تزويد المفردات باستخدام المعجم لترقية مهارة القراءة: بحث تجريبي في مدرسة واحد هاشم الثنوية المتوسطة الإسلامية مالانج

Fikri, Shofil (2011) تزويد المفردات باستخدام المعجم لترقية مهارة القراءة: بحث تجريبي في مدرسة واحد هاشم الثنوية المتوسطة الإسلامية مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran Bahasa Arab di MTs. Wahid Hasyim 02 Dau Malang dihadapakan pada permasalahan bahwa siswa kurang menguasai kosakata Bahasa Arab yang merupakan salah satu unsur utama dalam belajar bahasa Asing. Hal ini disebabkan oleh aspek
pengajaran yang masih menggunakan media penterjemahan seluruh teks yang dipelajari oleh guru dikarenakan siswa tidak memiliki kamus bantu, selain kurangnya kemampuan siswa dalam membaca huruf hijaiyah dengan baik. Sehingga hal ini berpengaruh terhadap aspek psikologis siswa yang merasakan kebosanan. Akibatnya penguasaan dan perbendaharaan kosakata mereka rendah dan sedikit. Berdasarkan permasalahan tersebut dan potensi yang ada, belajar sambil memperkaya kosakata dengan menggunakan kamus bantu merupakan salah satu solusi terhadap masalah itu.

Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas memperkaya kosakata dengan menggunakan kamus untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa MTs. Wahid Hasyim 02 Dau Malang, dan yang lebih utama untuk memahami informasi secara jelas (dari membaca teks, memahami kosakata, dan memahami isi teks), disamping itu juga pembuatan media pembelajaran dalam bentuk kamus oleh seorang guru.

Berdasarkan tujuan tersebut, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi model alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab.

Penelitian ini merupakan penelitian experimental terhadap 2 kelompok dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, yang terdiri dari 4 langkah ; (1) Penyusunan Kamus, RPP, (2) Penerapan metode, (3) Observasi, dan (4) Evaluasi. Dan Instrumen yang digunakan utnuk mengumpulkan data terdiri dari ; (1) Observasi, (2) Angket, dan (3) Tes (Pre tes & post tes).

Populasi dari penelitian ini terdiri dari seluruh siswa-siswi MTs. Wahid Hasyim 02 Dau Malang yang duduk dikelas 7, yaitu 80 siswa. Dan sampel pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 7 tahun pelajaran 2010-2011, yang jumlahnya 50% dari 80 siswa, yaitu 40 siswa.

Berdasarkan uji-t (statistik) terhadap hasil pre tes & post tes tentang aspek membaca, maka hasil hitung t-tes 2, 76 dengan db 38, dan hasil t-tabel 2,69 pada p < 0,05. Dengan demikian hasil hitung t-tes 2,76 lebih besar dari t-tabel 2,69. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode memperkaya kosakata dengan mengunakan kamus untuk meningkatkan kemampuan membaca adalah efektif dan penggunaan kamus bantu kelas 7 MTs. Wahid Hasyim 02 Dau Malang lebih baik daripada penggunaan kamus sehari-hari kelas 7 SMPI Sabilillah Malang, karena (1) mudah dibawa, (2) harga terjangkau, (3) disusun sesuai abjad hijaiyah, (4) kosakata sesua dengan judul di kitab, (5) kosakata sesuai pelajaran kelas 7 MTs, (6) terdapat contoh kata sinonim, (7) terdapat contoh kata antonim, (8) terdapat kaidah/tatabahasa bahasa Arab, (9) dilengkapi dengan ungkapan pendek dan terjemahan kalimat dasar.

Berdasarkan dari hasil penelitian ini diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan media yang dipakai peneliti (dengan membuat kamus) dalam bidang pengajaran kemampuan membaca supaya dikembangkan lagi dalam bidang yang lain. Atau media ini dikomparasikan dengan media pembelajaran yang lain.

ABSTRACT

Learning method of Arabic language in Wahid Hasyim 02 Islamic Junior High School Dau Malang has some obstacles. The students are less capable in mastering the Arabic vocabulary which is one of the main factors in learning foreign language. This probably caused by the teaching aspect which still use the translation method all of the text, beside the reading skill of student to read word of hijaiyah (Arabic alphabetic) are low and not good. This problem affects the student’s psicological aspect who would fell bored and make the students can not master the vocabularies satisfiedly, beside on that reason problem and the student’s potential, learning while enlarging vocabulary by using dictionary is one of good solutions.

The research aimed at knowing the effectiveness of enlarging vocabulary by using dictionary to increase reading skill of students of Wahid Hasyim 02 Islamic Junior High School Dau Malang. That comprises comprehension of text information (reading text, comprehension of vocabulary, comprehension of content of the text). Beside writing dictionary down by teacher. Based on that purpose, it is expected that the result of this experiment research becomes an alternative model potentially exercised for teaching Arabic language.

This research is experiment research of two groups with qualitative and quantitative approach. The research consist of four steps; (1 st) planning writing dictionary down, and steps of teaching, (2nd) Acting, (3rd) Observation, (4th) Evaluation. And the Instrument for data collecting consist of ; (1st) Observation, (2nd) Questionnaire, (3rd) Test (pre test & post test).

The population at this research is students of class 7th of Wahid Hasyim 02 Islamic Junior High School Dau Malang amount 80 students, and the sample of this research is 50% of the students in class 7th at academic year 2010-2011 (80 student) = 40 students. Based on the statistic test of pre test and post test results it showed that the t-count result 2,76 with db 38, and the result t-table 2,69 at p< 0,05. So does the result t-count 2,76 bigger than t-table 2,69. And this showed that the application of enlarging vocabulary using dictionary had effective and significant influence in developing student’s reading skill. And using handy dictionary from Insan Cendekia books for class 7th Wahid Hasyim 02 Islamic Junior High School Dau Malang better than using the daily dictionary, it’s causes (1st) so easy to carry up, (2nd) not expensive, (3rd) in order of Arabic alphabetic, (4th) it one purpose of the title of Arabic lesson, (5th) the vocabulary most appropriate for class seven, (6th) in the dictionary synonym words, (7th) in the dictionary antonym words, (8th) in the dictionary simple grammar, (9th) in the dictionary samples of short sentences and translation sentences.

Based on the result of this research, it expected to all of researchers to develops this media (writing dictionary down) as one as possible or to another media or method. And to compares between this media and another teaching media.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ali Al-Kamil, Mohamed and Ibrahim, Saad
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Jun 2017 06:26
Last Modified: 08 Jun 2017 06:26
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7043

Actions (login required)

View Item View Item