Mastur, Mastur (2011) استخدام الطريقة المباشرة لترقية مهارة الكلام: بحث تجريبي لدى طلبة الصف الأول من مدرسة "معارف" الثنوية الإسلامية النهضية بكنحونج جمير جاوة الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09720038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Berbicara merupakan salah satu komponen utama dalam belajar bahasa. Berbicara merupakan unsur terpenting dalam empat keterampilan berbahasa Arab, keterampilan berbicara merupakan barometer keberhasilan pengajaran bahasa Arab, sehingga keberhasilan sebuah pengajaran bahasa dilihat dari kemampuan siswanya dalam berbicara, apabila siswanya berbicara dengan lancar sesuai dengan keinginannya maka berhasillah sebuah pengajaran itu. Di antara tujuan utama dalam pembelajaran bahasa arab bagi selain penutur aslinya adalah meningkatkan kemampuan peserta didik agar mampu mengucapkan bahasa dengan baik serta mampu berkomunikasi dengan penutur bahasa arab asli secara baik dan spontanitas.
Setelah melalui pengamatan yang mendalam, peneliti berpandangan bahwa para siswa di MA Ma’arif NU Kencong Jember Jawa Timur kurang mampu berdialog dengan menggunakan bahasa arab dikarenakan tidak diterakatpkannya metode yang tepat dalam Peningkatan ketrampilan berbicara .
Selanjutnya berdasarkan pada fakta permasalahan diatas, maka peneliti berusaha untuk menangani permasalahan tersebut melalui rumusan-rumusan sebagai berikut: 1) Bagaimana proses pelaksanaan penggunaan metode langsung dalam meningkatkan keterampilan berbicara untuk para siswa kelas I (X) di MA Ma’arif NU Kencong Jember Jawa Timur . 2) Sejauh mana efektifitas Penerapan penggunaan metode langsung dalam meningkatkan keterampilan penguasaan arti kata-kata baru (mufrodat) untuk para siswa kelas I (X) di MA Ma’arif NU Kencong Jember Jawa Timur. 3) Sejauh mana efektifitas Penerapan penggunaan metode langsung dalam meningkatkan keterampilan spontanitas berbahasa untuk para siswa kelas I (X) di MA Ma’arif NU Kencong Jember Jawa Timur.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MA Ma’arif NU Kencong Jember Jawa Timur. Penelitian ini berlangsung selama lima kali pertemuan. Setiap pertemuan selama 45 menit. Dalam proses pembelajaran, peneliti membagi kepada beberapa tahapan, yaitu pembukaan, pengajaran materi atau bahan ajar, pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket dan test.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Bahwa penggunaan metode langsung dalam meningkatkan keterampilan berbicara untuk para siswa kelas I (X) di MA Ma’arif NU Kencong Jember Jawa Timur tahun pelajaran 2010-2011 dilaksanakan melalui tahapan-tahapan sebagai berikut: mendeteksi masalah dan penanganannya, menyiapkan rencana pengajaran dan melaksanakan metode tersebut. (2) Bahwa penggunaan metode langsung dalam meningkatkan keterampilan penguasaan mufrodat untuk para siswa kelas I (X) di MA Ma’arif NU Kencong Jember Jawa Timur terbukti efektif. (3) Bahwa penggunaan metode langsung dalam meningkatkan keterampilan kelancaran berbahasa untuk para siswa kelas I (X) di MA Ma’arif NU Kencong Jember Jawa Timur terbukti efektif .
Oleh karena itu dipandang perlu bagi guru bahasa Arab menaruh perhatian yang cukup terhadap penggunaan metode langsung dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara, agar keterampilan berbicara para siswa bisa meningkat, karena metode tersebut mempunyai keistimewaan bahasa yang bagus.
ABSTRACT
Speaking is one of the prominent components in language study. Speaking is the most important part among four language skills study in Arabic. It is a successful barometer in Arabic language study. The language study is success when narrator or student speaks fluently. The basic propose of Arabic learning process for foreign student is to increase student’s skill as they can say language as the role and can use it when communicate with native speaker.
Based on analysis and interview that has done by researcher with Arabic teacher, some of eleven grade students at Language class in Arabic lesson of Islamic Senior high School of Ma’arif NU in Kencong Jember East Java are difficult making good sentences and they are not speaking fluently.
Based on real problem above, there are three question to bridge over that problem: (1) How is the process of The application of Direct Methode in growth Arabic speaking skills student of first grade at Islamic Senior high School of Ma’arif NU in Kencong Jember East Java. (2) How do the effectiveness of The application of Direct Methode in growth of vocabulary skills student of first grade at Islamic Senior high School of Ma’arif NU in Kencong Jember East Java. (3) How do the effectiveness of The application of Direct Methode in growth of fluently skills student of first grade at Islamic Senior high School of Ma’arif NU in Kencong Jember East Java.
The approach used in this research is experiment research with kuantitatif approach. This research takes place at Islamic Senior high School of Ma’arif NU in Kencong Jember East Java .The researcher need five times and each meeting using forty five minute. In learning process, the researcher divided five steps. They are opening, teaching process, action doing, application and evaluation. Moreover, the researcher used observation, interview, data and test as instrument in this research.
The result of this research has shown that: (1) The process of The application of Direct Methode in growth Arabic speaking skills student of first grade at Islamic Senior high School of Ma’arif NU in Kencong Jember East Java by detecting of the problem and how to bridge over that problem, concocting the planning of theaching and do the method. (2) The application of Direct Methode as methode is very effective to growth in growth of vocabulary skills student of first grade at Islamic Senior high School of Ma’arif NU in Kencong Jember East Java. (3) The application of Direct Methode as methode is very effective to growth in growth of fluently skills student of first grade at Islamic Senior high School of Ma’arif NU in Kencong Jember East Java
Based on effectiveness using this methode, the researcher recommends that Arabic teacher to use this methode in Arabic learning process. Moreover to head of school must think more to prepare media and facility as learning process using this methode effectively.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Huda, Miftahul and Ibrahim, Faisol Mahmoud Adam | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | الطريقة المباشرة; ترقية مهارة الكلام; Penggunaan Metode langsung; Peningkatan Keterampilan Berbicara; The application of Direct Methode; developing speaking skill | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 05 Jun 2017 16:05 | |||||||||
Last Modified: | 29 Dec 2017 10:54 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6976 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |