Surur, Misbakhus (2011) فعالية استخدام الألعاب اللعوية في تعليم مهارة الكلام: بحث تجريبي في مدرسة الثنوية الإسلامية لونتار سورابايا جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09720039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Mempelajari suatu bahasa apapun harus memperhatikan kemahiran berbicara, karena pada hakikatnya bahasa itu adalah berbicara. Berbicara merupakan kemahiran kedua di antara empat kemahiran berbahasa setelah mendengar, dan merupakan terjemah lisan dari apa yang dipelajari oleh manusia melalui mendengar, membaca dan menulis. Seorang guru bahasa penting untuk mengajar kemahiran berbicara dan menciptakan media yang bervariasi dan menarik. Namun banyak guru yang tidak sadar akan pentingnya media pengajaran yang digunakan selama proses belajar mengajar. Beberapa guru masih menggunakan metode tradisional yang mungkin tidak tepat dengan kondisi siswa dan materi ajar.
Oleh karena itu, masalah yang muncul dalam penelitian ini adalah kurangnya sarana (media) yang baik dan menarik yang digunakan oleh guru bahasa Arab, akibatnya siswa merasa bosan dan jemu dalam belajar bahasa Arab, khususnya kemahiran berbicara. Permainan Bahasa adalah salah satu solusi alternatif yang dianggap sebagai media pengajaran baru dalam pembelajaran bahasa Arab yang dapat mendorong siswa untuk belajar serta mengusir bosan dan jemu ketika belajar bahasa Arab. Sehubungan dengan itu, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana hasil penggunaan media Permainan Bahasa dalam meningkatkan kemahiran berbicara Bahasa Arab pada siswa kelas II MA “Ar-Rosyid” Lontar Surabaya? (2) Sejauh mana keefektifan penggunaan Permainan Bahasa dalam meningkatkan kemahiran berbicara Bahasa Arab pada siswa kelas II MA “Ar-Rosyid” Lontar Surabaya? Hipotesa penelitian ini adalah, kemampuan siswa dalam kemahiran berbicara Bahasa Arab meningkat setelah menggunakan media pembelajaran yang berbasis pada Permainan Bahasa, dan penggunaan Permainan Bahasa sebagai media pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemahiran berbicara Bahasa Arab pada siswa kelas II MA “Ar-Rasyid” Lontar Surabaya
efektif .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penggunaan Permainan Bahasa dan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaannya dalam mengembangkan kemahiran berbicara pada siswa kelas II MA “Ar-Rosyid” Lontar Surabaya. Penelitian ini menggunakan prosedur eksperimen dimana peneliti mendesain Pre-Test dan Post-Test terhadap dua kelompok (Eksperimen dan Kontrol).
Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas dua, dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 40 siswa. Dan hasil dari penelitian ini adalah: (1) kemampuan berbicara siswa pada kelompok eksperimen sangat baik, dengan hasil rata-rata 86; (2) kemampuan menyimak siswa pada kelompok kontrol cukup, dengan hasil rata-rata adalah 69.65; dan (3) tingkat efektifitas penggunaan Permainan Bahasa dalam pengajaran bahasa Arab untuk mengembangkan kemahiran berbicara adalah mencapai nilai thitung (8.42) yang lebih besar dari pada nilai t-tabel pada tingkat 0,05 (2,02) dan pada tingkat 0,01 (2,70). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Permainan Bahasa dalam pengajaran bahasa Arab untuk mengembangkan kemahiran berbicara adalah efektif.
ABSTRACT
Learning any language needs to pay attention on speaking skill. Thereason is that the language is basically a speech. Speaking is the second out of four language skills after Listening, and it is form of an oral translation from what a human learns by Listening, Reading and Writing. It is important for a language teacher to teach Speaking as well as to create various and interesting teaching media. However, many teachers did not realize the importance of teaching media used during the teaching and learning process. Indeed, some of them still used a traditional method which might not be appropriate with students condition and the materials. Therefore, the research problem was the lack of good and attractive media used by the Arabic language teacher; consequently, the students felt bored in learning the Arabic language, particularly Speaking. Language Game is one of an alternative solution as a new teaching medium which can encourage the students to learn and eliminate denomination when learning Arabic. Relating to the medium used in this research, the research questions were: (1) How did the results of applying the Language Game in increasing the Speaking skill of the second year students of Islamic Senior High School of “Ar-Rosyid” Lontar Surabaya? and (2) How effective was the use of Language Game in increasing the Speaking skill of the second year students of Islamic Senior High School of “ArRosyid” Lontar Surabaya?
The first hypothesis of this research was that the students’ Speaking skill increased after learning through the use of a Language Game-based teaching medium. Another was that the use of Language Game to increase the Speaking skill of the second year students’ of Islamic Senior High School of “Ar-Rosyid” Lontar Surabaya was effective.
This research aimed at knowing the results of the use of Language Game and finding out the effectiveness of the Language Game in increasing the Speaking skill of the second year students of Islamic Senior High School of “ArRosyid” Lontar Surabaya.
This research used an experimental research design which involved both experimental and control groups.
The number of the research sample was 40 students. Both groups were given pre-test and post-test. The results of this research was obtained as follows: (1) the students’Speaking achievement in the experimental group was very good - the average result was 86; (2) the students’ Speaking achievement in the control group was sufficient - the average result was 69.65; and (3) the level of the effectiveness of Language Game in teaching Arabic language to increase the Speaking skill reached the degree of the t-test value (8.42). It was greater than the t-table value at the level of 0.05 (2.02) and at the level 0.01 (2.70). This indicates that the use of a Language Game in teaching Arabic language to increase the Speaking skill was effective.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al-Kamil, Mohammed Ali and Masyhudi, Muhammad Mujab | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | الألعاب اللعوية; تعليم مهارة الكلام; Permainan Bahasa; Pembelajaran Ketrampilan berbicara; Language game; skilled study of conversation. | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 05 Jun 2017 16:04 | |||||||||
Last Modified: | 02 Jan 2018 11:21 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6978 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |