فعالية استخدام لعب "أعد الجملة إن كانت صحيحة" ولعبة هل تعرف السبب؟ في تنمية مهارة الكلام: بحث تجريبي بالتطبيق على مدرسة الحكوة المتوسطة الإسلامية الأهلية جومبانج جاوا الشرقية

Laila, Nur (2011) فعالية استخدام لعب "أعد الجملة إن كانت صحيحة" ولعبة هل تعرف السبب؟ في تنمية مهارة الكلام: بحث تجريبي بالتطبيق على مدرسة الحكوة المتوسطة الإسلامية الأهلية جومبانج جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Tujuan pengajaran bahasa arab khususnya ketrampilan kalam adalah mencapai kesuksesan penggunaan bahasa arab fusha.Peneliti selaku guru bahasa arab di MTs Al Hikmah Jombang menghadapi beberapa kendala dalam mengajarkan bahasa arab berkaitan dengan peningkatan ketrampilan kalam siswa. Kendala yang paling urgen adalah sedikitnya minat siswa dalam hal ketrampilan kalam dan ketakutan mereka terhadap kesalahan penggunaan tata bahasa (nahwu). Padahal kita semua mengetahui bahwa faktor utama keberhasilan suatu pengajaran bahasa adalah besarnya minat siswa. Meskipun kompetensi guru terjamin dan metodenya bagus namun minat siswa rendah, maka keberhasilan suatu pengajaran bahasa sulit untuk direalisasikan.

Berdasarkan kesulitan yang dihadapi oleh peneliti tersebut, maka peneliti menggunakan suatu media pembelajaran yang disebut dengan permainan bahasa untuk menunjang minat siswa gemar akan ketrampilan kalam. Permainan bahasa ini bertujuan untuk membekali perbendaharaan kata dan ketertarikan siswa terhadap bahasa arab.

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel yang lain dalam keadaan yang terkontrol. Penelitian ini menggunakan pre test dan post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan pengajaran kemahiran berbicara dengan permainan bahasa “ulangi pernyataan berikut jika benar” dan “apakah anda tahu sebabnya?”,sedangkan pada kelas kontrol tidak. Peneliti membatasi penelitiannya pada 3 hal : 1) perbendaharaan kata siswa, 2) penyusunan kalimat, dan 3) pelafalan kata secara lancar.

Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII MTs Al Hikmah Jombang tahun ajaran 2010/ 2011 dengan jumlah 54 siswa. Berdasarkan tujuan dan pertimbangan, maka sampel pada penelitian ini adalah siswi kelas VIII B yang berjumlah 28 siswi sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa. Sedangkan untuk pengumpulan data dilakukan melalui 4 hal:1)wawancara, 2)observasi, 3)angket dan 4) tes.

Melihat hasil pre test, dan post test setelah pengajaran permainan bahasa “ulangi pernyataan berikut jika benar” dan “apakah anda tahu sebabnya?”, terdapat perbedaan dan peningkatan hasil yang besar. Hal ini menunjukkan bahwa pengajaran kemahiran kalam dengan permainan tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan kalam siswi, terutama dalam melafalkan kata secara baik dan benar, membedakan harakat panjang dan pendek, mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran. Hasil yang diperoleh mencapai 2,7 melalui tabel V yang menunjukkan bahwa penelitian tersebut sangat signifikan karena nilai pada tabel V pada pengetesan skala dan menunjukkan bahwa nilainya kurang dari 2,7.

ABSTRACT

The purpose of teaching Arabic language particularly speaking skill is to succeed in using the standard Arabic language. The researcher as an Arabic teacher at MTs. Al Hikmah Jombang found some problems in developing students’ speaking skill of Arabic language. The most urgent is students’ lack of interest in speaking and their fears of making grammatical mistakes. On the other hand it is well understood that the main factor of language teaching success is
students’ interests. Competent teacher and excellent teaching methods cannot guarantee language teaching success if the students’ interests are low.

Based on the problems found above, thus the researcher used instructional media i.e. language games to boost students’ interest in speaking skill. These language games were aimed at enriching students’ vocabulary and their interests toward Arabic language.

The present study is experimental research that tried to find the influence of certain variable toward the other variable in controllable way. It used pre-test and post-test in both experimental group and control group. In the experimental group, the language games “Repeat this statement if it’s true” and “Do you know the reason?” are applied in teaching speaking skill but not in the control group. The researcher focused the study on three aspects: 1) students’ vocabulary, 2) sentence building, and 3) pronouncing word.

The population was all eight graders of MTs Al Hikmah Jombang in the 2010-2011 academic year i.e. 54 students. The sample used in this study is 28 female students of class B as the experimental group and 26 male students of class A as the control group. Data collection was done through four instruments: 1) interview, 2) direct observation, 3) questionnaire and 4) test.

Based on the result of pre-test and post-test after applying “Repeat this statement if it’s true” and “Do you know the reason?”, the difference and improvement were found. It showed that using those language games in teaching speaking skill was effective to enhance students speaking skill, particularly in pronouncing words correctly and fluently, differentiating between long and short harakat, and expressing ideas. The result value was 2,7 for V table indicating that this present study was significant since the result value of V table for the test scale and was less than 2,7.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Sholih, Syuhadak and Babikr Musthofa, Qoribullah
Keywords: تعليم مهارة الكلام; اللعب اللغوية; Language Games; Arabic Speaking Skill; Permainan Bahasa; Kemahiran Berbicara
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Jun 2017 06:14
Last Modified: 08 Jun 2017 06:14
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7040

Actions (login required)

View Item View Item