فعالية استخدام بور بوينت في تدريس كتاب العربية للناشئين لترقية مهارة الكلام: بحث تجريبي في مدرسة مطالع الأنوار لامونجان جاوا الشرقية

Agus Anas, Muhamad (2011) فعالية استخدام بور بوينت في تدريس كتاب العربية للناشئين لترقية مهارة الكلام: بحث تجريبي في مدرسة مطالع الأنوار لامونجان جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Keterampilan berbicara menjadi urutan kedua (setelah mendengar) dalam keterampilan bahasa, berbicara adalah refleksi lisan dari apa yang diketahui manusia melalui mendengar, memabca, dan menulis. Berbicara Juga merupakan tanda-tanda yang membedakan bagi manusia dengan yang lainnya, tidak semua suara bias disebut berbicara karena berbicara harus menimbulkan kepahaman bagi pendengar.

Melihat kepada pentingnya pengajaran bahasa Arab terutama keterampilan berbicara, maka harus pula mementingkan proses pengajarannya. Dari sini peneliti menemukan bebarapa kejanggalan pengajaran bahasa Arab di Madrasah Mathali'ul Anwar Lamongan, yaitu siswa belajar bahasa Arab tanpa didasari rasa senang malah mereka merasa jenuh dan bosan, sedangkan keompetensi mereka dalam keterampilan berbicara rendah. Maka dari itu peneliti ingin memperaktekkan media Power Point dalam pengajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan berbicara.

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Power Point untuk meningkatkan keterampilan berbicara terhadap siswa Madrasah tersebut.
Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan metode eksperimen dengan dua group, pendekatan kuantitatif. Dan diperaktekkan terhadap 14 siswa-siswi kelas 2 MAK tahun ajaran 2010-2011 m.

Hasil penelitian data statistic dari pre test dan post test dengan menggunakan rumus t-test mengasilkan angka 3,31 dan hipotesis yang diajukan diterima. Ini menunjukkan bahwa penggunaan power point dalam pengajaran maharah kalam terhadap siswa adalah efektif.

Oleh karena itu, maka bagi para peneliti untuk mengembangkan media ini dalam pembelajaran bahasa Arab atau yang lain, atau menjadikan perbandingan dengan media pembelajaran yang lain.

ABSTRACT

Speaking skill becomes the second level after reading and listening. Speaking is also the sign that differentiate human beings with others. Not all sounds can be called sentence, because sentence must be comprehended by listeners.

Considering the importance of teaching Arabic especially speaking, so the process of teaching becomes so important. From this point of view the researcher found the disharmony and some problems of teaching Arabic at Islamic Senior High School of Matholiul Anwar

In fact the students learn Arabic without feeling happy and they tend to get bored; meanwhile their competence in speaking is relatively low.Based on the statement above, the writer wants to imply the power point media to improve the ability to speak Arabic well.

This research is intended to know the effectivity of using power point as the media to improve the ability of students' speaking.

In this research, the researcher uses the experimental methode by splitting the students into two groups. 14 students were taught using power point media; meanwhile the others are not.

The result of statistic data from pre test and post test using t-test formula show the 3.31 . so this hipothesis is accepted. This shows that the using of power point in
teaching speaking to the students is effective.

Based on the effectiveness of this study, It is quite important for the researchers to develop this media to teacg Arabic as well other languages and it can be used to compare other media.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ali Kamel, Muhammed and Allah Babiker, Gareeb
Keywords: ترقية مهارة الكلام; الوسائل التعليمية; بور بوينت; Peningkatan keterampilan berbicara; media pengajaran; Power Point; Develop Speaking Skill; Teaching Media; Power Point.
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 05 Jun 2017 09:05
Last Modified: 05 Jun 2017 09:05
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6972

Actions (login required)

View Item View Item