فعالية استخدام الأفلام التعليمية لتنمية مهارة الاستماع: بحث تجريبي في مدرسة علوم القرآن المتوسطة الإسلامية لنجسا - أتشية

Nasruddin, Nasruddin (2011) فعالية استخدام الأفلام التعليمية لتنمية مهارة الاستماع: بحث تجريبي في مدرسة علوم القرآن المتوسطة الإسلامية لنجسا - أتشية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720046.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran kemahiran menyimak bahasa arab pada dasarnya membutuhkan perangkat media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran kemahiran ini disamping kebutuhan siswa akan kemahiran menyimak dan karakteristik madrasah yang ada. Kebutuhan ini terkadang tidak terpenuhi dengan baik, seperti halnya yang terjadi di madrasah tsanawiyah ulumul qur’an Langsa aceh. Diantara penyebab problematika ini karena kompetensi yang terbatas pada guru mengenai penggunaan media pembelajaran dalam proses meningkatkan kemahiran menyimak bahasa arab. Salah satu media yang terdapat di madrasah ini adalah media audio visual.

Untuk mengatasi problematika di atas, maka peneliti mengajukan batasan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana penggunaan Film Pembelajaran dalam pembelajaran kemahiran menyimak di Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an Langsa Aceh?, 2) Berapa efektifkah penggunaan Film Pembelajaran dalam upaya mengungkapkan pikiran pokok suatu teks di Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an Langsa Aceh?, 3) Berapa efektifkah penggunaan Film Pembelajaran dalam mengidentifikasi antar suara yang berdekatan pengucapannya dan serupa bentuknya di Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an Langsa Aceh? 4) Berapa efektifkah penggunaan Film Pembelajaran dalam memahami suatu teks tanpa memperhatikan kaidah tata bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an Langsa Aceh?.

Berdasarkan problematika di atas, peneliti mencoba meneliti penggunaan Film Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an Langsa Aceh dan mengukur tingkat efektifitas penggunaan media ini terhadap pembelajaran 3 unsur kemahiran menyimak yaitu mengungkapkan pikiran pokok, identifikasi antar suara yang berdekatan pengucapannya dan serupa bentuknya, pemahaman bahasa tanpa memperhatikan aturan tata bahasa.

Dalam penelitian tesis ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Yaitu dengan mengeksperimenkan penggunaan Film Pembelajaran terhadap siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an Langsa Aceh.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an Langsa Aceh tahun ajaran 2010-2011 yang berjumlah 160 orang. Dari jumlah populasi tersebut peneliti mengambil kelas VIII B sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Masing-masing dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berjumlah
40 siswa. Peneliti mengambil sampel secara purposif acak.

Eksperimen berlangsung pada jam pelajaran. Instrument yang digunakan berupa interview, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Film Pembelajaran efektif untuk meningkatkan kemahiran menyimak bahasa arab siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an Langsa Aceh. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik menggunakan uji T-Test Independent dengan hasil 2,983, dan hipotesis yang diajukan diterima.

ABSTRACT

The learning of listening skill, basically, needs an learning media that is suitable with the caractheristics of listening skill and school where the learning process conducted, and students’ skill. In fact, many schools do not complement themselves by the media that it is needed in learning process such as Islamic Junior High School ‘Ulumul Qur’an’ Langsa Aceh. The only media that is complemented by this school is audio visual. The obstacle of the limitation of using the media is the lack of teacher’s skill in operating it.

To solve this obstacle, the researcher offers the scope of problems. They are: 1) how is the use of learning film in the learning process of listening skill in Islamic Junior High School ‘Ulumul Qur’an’ Langsa Aceh?; 2) How is the effectiveness of the use of learning film in elaborating a main idea of a text in Islamic Junior High School ‘Ulumul Qur’an’ Langsa Aceh?; 3) How is the effectiveness of the use of learning film in investigating among the voices that is closed pronounciation and the same shape in Islamic Junior High School ‘Ulumul Qur’an’ Langsa Aceh?; 4) how is the effectiveness of of the use of learning film in
comprehending a text without bending on Arabic grammar in Islamic Junior High School ‘Ulumul Qur’an’ Langsa Aceh?.

Based on the statement above, the researcher aims to observe the use of learning film in Islamic Junior High School ‘Ulumul Qur’an’ Langsa Aceh and to measure the level of effectiveness of the use of this media toward three unsures of listening skill. They are 1) elaborating a main idea; 2) investigating among the voices that is closed pronounciation and the same shape; 3) comprehending a text without bending on Arabic grammar.

The researcher uses quantitative approach and experimental method. The researcher applies the use of learning film in class VIII. The sample of this study is students of class VIII in Islamic Junior High School ‘Ulumul Qur’an’ Langsa Aceh in 2010-2011 that is contains of 160 students. Thusfar, the researcher determines class B as experimental class and class A as control class. The amount of students of both of class is 40 students. The researcher take the sample by using random purposive.

The researcher uses instruments such as interview, observation and test. The result of this study shows that the use of learning film is effective in improving students’ class VIII Arabic listening skill in Islamic Junior High School ‘Ulumul Qur’an Langsa Aceh. This result is supported by the result of t-test independent by degree 2,983. It means that the purposed hypothesis is accepted.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ali Al-Kamil, Mohamed and Mujab, Muhammad
Keywords: فعالية; الأفلام التعليمية; مهارة الاستماع; efektifitas; film pembelajaran; kemahian mendengar bahasa arab; Effectiveness; Learning Film; Arabic Listening Skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 08 Jun 2017 06:14
Last Modified: 08 Jun 2017 06:14
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7038

Actions (login required)

View Item View Item