Moh. Tohiri Habib, Mohammad (2011) تنمية مهارة الكلام باستخدام مادة تنمية تعليمية من كتاب المحاورة الحديثة للسيد أحمد باهرون: بحث تجريبي في مدرسة مطالع الأنوار الثنوية لامونجان جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09720043.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Materi ajar merupakan salah satu aspek yang sangat penting dan memiliki peranan serta andil tersendiri dalam proses belajar mengajar. Tidak hanya berkaitan khusus dengan pengetahuan tapi juga dengan pemerolehan pola fikir
serta retorika yang digunakan di dalamnya, semua ini berpengaruh pada peserta didik.
Di samping itu semua materi ajar juga berperan menyingkap salah satu sisi kehidupan siswa serta memberikan pencerahan pada siswa. Jika kurikulum sekolah telah menyusun materi yang sesuai, maka hal ini akan membantu siswa dalam memberikan pandangan yang berimbang terhadap semua persoalan di dunia.
Pengajaran Bahasa Arab di MA Matholi'ul Anwar - menurut pengamatan peneliti - masih belum berjalan dengan efektif karena masih ditemukanya beberepa persoalan penting, diantaranya, bahwa materi yang dipilih belum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan kemampuan
berbicara (maharat al kalam). Hal ini mungkin dikarenakan materi tersebut masih sangat kental dengan nuansa Arab dan sebagian besar tema-temanya pun tidak berkaitan dengan kehidupan siswa serta suasana lingkungan sehari-hari mereka,
akan tetapi lebih berkaitan dengan lingkungan serta momen-momen di Arab.
Oleh karena itu, peneliti menjadikan fenomena ini sebagai tema penelitian dan memilih MA. Matholi'ul Anwar sebagai medan penelitian karena beberapa alasan diantaranya karena sekolah ini berada dalam naungan dan lingkungan
pondok pesantren, dan durasi pembelajaran bahasa Arab lebih dari dua jam pelajaran perminggu.
Peneliti juga menjadikan buku Muhawarah al Haditsah karya sayyid Hasan Ahmad Baharun sebagai jawaban dan solusi atas permasalahan di atas didasarkan pada asumsi bahwa penggunaan buku ini sesuai dan efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab, karen buku tersebut memiliki tema-tema yang berkaitan dengan kehidupan siswa serta suasana sehari-hari di lingkungan tempat tinggal mereka.
Kelas II dipilih sebagi sample penelitian karena siswanya telah melewati jenjang pendidikan yang di dalamnya terdapat pembelajaran bahasa Arab selama satu tahun, dan karena asumsi bahwa mereka memiliki kemampuan berbicara bahasa Arab dengan benar berdasarkan hasil laporan nilai bahasa Arab di kelas sebelumnya.
Rumusan Masalah : 1. Sejauhmana efektifitas buku Muhawarah al Haditsah untuk meningkatkan pengucapan dalam berbicara bahasa Arab pada siswa kelas II MA. Matholi'ul Anwar Simo Lamongan? 2. Sejauhmana efektifitas buku Muhawarah al Haditsah untuk meningkatkan kosakata dalam berbicara
bahasa Arab pada siswa kelas II MA. Matholi'ul Anwar Simo Lamongan? 3. Sejauh mana efektifitas buku Muhawarah al Haditsah untuk meningkatkan tatabahasa dalam berbicara bahasa Arab pada siswa kelas II MA. Matholi'ul
Anwar Simo Lamongan? 4. Sejauh mana efektifitas buku Muhawarah al Haditsah untuk meningkatkan kelancaran berbicara bahasa Arab siswa kelas II MA. Matholi'ul Anwar Simo Lamongan? Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Experimen (Experiment Research). Peneliti memperhatikan dan membandingkan kemampuan siswa dalam berbicara dengan menggunakan bahasa Arab, sebelum
dan sesudah diterapkannya pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan materi dari buku Muhawarah al Haditsah. Jenis penelitian ini adalah penelitian experiment satu kelompok (One Group Method) dengan populasi siswa program
MAK pada MA. Matholi'ul Anwar Simo Lamongan dan sampelnya adalah siswa kelas II.
Hasil penelitian terangkum sebagai berikut: 1. Buku Muhawarah al Haditsah efektif untuk meningkatkan pengucapan dalam berbicara bahasa Arab pada siswa kelas II MA. Matholi'ul Anwar Simo Lamongan. 2. Buku Muhawarah al Haditsah efektif untuk meningkatkan kosakata dalam berbicara bahasa Arab pada siswa kelas II MA. Matholi'ul Anwar Simo Lamongan. 3. Buku Muhawarah al Haditsah efektif untuk meningkatkan tatabahasa dalam berbicara bahasa Arab
pada siswa kelas II MA. Matholi'ul Anwar Simo Lamongan. 4. Buku Muhawarah al Haditsah efektif untuk meningkatkan kelancaran berbicara bahasa Arab siswa kelas II MA. Matholi'ul Anwar Simo Lamongan.
ABSTRACT
Teaching materials is one aspect that is very important and has its own role and contribution in teaching and learning. No special deals only with knowledge but also with the acquisition of thought and rhetoric used in it, all this
affects the learners. In addition, all teaching materials also plays reveal one side of student life, and give enlightenment to the students. If the school has developed curriculum materials that fit, then this will assist students in giving a balanced view of all the problems in the world.
Arabic Language Teaching in MA Matholi'ul Anwar - according to the observations of researchers - is still not operating effectively because it still finded important issues, among others, that the material chosen not have a significant
influence on the development of speaking skills (Maharat al kalam). This is probably because the material is still very thick with shades of mostly Arab and themes were not related to student life and atmosphere of their daily environment,
but more to do with the environment and the moments in Arabic.
Therefore, the researcher makes this phenomenon as a research theme and choose MA. Matholi'ul Anwar as field research for several reasons such as these schools are in the shade and boarding school environment, and duration of
learning Arabic is more than two hours of lessons on week.
The researchers also made the book Muhawarah al Haditsah writed by Sayyid Hasan Ahmad Baharun works as answers and solutions to the problems above are based on the assumption that the use of this book is suitable and effective for improving students' skills in speaking Arabic, because book has themes related to life students and everyday situations in their neighborhood.
Class II was chosen as a sample of the study because their students have passed the level of education in which there is learning Arabic for a year, and because assumption that they have the ability to speak Arabic properly based on
reports from the Arabic language in the previous class.
Problem formulation: 1. How far the effectiveness book Muhawarah al Haditsah to improve pronunciation in spoken Arabic on students' grade II MA.
Anwar Matholi'ul Simo Lamongan? 2. How far the effectiveness book Muhawarah al Haditsah to improve vocabulary in spoken Arabic on students' grade II MA. Anwar Matholi'ul Simo Lamongan? 3. The extent to which theeffectiveness book Muhawarah al Haditsah to improve the grammar in spoken
Arabic on students' grade II MA. Anwar Matholi'ul Simo Lamongan? 4. The extent to which the effectiveness book Muhawarah al Haditsah to improve fluency in Arabic speaking students in grade II MA. Anwar Matholi'ul Simo Lamongan?
The method used is the method of Experiment (Experiment Research).
Researchers observe and compare the students' skills in speaking by using the Arabic language, before and after the implementation of learning the Arabic language by using material from the book Muhawarah al Haditsah. This research
is a research experiment one group (One Group Method) with a student population of MAK in the MA program. Anwar Matholi'ul Simo Lamongan and the sample was grade II.
The results are summarized as follows: 1. Books Muhawarah al Haditsah effective for improving pronunciation in spoken Arabic on students' grade II MA.
Anwar Matholi'ul Simo Lamongan. 2. Books Muhawarah al Haditsah effective to increase vocabulary in spoken Arabic on students' grade II MA. Anwar Matholi'ul Simo Lamongan. 3. Books Muhawarah al Haditsah effective to improve the
grammar in spoken Arabic on students' grade II MA. Anwar Matholi'ul Simo Lamongan. 4. Books Muhawarah al Haditsah effective to improve the smoothness of the Arabic speaking students in grade II MA. Anwar Matholi'ul Simo Lamongan.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al-Kamil, Mohammed Ali and Masyhudi, Muhammad Mujab | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | مادة تنمية تعليمية; مهارة الكلام; Learning Materials; Proficiency speak; Materi Pembelajaran; Kecakapan berbicara | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 05 Jun 2017 16:04 | |||||||||
Last Modified: | 02 Jan 2018 11:07 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6980 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |