Sari, Indah Suci Julia (2016) Strategi lembaga pendidikan dalam membangun karakter Islami siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Permata. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14711013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Lembaga pendidikan sebagai tempat berlangsungnya proses belajar mengajar memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun karakter siswa khususnya karakter Islami. Di era globalisasi yang sarat dengan kemajuan teknologi menjadi satu pemicu menurunnya kualitas moral anak bangsa. Dalam rangka membangun karakter Islami siswa, lembaga pendidikan seharusnya memiliki strategi untuk mengawal perkembangan karakter Islami siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis dua hal. Pertama, bagaimana Strategi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Permata dalam membangun karakter Islami siswa yang terdiri dari: perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi, dan kedua, faktor apa yang mempengaruhi terbangunnya karakter Islami siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Permata. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Permata. Dalam metodenya peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, sementara teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk melakukan analisa data, peneliti menggunakan teori analisis menurut Miles dan Huberman dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Pada tahap pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan metode triangulasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, strategi lembaga pendidikan dalam membangun karakter Islami siswa yang terdiri dari: 1) Perumusan strategi SDIT Insan Permata dengan cara melakukan need analysis, merumuskan standar kualitas, memahamkan guru tentang tujuan lembaga pendidikan, merencanakan program kerja, melakukan pengintegrasian nilai-nilai keIslaman terhadap kurikulum. 2) Pelaksanaan strategi yang dilakukan SDIT Insan Permata terlihat pada, sosialisasi PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah), pembiasaan dan pendampingan kepada siswa, penerapan sistem pembelajaran bermakna, penggunaan alam sekitar sebagai panggung pembelajaran, penerapan punishment yang membangun karakter, perayaan prestasi. 3) Evaluasi strategi telihat bahwa SDIT Insan Permata telah melakukan discussion group yang bertujuan untuk, melaksanakan pembahasan implementasi program kerja, me-review hasil program kerja, melakukan perumusan strategi baru. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi terbangunnya karakter Islami siswa adalah landasan filosofis, konsistensi tenaga pendidik dan kependidikan, penerapan kebiasaan baik (positive habits), afirmasi positif, dorongan orangtua.
ABSTRACT
Educational Institutions as a place for learning process have an important role in building student characters, especially for their Islamic character. In the era of globalization, technology advance has been triggering toward the decrease of nation moral quality. In establishing of students Islamic character, educational institutions must have a strategy to protect the Islamic character development of students. This research aims to describe and analyze two things: 1. How the strategy of SDIT Insan Permata is in building students Islamic character, consisted of strategy formulation, implementation and evaluation. 2. What the influence factors is in building students Islamic character of SDIT Insan Permata. This research was held at SDIT Insan Permata using a qualitative method of case studies, and data collection techniques were doing by observation, intensive interview and documentation. For data analysis, researcher was using Miles and Huberman analysis theory by data reduction, data presented and conclusion. During validity data phase, researcher used the triangulation method. The research shows that Islamic educational institution strategy, consisted of: First, SDIT Insan Permata was using several strategies formulation, for instance a need analysis, QA (Quality Assurance) formulation, teachers interpretation about educational institution purpose, job description planning, Islamic integration values toward the curricula. Second, Strategy implementation which has been done by SDIT Insan permata consist of socialization action of PLS (Introduction to the Educational Environment), habitual implementation and monitoring the students, meaningful comprehensive studies, using a nature as a educational process, punishment implementation for building their character, student achievment celebration. 3) Strategy evaluation has been showing on disscussion group implementation at SDIT Insan Permata in order to discuss and review the job description and to do the new strategy formulation. Concerning the influence factors for building students Islamic character are phylosophical foundations, teachers consistent, positive habits and affirmation, and parents motivation.
مستخلص البحث
المؤسسات التربوية كمكان يتم فيها عملية التعليم والتعلم لها دور مهم في بناء شخصية الطلاب ولا سيما بالشخصية الإسلامية. في عصر العولمة يتم تحميلها مع التقدم التكنولوجي تصبح واحدة بين زناد انخفاض جودة أخلاق الأجيال. ومن أجل بناء الشخصية الإسلامية للطلاب فيجب أن تكون المؤسسات التربوية لها استراتيجيات للحفظ على تنمية شخصية الطلاب الإسلامية. أما أهداف البحث فهو الوصف والتحليل على أمرين: الأول،كيف الاستراتيجيات تسلكها المدرسة الإبتدائية الإسلامية المتكاملة إنسان بيرماتا في بناء الشخصية الإسلامية للطلاب؟ ويتضمن فيها: صياغة الاستراتيجية وتنفيذ الاستراتيجية وتقييم الاستراتيجية. الثاني، ما هي العوامل التي تؤثر على بناء الشخصية الإسلامية لطلاب المدرسة الإبتدائية الإسلامية المتكاملة إنسان بيرماتا. عقد البحث في المدرسة الإبتدائية الإسلامية المتكاملة إنسان بيرماتا. هذا البحث هو البحث النوعي يعنى دراسة الحالة. وأما أساليب جمع بياناته فهي الملاحظات والمقابلات المعمقة والوثائق. استخدمت الباحثة نظري مايلز وهوبرمان لتحليل بيانا
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Abidin, Munirul and Wahyuni, Esa Nur |
Keywords: | Strategi Lembaga Pendidikan; Membangun Karakter Islami; Educational Institution Strategies; Character Building of Islam; المؤسسة التربوية; بناء الشخصية الإسلامية |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 13:43 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 13:43 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/70522 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |