation' mandzur that errors in the separation letter (٧%), joining letters (٢٥%), replacement of letter (٣٩%), the addition of letter (١٥%) and discharge of letters (١٤%). (٣ As for the supporting factors of errors are:

١. The students who never studied Arabic before going in to MTsN.
٢. Assumption of students that the Arabic language is difficult.
٣. the little training from the teacher.
٤. At least an hour of Arabic language lessons.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ali Al-Kamil, Mohammad and Huda, Miftahul
Keywords: تحليل الأخطاء; الإملا ;analisis error; diction; Analisis kesalahan; imla’
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 11 Jun 2017 06:44
Last Modified: 11 Jun 2017 06:44
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7068

Actions (login required)

View Item View Item